Berita Terkini


ANAK TERLANTAR DILATIH BUAT KERUPUK RAJUNGAN DAN SIRUP SECANG

Selasa, 14 Juni 2016 18:34:29

KENDAL - Sejumlah anak terlantar di Kecamatan Kaliwungu Selatan dan sekitarnya, Selasa (14/6) bertempat di Balai Desa Protomulyo Kecamatan kaliwungu Selatan diberikan pelatihan pembuatan kerupuk dari bahan dasar rajungan dan sirup dari bahan dasar tanaman secang. Instruktur dikoordinir Dinas Sosial Kabupaten Kendal dengan petugas TKSK ( Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan ) setempat.

Menurut Budi Setiawan, koordinator pelatihan sekaligus petugas TKSK Kecamatan kaliwungu Selatan, kegiatan tersebut untuk membantu para anak jalanan agar sedikit banyak bisa mempunyai bekal untuk masa depan mereka. Dengan pelatihan pembuatan makanan dengan bahan yang mudah didapat diharapkan dapat segera dipraktekan. Sehingga para anak jalanan yang diberi pelatihan bisa belajar untuk menjadi pengusaha dari awal.

Para instruktur pelatihan Hella Ayu Setyanida yang merupakan praktisi sekaligus juga pembuat usaha kerupuk rajungan dan Tri Listiana anggota UPPKH Kecamatan kaliwungu Selatan dan pengusaha pembuat sirup secang awalnya memberikan motivasi bahwa walaupun orang awam memandang anak jalanan tidak punya masa depan yang jelas atau suram, namun mereka tetap memiliki harapan jika mau berusaha dan kreatif serta mempunyai semangat untuk merubah keadaan.

Selanjutnya par peserta pelatihan ditunjukkan cara pembuatan, pengemasan dan pemasaran produk kerupuk rajungan jadi dan sirup secang. Menurut Listiana, pelatihan tidak berhenti di situ saja namun akan terus dibimbing sampai anak - anak tersebut bisa mandiri dan punya modal untuk memulai usaha. Para anak terlantar tersebut nantinya akan diproyeksikan unruk membentuk suatu kelompok usaha bersama (KUBE). Dengan tergabung dalam KUBE, diharapkan mereka bisa mendapatkan modal usaha serta lebih terkoordinasi dalam mengelola usaha.

Menurut Kepala Seksi Pemberdayaan Kesejahteraaan Sosial, Hafid, KUBE di Kabupaten Kendal sudah cukup maju, setidaknya ada 50 KUBE di kelurahan yang berada di Kecamatan Kendal, serta 84 lainnya tersebar di desa-desa. Tahun ini juga rencananya di Boja akan muncul 70 KUBE baru di bidang elpiji, pengolahan tempe, dan ternak kambing.

Selain memberi pelatihan kepada anak terlantar, Dinas Sosial Kabupaten Kendal juga memberikan sosialisasi, bantuan sesuai permintaan berupa barang dan pelatihan anak jalanan beberapa waktu lalu. ( 03 / heDJ )

 

 

 


Indeks Berita