Berita Terkini


Idul Adha, Bupati Kendal dan Istri Siapkan 20 Sapi untuk Masyarakat Kendal

Selasa, 20 Juli 2021 19:17:05

Kendal - Bupati Kendal Dico M Ganinduto, B.Sc beserta istri Wynne Frederica mengecek kondisi hewan kurban di rumah dinas bupati yang berada di Kelurahan Jetis, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Selasa (20/7/2021).

Disampaikan oleh Bupati Dico, bahwa rencananya 2 ekor sapi miliknya akan disembelih besok Rabu 21 Juli 2021 di rumah dinas Jetis. Menurutnya, 2 ekor hewan kurban tersebut merupakan sapi pilihan, yang mana untuk satu ekornya mencapai berat lebih dari 1 ton.

"Dua sapi ini dikurbankan besok, katanya sapi terbesar di Kendal lebih dari 1 ton. Kita sudah keliling-keliling ke peternak di Kendal. Harapannya dapat menghasilkan daging yang banyak untuk dibagi-bagikan kepada warga sekitar," kata Bupati Dico.

Bupati Kendal juga menerangkan, bahwa pihaknya juga mendistribusikan puluhan sapi di setiap kecamatan di Kabupaten Kendal. Hewan kurban akan disembelih secara serentak pada hari Rabu besok bersama panitia penyembelihan hewan kurban di kecamatan.

"Alhamdulillah pada tahun ini lebih dari 20 sapi, dan satu ekor saya khususkan untuk keluarga dan selebihnya untuk masyarakat Kabupaten Kendal. Semoga Allah SWT selalu memberikan keberkahan dan meridhoi niat baik kami, dan pada masa pandemi ini dapat membantu masyarakat Kendal," tutur BupatiDico.

Bupati tak lupa juga berpesan kepada masyarakat Kabupaten Kendal, untuk pemotongan hewan kurban, sesuai dengan aturan pemerintah diharapkan dapat dilakukan di rumah pemotongan hewan, namun jika kondisinya tidak memungkinkan dapat dilakukan ditempat masing-masing dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, dan hanya panitia saja yang dapat beraktifitas dalam pemotongan hewan kurban, sehingga masyarakat harus mengikuti aturan ini, mengingat inilah yang terbaik untuk tidak meningkat klaster virus Covid-19 di Kabupaten Kendal.

Diharapkan pula panitia kurban tidak menggunakan kantong plastik untuk membagikan daging. Hal ini dalam rangka mengurangi penggunaan sampah plastik di Kabupaten Kendal. Panitia atau penerima daging dapat menggantinya dengan daun pisang atau anyaman bambu. Penerima juga dapat membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang.

“Saya berpesan dalam rangka Idul Adha kaum muslim diminta untuk berkurban. Dan yang penting dalam masa pandemi adalah bersama-sama gotong royong mengatasi covid 19,” imbuh Bupati Dico.

Dalam kesempatan yang sama, Wynne Frederica terlihat sedang membersihkan hewan kurbannya agar nampak bersih sebelum disembelih. Ia juga berpesan kepada panitia penyembelihan agar merawat sapinya dengan baik, termasuk memberikan makan dan minum. Selain itu, berpesan agar panitia tetap mematuhi protokol kesehatan, dan tata cara pemotongan hewan kurban dengan baik.

Diskominfo/HR


Indeks Berita