Berita Terkini


Rapat Paripurna : DPPKAD DIMINTA UNTUK DIPECAH JADI DUA SKPD

Sabtu, 02 Juli 2016 14:02:37

Penandatanganan dan persetujuan bersama Rancangan Peraturan Daerah (raperda) Kabupaten Kendal,antara Ketua DPRD Prapto Utono dan Wakil Bupati Masrur Masykur atas nama Bupati Kendal, dalam rapat paripurna Dewan tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2015, dilakukan Sabtu (2/7) di ruang rapat paripurna DPRD Kendal.

Penandatanganan itu sendiri dilakukan, setelah DPRD menyatakan menerima dan menyetujui raperda yang diajukan oleh Eksekutif yang sebelumnya sudah di godok oleh Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kendal. Usai penandatanganan, dilanjutkan penyerahan berita acara naskah persetujuan bersama dari Ketua DPRD kepada Wakil Bupati.

Terhadap isi raperda yang disetujui tersebut, ada beberapa rekomendasi yang disampaikan oleh Dewan, antara lain bupati diminta untuk melakukan kajian terkait Struktur Organisasi dan Tata Kerja DPPKAD yang dinilai terlalu besar dan luas bidang tugasnya, sehingga beban tugasnya dianggap berlebih dan melampaui kapasitas. Karenannya DPPKAD direkomendasikan untuk dibagi menjadi dua SKPD yaitu Dinas Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah dan Dinas Pengelolaan Aset Daerah.

Bupati juga diminta untuk membentuk Task Force yang terdiri dari SKPD dan Bagian di Lingkungan Setda Kabupaten Kendal guna mencari solusi mengenai permasalahan aset secara terpadu dan menyeluruh sesuai arahan BPK.

Terkait dengan upaya meminimalisasi Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA), Banggar juga meminta kepada Bupati agar menginstruksikan kepada pimpinan SKPD untuk memperkuat komitmen manajemen belanja dan perencanaan anggaran yang tepat waktu dan taat asas.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Prapto Utono dan dihadiri 36 Anggota dari 45 Anggota Dewan, Waki Bupati Kendal, Forkopimda, Sekda, para assisten Sekda dan para pimpinan SKPD bersaerta para Camat.

Tanggapan Bupati

Terhadap saran dan pendapat atas Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2015 ini, Wakil Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan akan memperhatikan serta menjadi bahan penyempurnaan terhadap kegiatan-kegitan kedepan.

Selanjutnya Raperda ini oleh Bupati akan disampaikan ke Gubernur untuk dievaluasi, guna memenuhi ketentuan Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. (kris/hms)

 


Indeks Berita