Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Kamis, 18 Mei 2017 16:30:57

UPK PNPM KENDAL 2016 SALURKAN 1,2 MILYAR DANA SOSIAL DAN DANA ALOKASI DESA


KENDAL -  Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM MANDIRI 2016 Kabupaten Kendal menyalurkan Dana Sosial (DS) dan Dana Alokasi Desa (DAD) tahun anggaran 2016, Rabu (17/5/2017), ditandai dengan pemukulan gong, launching di Desa Sukolilan Kecamatan Patebon.

Menurut Ketua UPK Kabupaten Kendal Komarudin ( Ketua Forkom Singorojo ), jumlah keseluruhan dana sosial yang disalurkan sebesar Rp 861.029.000 untuk 3.904 penerima. Penyaluran dana sosial dibagi dalam dua kategori. Yakni sebesar Rp 861.029.000 untuk disalurkan dalam bentuk uang kepada 3.904 penerima.  Sedangkan untuk Alokasi Dana Desa total sebesar Rp 397.941.000 diwujudkan untuk pembinaan kelompok dan pembangunan infrastruktur  fasilitas umum.

Dijelaskan lebih lanjut, dana sosial disalurkan dalam bentuk paket sembako, alat sekolah, pembuatan jamban, instalasi listrik, dan bedah rumah. Sementara dana DAD diwujudkan dalam bentuk perbaikan jalan, rehab madrasah, rehab gapura, sarana prasana dan pembinaan kelompok.

UPK yang ada sekarang merupakan kelanjutan program PNPM Mandiri Perdesaan di 16 kecamatan yang mengelola Simpan Pinjam Perempuan dan Usaha Ekonomi Produktif di masyarakat, dan masing-masing UPK wajib mengeluarkan 15 persen dari keuntungan untuk DS dan ADD. 

Ditambahkan oleh Ketua Forum Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kab Kendal Muhamad Iswanto, simpan pinjam yang dikelola UPK di Kabupaten Kendal  sudah menikmati keuntungan yang cukup besar dengan Non Performing Loan (NPL) sebesar 3, 4 persen. UPK ini meneruskan program PNPM Mandiri Perdesaan dengan pinjaman bagi keluarga rentan miskin yang harus digunakan untuk usaha dan bermodalkan kepercayaan pada masyarakat.

Kepala Dipermaspemdes Kabupaten Kendal Ir. Subaedi berharap program UPK bisa mengentaskan kemiskinan melalui usaha yang dijalankan tiap kelompok. Selain itu,  Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si menghendaki adanya pelestarian dan pengembangan aset UPK terus ditingkatkan tiap tahunnya.  Menurutnya, peluncuran dana sosial dan dana alokasi desa merupakan bentuk transparansi dana yang dikelola UPK. Untuk mengelola usaha, Bupati meminta seluruh UPK melampirkan dana simpan pinjam dan aset tiap bulan agar bisa dimonitor. 

Dalam kegiatan launching Dana Sosial dan Dana Alokasi Desa di lapangan PAUD Desa Sukolilan tersebut dimeriahkan dengan bazaar yang diisi dengan berbagai produk pilihan dari UMKM binaan PNPM Mandiri Perdsesaan dari 16 kecamatan di Kabupaten Kendal.

Menurut, Komaridin, yang menggagas kegiatan ini, bazaar sembako, ikan asin, makanan ringan serta pakaian pantas pakai ini diselenggarakan bersamaan dengan launching dana sosial dan dana alokasi desa se Kabupaten Kendal.

Dalam bazar berbagai pakaian pantas pakai dan baru dijual dengan harga murah. Yakni Rp 5.000 per potong. Selain itu bazar juga menjual paket sembako seharga Rp 67 ribu. Berisikan beras, minyak goreng dan gula pasir yang harganya dibawah harga pasaran. Produk lain dijual pula dengan harga murah antara lain ikan asin seharga Rp. 2500 hingga Rp. 3000 serta snack denga harga sangat terjangkau.

Warga setempat berdesakan memilih pakaian murah tersebut untuk dipakai saat Lebaran. Pakaian murah ini membantu warga yang tidak bisa membeli pakaian di toko-toko maupun mall yang harganya relatif mahal. ( heDJ / Diskominfo )

 

 

BERITA LAINNYA

 
Rabu, 24 Mei 2017 09:40:33
ENAM RAPERDA DISOSIALISASIKAN

KENDAL - Enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Selasa (23/5) bertempat di Operation Room Setda Kendal di sosialisasikan, dan sekaligus dilakukan pembahasan, sebelum keenam raperda tersebut disampaikan ke DPRD untuk...

Selengkapnya
 
Selasa, 23 Mei 2017 15:27:30
SEKDA: WUJUDKAN LAYANAN KESEHATAN MURAH DAN TERJANGKAU

KENDAL - Sekda Kendal, Ir. Bambang Dwiyono MT, Selasa (23/5) membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kabupaten Kendal Tahun 2017, di Gedung Wanita kompleks kantor bupati. Raker bertema "Dengan Pendekatan Keluarga...

Selengkapnya
 
Selasa, 23 Mei 2017 14:47:26
MASYARAKAT TIDAK BUTA INFORMASI MELALUI KIM

KENDAL - Duapuluh lima perwakilan dari kelompok informasi masyarakat (KIM) yang berasal dari 8 kecamatan, Selasa (23/5) mengikuti kegiatan sosialisasi pemberdayaan KIM di sebuah resto di Patebon. Kegiatan yang dikemas dalam...

Selengkapnya
 
Senin, 22 Mei 2017 13:37:00
PAJAK DAERAH BPHTB UNTUK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAN FASILITAS UMUM

KENDAL - Pembayaran pajak merupakan perwujudan dan pengabdian dari kewajiban masyarakat, secara langsung dan bersama-sama ikut serta dalam pembiayaan Negara dan daerah dalam pembangunan. Bupati Kendal dr. Mirna Annisa...

Selengkapnya
INDEKS BERITA