Berita Terkini


Gubernur Ganjar Pranowo didampingi Bupati Mirna Tinjau Kali Blorong

Senin, 20 Juni 2016 15:21:58

Kendal-Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, S.H,M.IP diidampingi Bupati Kendal, dr, Mirna Annisa, MSi, Sekda Kendal, Para Asisten dan SKPD terkait, hari ini, Senin (20/6) meninjau lokasi penyebab pangkal terjadinya banjir yaitu Kali Blorong, Kelurahan Candiroto, Kecamatan Kota Kendal.

Kunjungan Gubernur Ganjar di Kendal, selain meninjau Kali Blorong sekaligus menyaksikan secara langsung, sisa genangan air di jalur Pantura yakni sekitar kantor DPPKAD dan Samsat Kendal. Dilanjutkan mengecek keliling lokasi jalan pantura untuk persiapan mudik lebaran beberapa minggu lagi.

Saat meninjau Kali Borong, Gubernur Ganjar Pranowo menemui seorang pemilik lahan di tepi sungai. Ganjar yang mendapati banyaknya pepohonan yang ditebangi meminta kepada warga tersebut agar penebangan sebaiknya diimbangi dengan penanaman kembali, sehingga resapan air sungai yang meluap bisa lebih optimal.

"Sekarang ini air sudah berangsur-angsur surut, kalau tidak ada hujan deras yang luar biasa lagi Insyaallah aman," kata Gubernur. Mengenai kerugian atas peristiwa banjir kemarin, Ganjar meminta pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk mengakumulasikan keseluruhannya. Sejauh ini, menurut Ganjar, bantuan berupa logistik masih terus diberikan.

Bagi para petani yang terancam mengalami gagal panen, menurut Ganjar, jika terendamnya tidak terlalu lama, tanaman padi tidak akan rusak dan nanti biar diambil oleh Dinas Pertanian, ada juga cadangan benih nasional untuk padi yang rusak akan di bantu, oleh Gubernur dijanjikan ganti rugi lewat program cadangan benih nasional.

"Kalau ada yang sudah punya asuransi pertanian juga bisa mengklaim asuransi pertanian. Kita tidak pernah minta adanya bencana, tapi kita sedang menguji apakah program asuransi pertanian ini, bisa jalan apa tidak, ini ujiannya" pungkasnya. (Los-Hms)

 

 


Indeks Berita