Berita Terkini


Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal Gelar TOT MOPD

Rabu, 15 Juni 2016 10:24:13

Kendal-Dalam rangka memberikan pembekalan Kepala Sekolah SMP/SMA/SMK negeri maupun swasta se Kabupaten Kendal yang akan melaksanakan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) pada 18 hingga 21 Juli 2016 mendatang, Dinas Pendidikan menggelar kegiatan Training of Trainer dengan mendatangkan nara sumber Deputi Pencegahan Korupsi (KPK), Rabu (15/6) di Pendopo Kabupaten Kendal.

Pemberian pembekalan TOT tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta wawasan bagi peserta guna pembentukan karakter bagi peserta didik  di tahun ajaran 2016/2017, demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Muryono, SH,MPd.

Sementara, Bupati Kendal yang diwakili Sekretaris Daerah, Ir. Bambang Dwiyono, MT menyambut baik atas terselenggarannya kegiatan TOT tersebut. " Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan perhatian dan komitmen bersama kepada para Kepala Sekolah dan seluruh jajaran pendidikan di Kabupaten Kendal, untuk bergandeng bersama sama mencegah praktek praktek yang bermuara pada korupsi, serta dapat disosialisasikan dilingkungan keluarga maupun masyarakat tentang pendidikan anti korupsi dan bahayanya serta hukuman bagi yang melakukan tindakan korupsi, "ungkap Sekda.

lanjut Sekda Bambang, "Pendidikan di Kabupaten Kendal akan dipastikan bebas dari aktivitas pungutan liar (pungli), hal ini mengacu pada disahkannya Peraturan Daerah Kabupaten Kendal tentang Pendidikan Terjangkau dan Berkualitas baru baru ini, salah satu bunyi perda tersebut mempertegas dan melarang keras bagi sekolah sekolah di Kendal untuk melakukan pungutan kepada peserta didik atau orang tua wali yang tidak mampu secara ekonomis, dengan dikaitkan pada persyaratan sekolah seperti penerimaan siswa baru, penilaian hasil belajar dan kelulusan peserta didik, serta digunakan untuk kesejahteraan anggota komite sekolah atau lembaga represntasi pemangku kepentingan satuan pendidikan baik langsung maupun tidak langsung,"tegasnya.

Dalam acara tersebut Bupati juga meresmikan grand launching,"Sekolah Kami Bebas Pungutan dan Anti Korupsi" yang ditandai dengan penekanan tombol oleh Dinas Pendidikan, Bupati Kendal yang diwakili Sekda, serta dari Deputi KPK. "saya berharap dengan dilaunchingnya program ini, jangan hanya seremonial semata, tapi jadikan sebuah gerakan yang menumbuhkan rasa memiliki bersama dijajaran Pendidikan. saya juga mengingatkan Kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk terus mengawasi sekolah sekolah yang melakukan punguta liar, segera ambil tindakan untuk dikenai sanksi baik sanksi kedinasan maupun pidana", pungkasnya. (Los-Hms)

 


Indeks Berita