Berita Terkini


SAFARI WISATA KENDAL, KENALKAN POTENSI WISATA LOKAL PADA PKK

Rabu, 13 Januari 2016 16:05:57

KENDAL – Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Selasa ( 12 / 1 ), mengadakan Safari Wisata Kendal dengan mengunjungi berbagai lokasi objek wisata diantaranya Pantai Cahaya ( penangkaran Lumba Lumba ), air terjun Curug Sewu, wisata kebun buah Plantera Fruit Paradise dan Kolam Renang Boja.

Kunjungan wisata ibu – ibu pengurus PKK Kabupaten Kendal yang dipimpin Lilin Kunto Nugroho ( istri Penjabat Bupati Kendal ) didampingi dan dibimbing Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Drs. Agus Rifai bertujuan untuk lebih mengenal potensi yang dipunyai tempat – tempat wisata di Kabupaten Kendal yang belum terekspos sekaligus menjaring masukan dan ide dari Tim Penggerak PKK untuk pengembangan wisata di Kendal secara keseluruhan dan lebih lanjut.

Kunjungan pertama di Pantai Cahaya, rombongan disambut segenap manajemen PT Wersut Seguni selaku pengelola objek wisata tersebut. Selanjutnya rombongan mengunjungi berbagai fasilitas yang tersedia antara lain kolam mengapung yang punya kadar garam tinggi, kolam atraksi lumba – lumba dengan pertunjukan binatang tersebut dan kebun binatang mini. Dalam kesempatan tersebut, terungkap asal mula objek wisata tersebut sebagai lokasi penangkaran dan wisata edukasi lumba – lumba, lantaran banyaknya permintaan masyarakat dan pengunjung, maka dibuka wahana wahana wisata lain.

Agus Salim salah satu pimpinan PT WSI mengungkapkan adanya kemungkinan dengan Pemkab Kendal untuk membentuk kerjasama pengelolaan wisata antara Pantai Cahaya dengan Pantai Sendang Sikucing yang bersebelahan dengan membentuk BUMD sehingga semakin banyak jumlah wisatawan baik lokal ataupun daerah lain bahkan dari manca yang berkunjung ke pantai di wilayah pesisir Kabupaten Kendal tersebut.

Usai dari Pantai Cahaya, perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi air terjun Curug Sewu yang berada di Desa Curug Sewu Kecamatan Patean. Di lokasi ini, dari menara pandang rombongan melihat dari kejauhan air terjun satu satunya di Indonesia yang dapat dilihat dari atas. ( biasanya objek wisata air terjun di Indonesia hanya bisa disaksikan dari bawah ). Ke depannya, menurut Agus Rifai, akan ditambah beberapa fasilitas penginapan dan bnagunan yang bisa dijadikan lokasi pertemuan dan out bound.

Wisata tour kebun buah Plantera Fruit Paradise menjadi jujugan selanjutnya. Di lokasi wisata berbukit yang dipenuhi dengan kebun berbagai tanaman buah tersebut, rombongan diajak berkeliling kebun buah dengan rute sepanjang 4,5 km dengan menaiki kendaraan terbuka khusus tour kebun buah. Wisata kebun buah tropis unggulan seluas 234 hektar yang berada di desa Sidokumpul Kecamatan Patean tersebut awalnya merupakan perkebunan cengkeh. Pihak PT Cengkeh Zanzibar selanjutnya mengembangkan usahanya dengan menanami sebagian lahan cengkehnya dengan menggantinya menjadi kebun buah buahan tropis unggulan Indonesia sejak tahun 2000. Hasil panen buahnya dipasarkan di pusat – pusat perbelanjaan dengan merek Ibana. Paket wisata yang ditawarkan berupa Fruit Tour berkeliling lokasi dengan mobil wisata sejauh 4.400 meter, Fruit Safari jalan kaki keliling kebun sejauh 1.100 meter dan Fruit Paradise berupa petik dan panen buah sendiri.

Perjalanan wisata terakhir, rombongan melihat dari dekat Kolam Renang Boja yang merupakan salah satu UPTD dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kendal selain Curug Sewu. Kolam renang yang sering digunakan untuk rekreasi dan pertandingan renang tersebut memiliki dua kolam renang untuk dewasa dan anak – anak serta wahana untuk permainan air. Objek wisata tersebut cukup banyak menyedot pengunjung terutama pada hari libur dean menjadi salah satu penyumbang PAD dari sektor pariwisata yang cukup besar.

Pada kesempatan kunjungan ke UPTD Kolam Renang Boja tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agus Rifai menyerahkan hasil olahan tanaman singkong berupa kripik singkong hasil UMKM Desa Meteseh Kecamatan Boja kepada segenap pengurus PKK yang dipimpin Lilin Kunto Nugroho. ( 03 / heDJ )


Indeks Berita