Berita Terkini


8 RAPERDA DIAJUKAN DEWAN

Selasa, 01 September 2015 12:42:39

Rapat paripurna DPRD Kabupaten Kendal Kamis (27/8) berlangsung di ruang rapat DPRD setempat, dengan tiga agenda utama yaitu tentang penyampaian persetujuan bersama antara Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapperda) DPRD Kabupaten Kendal dengan bagian hukum Setda Kendal tentang Raperda Kabupaten Kendal dalam keadaan tertentu di luar program legislasi daerah tahun 2015, tentang penyampaian 8 raperda dan tentang penyampaian hasil pengkajian 8 raperda.

Setelah mendengarkan laporan hasil pengkajian Bapperda DPRD Kabupaten Kendal terhadap delapan Raperda, yang dibacakan oleh sekretaris Bapperda dra. Siti Hindun Syamsiati, akhirnya peserta sidang yang terdiri dari 35 anggota DPRD, dan para pejabat eksekutif pemkab menyatakan menerima terhadap hasil laporan tersebut dengan beberapa rekomendasi dan saran.

Terkait dengan itu Plt. Bupati Kendal Ir. Bambang Dwiyono MT yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Sekda Winarno SH. MM menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kendal yang telah merespon permohonan persetujuan 8 (delapan) Raperda Kabupaten Kendal.

Dua dari delapan Raperda tersebut merupakan usulan Raperda dalam Program Legislasi Daerah yang dimuat dalam daftar kumulatif terbuka Tahun 2015.

 Dua Raperda dimaksud adalah Raperda tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 17 Tahun 2012 tentang Pembentukan Dana Cadangan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kendal Tahun 2015 dan Raperda tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 10 Tahun 2007 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perubahan kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 10 Tahun 2007 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Enam Raperda yang lain merupakan Raperda yang ditetapkan dalam Program Legislasi Daerah Tahun 2015, yaitu Raperda tentang Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Kendal, Raperda tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 3 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Kendal, Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 10 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha di Kabupaten Kendal, Raperda tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Asing di Kabupaten Kendal, Raperda tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 6 Tahun 2003 tentang Perusahaan Daerah Aneka Usaha Daerah, dan Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 2 Tahun 2009 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Kendal pada Perusahaan Daerah Aneka Usaha Daerah.

 Winarno berharap 8 (delapan) Raperda yang telah diajukan tersebut dapat segera dibahas dan disetujui untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Kendal. (02/hms)


Indeks Berita