Berita Terkini


DINAS KOMINFO KENDAL GENCAR LAKUKAN SOSIALISASI DESA ON LINE

Rabu, 25 Januari 2017 18:48:36

KENDAL - Seluruh desa wilayah Kabupaten Kendal ditargetkan pada tahun 2017 sudah terkoneksi dengan jaringan internet sehingga keinginan Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si untuk mewujudkan Kendal Berkhidmat bisa terwujud pada tahun 2017 untuk menuju tujuan " Kendal Permata Pantura " pada 2021 nanti.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab Kendal, Drs. Muryono, SH, MPd mengatakan, untuk mewujudkan seluruh desa di Kabupaten Kendal sebagai Desa On Line selain melakukan pengiriman data dari desa atau kelurahan, pihaknya juga melakukan kegiatan sosialisasi di tiap eks kawedanan. 

Menurut Muryono, keberadaan Desa On Line nantinya untuk mewujudkan pelayanan prima pada masyarakat, meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara Pemkab Kendal dan seluruh desa serta kelurahan yang berjumlah 286 serta memudahan desa dalam mensosialisasikan program pembangunan pada masyarakat. 

Sosialisasi dilakukan dengan mengundang seluruh kepala desa dan lurah untuk diberikan pengetahuan dan petunjuk untuk mempersiapkan Desa on line baik dari segi infrastruktur jaringan, anggaran, pengadaan bandwith ( frekwensi sinyal internet ) dan pelatihan SDM untuk mengelola 14 aplikasi khusus untuk desa berbasis webbbase dan smartphone yang pada bulan Maret 2017 akan dberikan 3 alpikasi yakni e - budgetting, e - planning dan e - office. 

Program Sistem Informasi Desa yang terwujud dalam Desa Online ini merupakan program yang telah dicanangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021, yaitu untuk tahun 2017 dengan taqline Kendal Berkhidmat yang fokusnya pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik. Di 2017 Pemkab Kendal nantinya fokus membenahi infrastruktur terutama jalan dan jembatan. Selain itu juga persiapan menata SDM terutama pada instansi pelayanan publik supaya terwujud pelayanan yang prima. Seperti pelayanan kependudukan, kesehatan yakni rumah sakit dan puskesmas, sekolah, perijinan serta investasi dan usaha. ( 03 / Kom - heDJ )


Indeks Berita