Berita Terkini


Bersama Disdakop UKM, Diskominfo Kendal Adakan Pelatihan Promosi Digital

Senin, 12 Februari 2024 07:51:09

Kendal - Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kendal bersama Dinas Komunikasi dan Informatika mengadakan pelatihan promosi produk melalui platform digital bagi pelaku UMKM, Minggu (11/2/2024) bertempat di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Kabupaten Kendal.

 

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal, Ardhi Prasetiyo, S.STP., M.M., perwakilan dari Disdakop UKM Kendal, Cholif, dan diikuti sekitar 50 orang pelaku UMKM di Kabupaten Kendal.

 

Dalam sambutannya, Kepala Diskominfo Kendal, Ardhi Prasetiyo menyampaikan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal bersama Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM akan terus mendukung apa yang menjadi program dari Pemerintah Kabupaten Kendal, yaitu salah satunya mendukung UMKM di Kabupaten Kendal untuk terus bisa naik kalas.

 

"Bentuk dukungan yang kami berikan adalah ikut serta dalam memberikan pelatihan mempromosikan produk UMKM melalui media sosial dan digitalisasi UMKM agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas, sehingga nantinya akan berdampak pada peningkatan SDM maupun peningkatan kualitas produk dari pelaku UMKM di Kabupaten Kendal," tutur Ardhi Prasetiyo.

 

Sementara itu, perwakilan dari Disdakop UKM Kendal, Cholif mengatakan bahwa Disdakop UKM terus bergerak dalam memajukan UMKM di Kabupaten Kendal, baik memfasilitasi dalam pelatihan hingga melakukan pendampingan produk ekpor.

 

"Fasilitasi kepada para pelaku UMKM ini akan terus dilakukan, tentunya bersama-sama dengan semua pihak dan semua perangkat daerah di Kendal, termasuk bersama Diskominfo Kendal yang pada kali ini memberikan pelatihan melalui platform digital," ujar Cholif.

 

Ia berharap, para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal kan lebih melek teknologi dalam melakukan promosi produk, mengingat di era sekarang ini hampir semua masyarakat sudah menggunakan platform digital termasuk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber kegiatan, Bayu Fajariyanto dalam kesempatan itu menyampaikan materi tentang strategi meningkatkan pemasaran melalui media sosial. Menurutnya, saat ini banyak sekali platform yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemasaran produk, baik melalui WhatsApp, Facebook, Instagram, TikTok, YouTube dan lain sebagainya, sehingga harus digunakan dengan sebaik-baiknya.

 

"Manfaat promosi melalui Medsos tentunya akan lebih muda menemukan calon pelanggan, dan berkomunikasi secara langsung untuk menawarkan produk, serta lingkupnya akan lebih luas untuk promosi produk," ujar Bayu.

 

Ia juga menjelaskan, ada trik khusus untuk memasarkan produk di media sosial agar banyak dilirik oleh para calon pembeli. Pertama bisa berbentuk foto maupun video yang dibuat semenarik mungkin dengan durasi 2 menit saja, dan menggunakan backsound yang lagi trending saat ini, serta rutin meng-upload setiap harinya.

 

"Selain tanda hastag yang digunakan, caption keterangan dalam uploadtan tersebut juga menjadi sangat penting, seperti nama produk, ukuran, alamat produk, harga maupun nomor telpon pemilik produk, agar masyarakat atau calon pembeli bisa langsung menghubungi," terang Bayu.

 

Dalam acara tersebut, Bayu juga memberikan contoh mempraktikkan bagai mana melakukan promosi melalui Medsos kepada para peserta, sehingga para pelaku UMKM akan mudah untuk memahaminya.

 

Sementara itu, salah satu peserta, Istitoah pelaku UMKM dari Desa Gempolsewu mengaku senang bisa mengikuti pelatihan ini, karena menambah ilmu baru untuk promosi melalui Medsos.

 

"Pelatihan ini sangat bermanfaat, terutama sedikit memahami tentang promosi melalui video, dan nantinya akan kita praktekkan untuk bisa menambah promosi produk makanan yang saya miliki, seperti cumi, rebon, dan ikan yang di olah menjadi rengginang, kerupuk dan abon ikan tongkol," kata Istitoah.

 

Diskominfo /HR


Indeks Berita