Berita Terkini


TIM SABER PUNGLI KENDAL BAKAL BERTINDAK TEGAS BERANTAS PUNGUTAN LIAR

Rabu, 18 Januari 2017 15:56:30

KENDAL - Unit Pemberantasan Pungutan Liar Kabupaten Kendal atau Tim Saber Pungli bakal bertindak tegas dalam memberantas segala bentuk pungutan liar di semua instansi pemerintah, terutama yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. hal tersebut disampaikan secara tersirat Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si dalam kegiatan pengukuhan Unit Pemberantasan Pungutan Liar Kabupaten Kendal, di Pendopo Pemkab Kendal, Rabu (18/1).

Di hadapan 40 anggota Tim Saber Pungli Kabupaten Kendal, Bupati mengharapkan supaya pungutan liar yang telah membudaya atau memiliki akar budaya kuat, sedikit demi sedikit harus bisa dihilangkan.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa pungutan liar yang sudah terlalu lama dibiarkan terjadi mungkin telah menjadi budaya tersendiri dalam pelayanan masyarakat di Indonesia. Tak ingin hal tersebut terus terjadi, Bupati Kendal menegaskan kepada seluruh jajarandi daerah Kabupaten Kendal untuk menyelaraskan langkah dengan pemerintah pusat dalam upaya pemberantasan pungli di Indonesia.

"Tidak hanya urusan KTP, tidak hanya urusan sertifikat, tidak hanya urusan di pelabuhan, kantor, bahkan di rumah sakit dan ditempat lainnya. Hal apapun yang berkaitan dengan pungutan yang tidak resmi harus kita bersama hilangkan. Dengan keterpaduan itulah kita harapkan operasi pungli ini akan efektif," tandas Mirna.

Menurut Bupati Mirna, Semangat pemberantasan pungli bukanlah terletak pada jumlah kerugian yang ditimbulkannya, namun lebih pada akar budayanya yang hendak dihilangkan. "Yang namanya pungutan liar bukan hanya soal besar-kecilnya, tapi keluhan yang sampai ke saya. Ini persoalan yang harus kita selesaikan bersama. Jadi bukan masalah urusan sepuluh ribu, tapi pungli telah membuat masyarakat kita susah untuk mengurus sesuatu," ucap Bupati Mirna.

Pungutan liar tidak hanya berakibat pada buruknya kualitas pelayanan masyarakat. Bila hal tersebut dibiarkan begitu saja, pada akhirnya juga menjalar ke hal-hal yang lebih luas lagi. Pungli juga melemahkan daya saing daerah dan nasional.Akibatnya bisa menurunkan daya saing ekonomi Kabupaten Kendal.

Perhatian khusus diberikan Bupati Mirna terkait perizinan di daerah di Kabupaten Kendal. Kemudahan perizinan bagi para investor merupakan salah satu upaya pemerintah agar Indonesia memiliki daya saing dalam kemudahan berusaha dibanding dengan negara-negara lainnya. Namun, BUpati tidak ingin mendengar adanya keluhan terkait pungli selama proses perizinan berlangsung.

"Perizinan ini juga ada yang larinya ke pungli, yang dapat menghambat investasi di daerah. Kalau ini terus dibiarkan, peringkat indeks kemudahan berusaha masih akan jauh. Oleh karenanya, untuk mencegah birokrasi yang terlalu panjang, saya berharap agar segala bentuk perizinan yang ada dapat lebih disederhanakan. Sebab, upaya pemerintah pusat untuk menyosialisasikan Indonesia sebagai negara yang ramah investasi tidak akan berhasil bila tidak didukung oleh pemerintah daerah," terang Bupati.

Bupati Mirna memberikan apresiasi atas kesediaan semua anggota tim saber pungli yang terdsiri dari aparat kepolisian, kejaksaan, pengadilan negeri Kendal, Inspektorat Kendal dan lainnya bersedia menerima tugas mulia sebagai Unit Pemberantasan Pungutan Liar. "Saya percaya bahwa Bapak, Ibu, Saudara-saudara semua akan mampu melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan dalam rangka mewujudkan kehidupan sebagai bangsa yang bebas dari pungutan liar," ucap Bupati.

Harapan disampaikan Bupati Mirna yakni dengan terbentunya Unit Pemberantasan Pungutan Liar ini, masalah pungli di Kabupaten Kendal dapat diatasi dengan cepat dan ditindak tegas. Diharapkan kedepan tingkat pelayanan publik semakin baik dan meningkat, serta membantu pemerintah daerah melaksanakan tugas pemberantasan pungli di berbagai sektor layanan publik diberbagai tingkat dan karakteristik pungli yang berbeda-beda. Sehingga tidak lagi meresahkan dan merugikan masyarakat Kendal.

Bupati Kendal mengajak semua pihak untuk serius dan berkomitmen dalam pemberantasan pungutan liar secara tegas, terpadu, efektif, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera kepada pelaku pungutan liar. "Saatnya STOP PUNGLI di daerah Kendal…!!! Lakukan pembenahan di seluruh aspek pelayanan…, tutup semua celah yang memungkinkan terjadinya pungli," tegas Mirna. ( 03 / Kom - heDJ )

 

 


Indeks Berita