Berita Terkini


KADISKOMINFO MONITORING BALIHO RAWAN ROBOH

Rabu, 08 Februari 2017 15:31:27

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kendal,  Muryono, didampingi Kasi Komunikasi dan Sumberdaya Informasi, Sutapa,  Rabu (8/2) melakukan peninjauan ke lokasi terjadinya bencana angin puting beliung di wilayah Weleri yang terjadi Jum'at lalu.  Muryono memfokuskan tinjauannya pada baliho-baliho yang roboh dan pohon-pohon yang rawan roboh. Tidak hanya itu, dia juga memberikan perhatian terhadap jalan berlobang disepanjang jalan pantura. 

Dikatakan Muryono, bahwa  OPD terkait yaitu  Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah telah melakukan tindakan cepat dengan membersihkan pohon-pohon yang tumbang di jalan dan baliho yang roboh. "Pepohonan yang tumbang dan ranting yang sempat mengganggu jalan sudah dibersihkan. Untuk baliho yang roboh, hari ini direncanakan semua  sudah bisa dibersihkan. Ada tiga baliho besar yang roboh yaitu baliho di jalan pemuda Kendal, di Ungup-ungup Weleri dan di RTH Weleri" kata Muryono.

Menanggapi kemungkinan robohnya pohon-pohon yang sudah berumur, dikatakan oleh Muryono, bahwa pihaknya akan segera memberikan masukan pada dinas teknis untuk segera melakukan langkah-langkah pencegahan. "Pohon-pohon yang sudah berumur bisa di tebang atau dikurangi ranting-rantingnya, sehingga apabila ada angin yang cukup kencang tidak membahayakan warga. Mengingat akhir-akhir ini sering turun hujan yang disertai dengan angin kencang", tuturnya.

Terkait dengan antisipasi baliho roboh, Muryono menghimbau agar pemasangan baliho dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Misalnya tentang kedalaman tiang pancang yang harus ditanam, diameter dan ketebalan tiang pancang, juga kesesuaian antara tinggi tiang dan lebar baliho. "Saya rasa semua sudah ada ketentuannya".

Sepanjang jalan pantura yang banyak berlobang, saat ini masih terus dilakukan penambalan/mobiling rate.  Muryono menghimbau kepada para pengguna jalan untuk berhati-hati. (KRIS/DKMF)

 


Indeks Berita