Berita Terkini


PERINGATI HUT SATPOL PP KENDAL KE 66 DAN LINMAS KE 54, 2424 DAN 132 LITER MINUMAN KERAS DIGILAS

Selasa, 29 Maret 2016 12:16:57

KENDAL - Dengan menggunakan stoom walls atau compactor, ribuan botol minuman keras beragam merek dan ratusan liter minuman keras oplosan digilas, Selasa ( 29 / 3 ) di Alun-alun Kendal. Jumlah minuman yang dilarang dikonsumsi secara terbuka dan dibatasi tersebut berjumlah 2.424 botol dan miras oplosan yang diamankan sebanyak 132 liter. Miras ini dimusnahkan seusai upacara peringatan HUT ke-66 Satpol PP dan HUT ke-54 Linmas.

Kepala Satpol PP Kendal Toni Ari Wibowo mengatakan, ribuan botol miras berbagai merek dan ratusan liter miras oplosan ini sudah mempunyai ketetapan hukum. Sedangkan yang masih dalam proses persidangan, jumlahnya masih ribuan dan akan dimusnahkan kemudian hari.
 
Miras ini diamankan Satpol PP Kendal  dalam Operasi Pekat selama kurun waktu tiga bulan terakhir di sejumlah wilayah di Kendal. Berdasarkan Perda Nomor 4 Tahun 2009 tentang Minuman Keras, Kendal bebas minuman keras dan Perda Nomor 11 tahun 2013 tentang Ketertiban Umum dan Kentraman Masyarakat (Tribumtramas). Miras yang dimusnahkan mengandung alkohol dengan kadar tinggi antara 15 persen hingga 70 persen tersebut diperoleh di berbagai lokasi toko yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Kendal.

Kepala Satpol PP Kendal Toni Ari Wibowo mengatakan, ribuan botol miras berbagai merek dan ratusan liter miras oplosan ini sudah mempunyai ketetapan hukum. Sedangkan yang masih dalam proses persidangan, jumlahnya masih ribuan dan akan dimusnahkan kemudian hari.

Pemusnahan miras ini disaksikan Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur, Kapolres Kendal AKBP Widi Atmoko, Dandim 0715 Kendal Letkol Piter, dan sejumlah pelajar.

Sementara itu Toni menjelaskan, terjadinya tindak kriminal, biasanya disebabkan karena pengaruh minuman keras. Sehingga, jauh hari pihaknya terus melakukan operasi dan pemusnahan ini agar situasi dan kondisi Kabupaten Kendal aman dan kondusif demi penegakkan perda.

Dijelaskan, dari hasil operasi miras yang dilakukan di beberapa titik lokasi terutama di wilayah Kecamatan Kendal Kota, bersama anggota dirinya berhasil menyita miras bergai merek seperti AO, Mension, Vodka, Bir, dan miras oplosan. Ratusan botol miras yang berhasil disita petugas, diamankan untuk menjadi barang bukti.

Dia mengungkapkan, giat operasi miras sudah menjadi agenda rutin dalam upaya penegakan perda di Kabupaten Kendal. Selain dilakukan di wilayah Kendal Kota giat operasi juga akan dilakukan menyebar di seluruh wilayah di Kendal.

“Pedagang mengaku, pemasoknya dari Kendal dan Solo. Sebenarnya Miras botolan yang dijual itu legal, tetapi penjualannya tidak mengantongi ijin resmi dan itu menyalahi aturan, langsung kami amankan, " terangnya. ( 03 / hedJ )

 

 


Indeks Berita