Berita Terkini


PEMKAB KENDAL SEPAKAT DENGAN PENAMBANG GALIAN C UNTUK PERBAIKI JALAN RUSAK

Selasa, 14 Juni 2016 17:48:25

KENDAL - Kesepakatan Bupati Mirna dengan sejumlah penambang galian C di Kecamatan Kaliwungu Selatan akhirnya tercapai untuk memperbaiki kerusakan jalan yang ditimbulkan oleh kegiatan pengangkutan galian c dengan truk bertonase cukup berat, Selasa (14/6) di ruang kerja Kepala Desa Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan.

Para pengusaha galian c termasuk kepala desa Desa Protomulyo Juwarno yang ikut menambang bersedia untuk menyediakan material hotmix untuk memperbaiki jalan yang rusak terutama di Jalan Sekopek di Kecamatan Kaliwungu. Pemkab kendal lewat Dinas Bina Marga dan ESDM melalui UPTD Kaliwungu yang melaksanakan perbaikan jalannya. Perawatan jalan yang dilalui truk galian c akan diawasi tiap hari sehingga tiap ada kerusakan segera ditambal atau diperbaiki sehingga tidak akan mengganggu lalu lintas.

Di samping itu, cara pengangkutan galian c juga harus ditutup terpal sepenuhnya pada bak truk sehingga tanah bercampur batu tidak berjatuhan selama pengangkutan ke tempat tujuan. Penanggungjawab penambangan, Sunarto sebelumnya mengaku belum tahu harus melakukan apa untuk memperbaiki jalan karena tidak berpengalaman memperbaiki jalan. Akhirnya bersama pemilik tambang antara lain Abdul khodir dan Juwarno menyetujui solusi tersebut.

Selanjutnya akan dibuat nota kesepakatan atau perjanjian untuk memperbaiki jalan yang rusak karena aktivitas penambangan galian c tersebut.

Bupati Mirna yang menggelar dialog tersebut mengakui atas desakan masyarakat yang merasakan hambatan karena kerusakan jalan yang diakibatkan truk - truk galian, maka pihaknya mengajak para penambang galian c dan para sopir truk serta pemilik truk untuk mencari soludi yang tepat supaya kondisi jalan yang rusak bisa diperbaiiki secaepatnya dan tidak kembali terulang.

Bupati Mirna dalam kesempatan rembug dengan para pengusaha tambang tersebut harus memikirkan juga dampak dari tanah galian yang mereka tambang sehingga tidak merugikan masyarakat pengguna jalan dan warga sekitar serta tidak mengganggu keseimbangan alam.

Usai mencapai kesepakatan, Bupati dan rombongan meninjau jalan yang rusak di jalan Sekopek Kaliwungu serta betonisasi jalan yang menghubungkan Kecamatan Ngampel dengan kecamatan Kaliwungu serta kaliwungu Selatan.

Pada saat meninjau Jalan Sekopek Bupati Mirna sempat mencegat truk galian yang sedang lewat dan Bupati memerintahkan supaya hasil galian yang diangkut ditutup erat agar tidak tumpah ke jalan.

Diketahui, para pemilik tambang dan sopir serta pemilik truk ( Pastruk ) hadir pada pertemuan tersebut. ( 03 / heDJ )

 


Indeks Berita