Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Kamis, 18 Mei 2017 16:30:57

UPK PNPM KENDAL 2016 SALURKAN 1,2 MILYAR DANA SOSIAL DAN DANA ALOKASI DESA


KENDAL -  Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM MANDIRI 2016 Kabupaten Kendal menyalurkan Dana Sosial (DS) dan Dana Alokasi Desa (DAD) tahun anggaran 2016, Rabu (17/5/2017), ditandai dengan pemukulan gong, launching di Desa Sukolilan Kecamatan Patebon.

Menurut Ketua UPK Kabupaten Kendal Komarudin ( Ketua Forkom Singorojo ), jumlah keseluruhan dana sosial yang disalurkan sebesar Rp 861.029.000 untuk 3.904 penerima. Penyaluran dana sosial dibagi dalam dua kategori. Yakni sebesar Rp 861.029.000 untuk disalurkan dalam bentuk uang kepada 3.904 penerima.  Sedangkan untuk Alokasi Dana Desa total sebesar Rp 397.941.000 diwujudkan untuk pembinaan kelompok dan pembangunan infrastruktur  fasilitas umum.

Dijelaskan lebih lanjut, dana sosial disalurkan dalam bentuk paket sembako, alat sekolah, pembuatan jamban, instalasi listrik, dan bedah rumah. Sementara dana DAD diwujudkan dalam bentuk perbaikan jalan, rehab madrasah, rehab gapura, sarana prasana dan pembinaan kelompok.

UPK yang ada sekarang merupakan kelanjutan program PNPM Mandiri Perdesaan di 16 kecamatan yang mengelola Simpan Pinjam Perempuan dan Usaha Ekonomi Produktif di masyarakat, dan masing-masing UPK wajib mengeluarkan 15 persen dari keuntungan untuk DS dan ADD. 

Ditambahkan oleh Ketua Forum Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kab Kendal Muhamad Iswanto, simpan pinjam yang dikelola UPK di Kabupaten Kendal  sudah menikmati keuntungan yang cukup besar dengan Non Performing Loan (NPL) sebesar 3, 4 persen. UPK ini meneruskan program PNPM Mandiri Perdesaan dengan pinjaman bagi keluarga rentan miskin yang harus digunakan untuk usaha dan bermodalkan kepercayaan pada masyarakat.

Kepala Dipermaspemdes Kabupaten Kendal Ir. Subaedi berharap program UPK bisa mengentaskan kemiskinan melalui usaha yang dijalankan tiap kelompok. Selain itu,  Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si menghendaki adanya pelestarian dan pengembangan aset UPK terus ditingkatkan tiap tahunnya.  Menurutnya, peluncuran dana sosial dan dana alokasi desa merupakan bentuk transparansi dana yang dikelola UPK. Untuk mengelola usaha, Bupati meminta seluruh UPK melampirkan dana simpan pinjam dan aset tiap bulan agar bisa dimonitor. 

Dalam kegiatan launching Dana Sosial dan Dana Alokasi Desa di lapangan PAUD Desa Sukolilan tersebut dimeriahkan dengan bazaar yang diisi dengan berbagai produk pilihan dari UMKM binaan PNPM Mandiri Perdsesaan dari 16 kecamatan di Kabupaten Kendal.

Menurut, Komaridin, yang menggagas kegiatan ini, bazaar sembako, ikan asin, makanan ringan serta pakaian pantas pakai ini diselenggarakan bersamaan dengan launching dana sosial dan dana alokasi desa se Kabupaten Kendal.

Dalam bazar berbagai pakaian pantas pakai dan baru dijual dengan harga murah. Yakni Rp 5.000 per potong. Selain itu bazar juga menjual paket sembako seharga Rp 67 ribu. Berisikan beras, minyak goreng dan gula pasir yang harganya dibawah harga pasaran. Produk lain dijual pula dengan harga murah antara lain ikan asin seharga Rp. 2500 hingga Rp. 3000 serta snack denga harga sangat terjangkau.

Warga setempat berdesakan memilih pakaian murah tersebut untuk dipakai saat Lebaran. Pakaian murah ini membantu warga yang tidak bisa membeli pakaian di toko-toko maupun mall yang harganya relatif mahal. ( heDJ / Diskominfo )

 

 

BERITA LAINNYA

 
Senin, 19 Februari 2018 17:23:33
PERBUB KENDAL NO 51 TAHUN 2017 SOAL SOAL PERANGKAT DESA DIBEDAH

KENDAL - Persoalan pengangkatan perangkat desa di Kabupaten Kendal kembali dibahas kali ini dengan menghadirkan Drs. Ahmad Muqowam, Ketua Komite 1 Dewan Perwakilan Daerah sebagai narasumber. Kegiatan "Bedah Perbup No 51 Tahun...

Selengkapnya
 
Senin, 19 Februari 2018 16:40:42
PERUSAHAAN DAERAH YANG MAMPU BERTAHAN, MENOPANG EKONOMI DAERAH

KENDAL - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dituntut tidak hanya mengedepankan keuntungan saja, namun mampu menunjukan kepada dunia menjadi perusahaan yang sustainable. Wakil Bupati Kendal Drs. Maskur Masykur mengatakan hal...

Selengkapnya
 
Senin, 19 Februari 2018 15:45:40
BUPATI KENDAL TETAPKAN SEKDA TOHA JADI KETUA DEWAN PENGAWAS PDAM KENDAL

KENDAL - Kinerja Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD ) perlu diarahkan dan diawasi supaya terus berkembang dan mengahsilkan keuntungan yang signifikan terutama untuk mendongkrak PAD. Oleh karena itu, Bupati Kendal dr. Mirna...

Selengkapnya
 
Minggu, 18 Februari 2018 12:01:43
SEKDA CEKING LOKASI RUMAH ROBOH MAGELUNG DAN PROTOMULYO

KENDAL - Sabtu pagi (17/02) Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh Toha ST MSi selaku ex ofisio Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal melakukan ceking lokasi ke beberapa rumah roboh karena bencana...

Selengkapnya
INDEKS BERITA