Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

SAR

PENDAHULUAN

Kondisi wilayah Kabupaten Kendal yang terdiri dari dataran tinggi di bagian selatan, dataran rendah, dan laut, tanah yang labil, lintas jalan raya dan kereta api, di samping kepadatan penduduk yang berdomisili di Kabupaten Kendal serta pesatnya kemajuan teknologi canggih dewasa ini, akan memacu munculnya berbagai macam bencana. Selain itu faktor pergantian musim, iklim dan cuaca yang tidak stabil, kesemuanya itu akan menambah resiko dan dampak kerawanan bencana di Kabupaten Kendal, seperti banjir, tanah longsor, angin topan, kekeringan, kecelakaan lalu lintas di darat, maupun di air, serta Kebakaran hutan maupun rumah/gedung milik perseorangan, swasta maupun pemerintah, pencemaran air, sungai, polusi udara, kerusuhan/konflik sosial atau politik, dan lain sebagainya.

Kejadian bencana dan kerusuhan/konflik sosial atau politik merupakan salah satu kendala dalam memelihara dan meningkatkan hasil-hasil pembangunan di Kabupaten Kendal karena akibat dari suatu bencana/kerusuhan dapat berupa korban manusia, kerugian harta benda, rusaknya sarana dan prasarana umum yang kesemuanya itu akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup masyarakat luas serta berdampak pada kegiatan dan perencanaan pembangunan selanjutnya.

Guna memperkecil akibat yang ditimbulkan oleh suatu kecelakaan dan bencana diperlukan adanya upaya bersama dari masing-masing Badan/Dinas/Kantor/Instansi terkait dan masyarakat untuk mempersiapkan, merencanakan, mengendalikan dan melakukan cegah dini. Dengan demikian diharapkan dapat menekan besarnya kerugian yang timbul baik korban jiwa manusia, harta benda maupun sarana dan prasarana umum.
Oleh sebab itu penanganannya diperlukan kesamaan pendapat, kesamaan pandangan dan cara tindak, terjalinnya koordinasi, kesiapan Instansi/Lembaga terkait tingkat Kabupaten Kendal dalam melakukan tindakan baik sebelum, saat dan sesudah terjadinya bencana.

Sebagai salah satu pelaksanaan urusan wajib yang harus dilaksanakan Daerah sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota, pada Pasal 7 ayat (2) huruf t : “Otonomi Daerah, Pemerintahan Umum, Administrasi Keuangan Daerah, Perangkat Daerah, Kepegawaian dan Persandian”.
 
 
VISI dan MISI
a. Visi
" Berhasilnya pelaksanaan operasi SAR pada setiap waktu dan tempat dengan cepat, handal, dan aman  di Kabupaten Kendal ".

b. Misi
" Menyelenggarakan kegiatan operasi SAR yang efektif dan efisien melalui upaya tindak awal yang maksimal serta pengerahan potensi SAR yang didukung oleh sumber daya manusia yang profesional, fasilitas SAR yang memadai, dan prosedur kerja yang mantap dalam rangka mewujudkan Visi  Tim SAR Bahurekso Kabupaten Kendal ".
 

TUGAS POKOK , FUNGSI DAN SASARAN PENGEMBANGAN TIM SAR BAHUREKSO
A. Tugas Pokok
Tim SAR Bahurekso Kabupaten Kendal mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian potensi Search and Rescue (SAR) dalam operasi/kegiatan SAR terhadap orang dan material yang hilang atau dikhawatirkan hilang, atau menghadapi bahaya dalam setiap kecelakaan, serta memberikan bantuan SAR dalam penanggulangan bencana dan musibah lainnya sesuai dengan peraturan SAR Nasional dan Internasional.


B. Fungsi
Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut di atas, Tim SAR Bahurekso Kabupaten Kendal menyelenggarakan fungsi :
  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang pembinaan potensi SAR dan operasi SAR;
  2. Pelaksanaan program pembinaan potensi SAR dan operasi SAR;
  3. Pelaksanaan tindak awal;
  4. Pemberian bantuan SAR dalam bencana dan musibah lainnya;
  5. Koordinasi dan pengendalian operasi  potensi SAR yang dimiliki oleh instansi dan organisasi lain;
  6. Pelaksanaan hubungan dan kerja sama di bidang SAR;
  7. Evaluasi pelaksanaan pembinaan potensi SAR dan operasi SAR.
C. Sasaran Pengembangan Tim SAR Bahurekso
Dalam rangka mewujudkan visi dan misi Tim SAR BAHUREKSO Kendal, perlu dilaksanakan strategi- strategi sebagai berikut :
  1. Menjadikan Tim SAR BAHUREKSO Kendal sebagai yang terdepan dalam melaksanakan operasi SAR dalam musibah kecelakaan, bencana alam dan musibah lainnya di Kabupaten Kendal;
  2. Melaksanakan mekanisme koordinasi dengan pihak terkait dalam operasi SAR;
  3. Melaksanakan pembinaan SDM SAR melalui pola pembinaan SDM yang terarah dan berlanjut agar dapat dibentuk tenaga-tenaga SAR yang profesional.
  4. Melaksanakan pemenuhan sarana/prasarana dan peralatan SAR secara bertahap agar dapat menjadikan operasi tindak awal SAR yang mandiri, cepat, tepat, dan handal sesuai ketentuan nasional dan internasional.
  5. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan SAR dan potensi SAR yang ada di Kabupaten Kendal.
  6. Penciptaan sistem sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang penyelenggaraan operasi SAR
  7. Mengembangkan kerjasama dengan organisasi dan instansi terkait, dalam rangka pembinaan potensi SAR.