Berita Terkini


PRESIDENT UNIVERSITY BERI BEASISWA BAGI SISWA KURANG MAMPU

Kamis, 09 Februari 2017 15:15:37

Puluhan Kepala Sekolah SMA/SMK/MA se-Kabupaten Kendal, Kamis (9/2) di operation room Setda Kendal,  mengikuti temu teknik tentang penerimaan beasiswa di President University Cikarang Baru Bekasi. Acara yang dimotori oleh PT Jababeka group ini di fasilitasi oleh Persatuan Wartawan (PWI) Kendal. 

Anthonius Whisnu, perwakilan dari President University di hadapan para kepala sekolah mengatakan, PT Jababeka Group memberikan kesempatan bagi para lulusan SMA/SMK/MA di Kendal, untuk kuliah di President University lewat jalur beasiswa. Para calon mahasiswa ini, untuk bisa mendapatkan beasiswa, harus melalui seleksi terlebih dahulu. 

Sampai dengan Kamis siang (9/2) jumlah calon pendaftar sudah mencapai 902 siswa. Rencananya para siswa ini akan mengikuti seleksi pada hari Minggu (12/2) mendatang. Hal tersebut seperti disampaikan Agus Umar ketua PWI Kendal yang juga ketua panitia seleksi. Namun sehubungan adanya salah pengertian antara pihak sekolah dan panitia, seleksi calon penerima beasiswa diundur. 

Berdasarkan pemahaman para kepala sekolah yang hadir, beasiswa yang akan diterima oleh para siswa ini meliputi seluruh beaya kuliah dan beaya hidup selama kuliah. Setelah mendapatkan penjelasan dari Anthonius Whisnu akhirnya diketahui bahwa beasiswa yang diberikan oleh President University adalah sebesar 70 %, dan biaya hidup ditanggung oleh para calon mahasiswa.

"Kalau di tempat kami, biaya kuliah per semesternya adalah 30 juta rupiah. Akan tetapi karena nantinya para mahasiswa ini akan mendapatkan beasiswa sebesar 70 % sehingga beban biaya kuliah yang harus ditanggung tinggal hanya 9 juta rupiah per semesternya", kata Anthonius. 

Beasiswa yang diperoleh dari program CSR perusahaan PT Jababeka Group ini diharapkan bisa memberi manfaat bagi masyarakat kurang mampu di Kendal. Kepala Diskominfo Kendal Muryono yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, pemkab berharap program beasiswa bisa menjembatani bagi para siswa kurang mampu untuk meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Terkait dengan besiswa senilai 70 % tersebut, Muryono mengatakan bahwa pihak pemkab akan melakukan komunikasi kembali dengan pihak PT Jababeka Group.

President University adalah sebuah perguruan tinggi bertaraf internasional. Kegiatan belajar mengajarnya menggunakan bahasa Inggris, termasuk buku-buku pelajarannya, sehingga para mahasiswanya dituntut untuk menguasai bahasa Inggris.  Sebelum pelaksanaan seleksi para calon mahasiswa penerima beasiswa, dikatakan oleh Agus Umar, akan adanya Nota Kesepakatan bersama antara Pemkab Kendal dengan PT Jababeka Group. "Agar informasi terkait besaran beasiswa dan lain-lain bisa lebih jelas, maka lebih baik kita tunggu nota kesepakatan bersama dilakukan, baru kemudian kita lakukan seleksi. Sehingga seleksinya diundur", katanya. (kris/dskmf)

 

 

 


Indeks Berita