Berita Terkini


30 PUSKESMAS KENDAL IKUTI WORKSHOP AUDIT INTERNAL DAN TINJAUAN MANEJEMEN

Senin, 25 Maret 2019 13:16:18

KENDAL - Seluruh Puskesmas di Kabupaten Kendal sebanyak 30 unit, Senin (25/3/2019) di Ruang Merak Agrowisata Arum Baru Kendal mengikuti Workshop Internal Audit Dan Tinjauan Menejemen untuk untuk menyiapkan semua puskesmas di Kabupaten Kendal agar mampu menyusun semua persyaratan yang diminta dalam akreditasi puskesmas.

Kegiatan yang berlangsung selam 3 hari tersebut menurut Kabid Pelayanan dan Sumber Daya kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal Budi Suprawito, SKM bertujuan untuk mendorong Puskesmas menjadi BLUD murni. " Tiap 3 tahun sekali kita adakan akreditasi Puskesmas di Kabupaten Kendal namun hingga kini belum BLUD sepenuhnya sehingga worshop diadakan untuk menyiapkan lebih baik lagi apakah nantinya mereka benar - benar siap mengelola sendiri Puskesmas sehingga bisa mandiri dalam operasionalnya tanpa bantuan anggaran dari Pemkab," ungkapnya.

Sementara metode yang digunakan dalam kegiatan worshop tersebut berupa workshop adalah ceramah, diskusi, tanya jawab dan latihan. Selama berproses diselingi dengan ice breaking untuk meningkatkan semangat dan konsentrasi peserta. Hari pertama, setelah pembukaan oleh Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Kendal dilanjutkan dengan pemaparan materi  soal audit dan standar akreditasi Puskesmas oleh dr. Yael Esthi Nurfitri KUncoro, SpKK dari Komisi Akreditasi FKTP ( Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ).

Materi dalam paparan yang disampaikan antara lain berupa Audit Internal dalam Standar Akreditasi yang harus dipenuhi ole Puskesmas. Poin - poin yang harus dipersiapkan yakni fokus pada penilaian kinerja, tujuan peningkatan kinerja, audit dilakukan secara periodik, hasil audit dilaporkan pada kepala Puskesmas, diumpan balikkan pada auditee ( yang diaudit ), audit internal wajib ditindaklanjuti dan audit internal jika ditemukan masalah yang tidak dapat diselesaikan Puskesmas akan dilakukan rujukan ke Dinas Kesehatan Kabupaten.

Koordinator Akreditasi Puskesmas Kabupaten kendal Ayu Wulandari, SKM, M.Kes mengungkapkan, penilaian akreditasi Puskesmas meliputi 9 standar penilaian ( 9 bab ) dengan 786 elemen penilaian. SEdangkan Puskesmas yang iut workshop kali ini sebnayk 11 Puskesmas dan lainnya menusul secara bergiliran. 11 Puskesmas tersebut yakni Puskesmas Boja 1, Limvbangan, Kaliwungu, Kendal 1, Kendal 2, Cepiring, Gemuh 1, Patean, Singorojo1, Patebon 2 dan Pegandon. ( Kominfo / heDJ )


Indeks Berita