Berita Terkini


KOPERASI TIDAK BOLEH LUPA JATI DIRINYA

Rabu, 27 Januari 2016 09:13:55

KENDAL - Jika Koperasi ingin maju dan berkembang dengan sehat, Koperasi tidak boleh melupakan jati dirinya. Koperasi yang sehat adalah yang sehat pengurusnya, sehat usahanya, sehat mentalnya dan sehat pengawasnya serta juga peduli terhadap anggotanya. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Ir. Bambang Dwiyono, MT saat memberikan arahan pada kegiatan Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) Koperasi pegawai Republik Indonesia " Eka Karya ", Rabu ( 27 / 1 ) di Pendopo Pemkab Kendal.

Menurut Bambang, Keberadaan Koperasi Eka Karya sebenarnya bisa membantu mengatasi persoalan ekonomi khususnya para pegawai yang tergabung dalam keanggotaannya. Selain itu juga bisa mengatasi persoalan sosial dan keadilan dalam anggotanya sehingga bisa meningkatkan dan membantu kesejahteraan anggotanya, pun dalam ikut serta mewujudkan pembangunan daerah di Kabupaten Kendal.

Sekda mendorong para pengurus, pengawas dan karyawan KP-RI Eka Karya untuk meningkatkan kinerjanya dengan mencari terobosan - terobosan baru untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan anggotanya, lantaran persaingan bisnis di luar semakin berat dan ketat. Hal tersebut menuntut perlunya pemkiran bersama para anggota Koperasi Eka Karya karena berkembang atau tidaknya sebuah koperasi sangat tergantung pada semua anggotanya sehingga di tangan anggotanyalah sebenarnya koperasi diperlukan.

Beberapa langkah diuraikan bambang untuk peningkatan kemajuan koperasi Eka Karya yakni harus berpikir secara rasional dan jangan emosional; penurunan jumalh anggotan Eka Karya karena berbagai sebab yaitu dari 459 anggota pada 2015 menurun menjadi 431 anggota, sehingga memerlukan peningkatan pelayanan dan kesejahteraan anggotanya. Untuk itu Eka Karya perlu belajar dari koperasi -koperasi yang sejajar; mencari terobosan dengan pihak ketiga  untuk pinjaman modal guna pelayanan anggota yang bunganya bagi koperasi masih untung. Juga bekerjasama dengan PKP-RI maupun Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Kendal yang memprogramkan pinjaman lunak serta banyak kiat - kiat untuk meningkatkan koperasi sebagi PR bagi pengurus, pengawas dan karyawan KP-RI Eka Karya Kendal yang telah mendapat andat dari anggotanya.

RAT sebagai forum tertinggi dan sangat strategis bagi anggota koperasi, lanjut Bambang, diharapkan untuk dicermati dan dikritisi laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas serta rencana program kerja ke depan menuju penigkatan dan pengembangan koperasi lebih lanjut yang akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan bagi anggotanya.

Kegiatan RAT tersebut dihadiri Kepala Dinas Koperasi UKMK Kendal, Ketua Dekopinda Kendal, ketua PKP-RI Kabupaten Kendal serta segenap pengurus dan anggota koperasi Eka Karya. ( 03 / heDJ )

 

 

 


Indeks Berita