Berita Terkini


Sembilan Guru Diangkat Jadi Pengawas TK/PAUD

Senin, 18 Juli 2016 19:32:03

KENDAL - Sebanyak sembilan guru dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kendal mendapatkan kado istimewa berupa pengangkatan menjadi pengawas TK/PAUD.  Pengangkatan itu berdasar surat keputusan (SK) Bupati Kendal Nomor 821.2/217/2016, tentang "Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah di Lingkungaan Pemerintah Kabupaten Kendal". Jumat (15/7).

Kepala Disdik ( Dinas Pendidikan ) Kendal, Muryono,"SK ini khusus pengangkatan pengawas TK/PAUD. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya ada pengawas TK/SD,dengan pengawas TK/PAUD ini, targetnya dapat mengawal generasi emas dari usia emas, yakni, mulai usia 4-6 tahun. Sehingga nantinya akan melahirkan generasi yang cerdas, berakhlak mulia, tangguh, kreatif dan berdaya saing tinggi," ungkapnya,

Didampingi Kasi PPTK-PNFI pada Disdik Kendal Widargo. Muryono, mengungkapkan, pengangkatan pengawas TK/PAUD itu berdasar atas surat dari Disdik Kendal Nomor 800/21584/Dispendik tanggal 30 Desember 2015 perihal usulan pengangkatan pengawas TK/PAUD bagi tenaga pendidik dari PNS.  Namun, sistem pengangkatanya dilakukan melalui sistem seleksi/tes yang ketat.  Guru PNS yang memenuhi kriteria atau syarat ketentuan menduduki jabatan pengawas  TK/PAUD yang berhak mengikuti seleksi/tes tersebut. "Yang menguji dari LPMP Jawa Tengah. Syaratnya adalah guru PNS golongan IIIC dan menjabat kepala sekolah TK. Namun yang ikut tes kemarin  rata-rata golongan/pangkatnya pembina IVA semua.  Tes kemarin diikut  16 peserta. Kemudian, sebanyak 9 pengawas TK/PAUD ini akan ditempatkan di 9 kecamatan. Tahun depan kita target 20 kecamatan dan tiap 1 kecamatan 1 pengawas TK/PAUD. Sementara 11 kecamatan masih dirangkap pengawas TK/SD. Jumlah pengawas TK/SD ada 68, "ungkap dia. 

Muryono, berharap pengawas bisa meningkatkan kompetensi kepribadian, sosial, supervise, manajerial, penelitian dan pengembangan, supervisi akademik, dan kompetensi evaluasi pendidikan, dalam rangka meningkatkan mutu kualitas pendidikan di Kendal. Pengawas juga harus bisa berikan penekana pada guru-gurTK/PAUD harus punya tekat 4C, creatif, critikal thingking, colaboration dan comunikasi. Kemudian guru juga harus bisa menumbuhkan sikap rasa  optimis, percaya diri dan pemberani bagi anak didiknya. Sehingga dalam diri benak siswa akan muncul rasa keingintahuan yang besar dan terpacu untuk tidak takut bertanya. "Peningkatan kualitas mutu pendidikan cerdas dan berahlak di Kabupaten Kendal ini yang kedepan kita pikirkan. Harapannya prestasi pendidikan TK/PAUD tingkat Jateng bisa masuk peringkat V. Sementara kini masih peringkat 17," pungkasnya.

Sementara, Ketua Pengawas TK/PAUD Isroatun MPd, melalui Sekertaris Pengawas TK/PAUD, Afif Nurokhma SPd, mengatakan, saat ini jumlah TK ada 458 lebih. Sedangkan segi sarana prasarana yang ada disetiap lembaga pendidikan kanan-kanan tersebut dinilai cukup.  "Kalau sparas saya kira cukupan ya. Tetapi, harapanya setiap tahun ada dana bantuan operasional dari pemerintah daerah," kata dia...(05a/hms)


Indeks Berita