Berita Terkini


LOMBA TONG TONG TEK BISA HIDUPKAN SISKAMLING LAGI

Selasa, 14 Juni 2016 17:00:47

KENDAL - Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si dan para anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kendal berkesempatan menyaksikan lomba sistem keamanan lingkungan Tong Tong Tek yang menampilkan kelompok siskamling Desa Curug Sewu Kecamatan Patean, Senin malam (13/6) di halaman BPR BKK Kendal cabang Patean. Bupati menilai lomba tersebut bisa menghidupkan kegiatan pengamanan swakarsa atau siskamling karena banyak desa yang sudah tidak akatif lagi bersiskamling.

Lomba Tong Tong Tek yang menggunakan beraneka alat musik tradisional dengan berpakaian tradisional Jawa menampilkan alunan lagu - lagu tradisional Jawa yang menyuarakan pentingnya kegiatan ronda keliling desa atau kampung untuk menjaga dari tindak kejahatan dan kejadian yang bisa mengganggu keamanan warga desa atau kampung.

Bupati Mirna dalam sambutannya berharap supaya kesenian tersebut dilestarikan dengan mempratekkan secara rutin tiap ronda malam dengan lagu lagu tradisional yang bervariasi. Selain agar kreatifitas berkesenian meningkat juga dapat menggugah warga lain untuk turut melaksanakan ronda malam atau siskamling sehingga keamanan dapat terjaga.

“Lomba tong tek siskampling di wilayah Kabupaten Kendal diharapkan juga bisa menginspirasi masyarakat. Dikarenakan, keamanan yang kondusif dengan melibatkan masyarakat, pada saat ini sangat dibutuhkan,” terang Bupati Mirna. Dengan demikian, kondusifitas di wilayah Kabupaten Kendal memang harus dijaga dan harus selalu terjaga dengan baik. Sehingga kemanan di Kabupaten Kendal dari segala ancaman kejahatan maupun bahaya laten bisa diantisipasi.

Usai Tong Tong Tek digelar, kegiatan simulasi penanganan kebakaran yang melanda sebuah rumah yang disertai dengan pencurian oleh orang yang menfaatkan situasi dilangsungkan di lapangan Desa Curug Sewu. Bupati Mirna dan para anggota Forkopimda turut menyaksikan adegan tersebut. Adegan kemudian dilanjutkan dengan membawa pencuri ternak pada rumah yang terbakar ke Pos Kampling Desa Curug Sewu untuk diproses petugas siskamling dan petugas dari kepolisian.

Bupati Kendal Mirna Anissa memberikan apresiasinya dengan kegiatan simulasi penanganan kebakaran dan pencurian tersebut. ( 03 / heDJ )

 

 


Indeks Berita