Berita Terkini


PORSENI TRIPARTIT JALIN HARMONISASI PEKERJA PENGUSAHA DAN PEMERINTAH

Rabu, 12 April 2017 09:49:50

KENDAL - Pesta Olah Raga Dan Seni yang diikuti buruh atau pekerja dan perwakilan perusahaan yang digelar dan dikoordinasikan Pemkab Kendal bertujuan meningkatkan hubungan industrial yang dinamis dan harmonis antara pekerja / buruh, pengusaha dan pemerintah. Kegiatan Porseni Tripartit tahun 2017 untuk wilayah Kabupaten Kendal digelar, Rabu (12/4) di Gedung Olah Raga Bahurekso dan beberapa tempat lain.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir. Bambang Dwiyono, MT mewakili Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si mengatakan Pemkab Kendal mendukung sepenuhnyakegiatan Poresni tersebut yang bertujuan selain menciptakan hubungan yangharmonis juga anatar tiga elemen pekerja, pengusaha dan p[emerintah juga mendorong meningkatkan sumberdaya manusia pekerja yang sehat, berkualitas dan berprestasi dalam melaksanakan kewajibannya serta ikut berperan memajukan produktifitas di dalam perusahaan masing - masing.

Di sisi lain, Bupati Mirna melalui Sekda Kendal, menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada para pekerja atau buruh yangtyelah memberikan sumbangsih dan kepeduliannya dalam pembangunan daerah melalui peran sertanya di perusahaan guna terciptanya proses usaha yang kondusif. Bupatio berharap melalui kegiatan lomba olah raga tersebut bisa tercipta kebersamaan dan kekeluargaan antara pekerja dan pengusaha dalam rangka mendorong kemajuan usaha dan peningkatan investasi serta pertumbuhan ekonomi daerah terutama di Kabupaten Kendal yang mampu memperluas kesempatan kerja dan mengurangi pengangguran.

Dikatakan Bupati Mirna, disadari bahwa dalam hubungan industrial permasalahan yang dihadapi cukup banyak. Namun hal tersebut hendaknya dapat dibahas dan diselesaikan melalui lembaga kerjasama baik bipartit maupun tripartit. Oleh karena itu isu - isu yang terjadi disikapi secara bijak denghan tetap mengedepankan kepentingan bersama.

Bupati menilai, pekerja, pengusaha dan pemerintah merupakan pilar yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia industri. Pekerja merupakan mitra pengusaha dan pemerintah dalam upaya untuk menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan. Pekerja atau buruh bukanlah musuh abadi dari pengusaha, namun justru merupakan partner setia dalam meningkatkan produktifitas di perusahaan  agar target produksi dapat tercapai maksimal.

Menurut Bupati, serikat pekerja atau buruh mesti memiliki tekad ikut memiliki, mempertahankan dan selalu mengevaluasi kinerja diri sendiri. Sementara pengusaha harus bersikap memanusiakan manusia yakni tetap menghargai karya pekerja atau buruh atau tidak menganut sistem perbudakan dalam mempekerjakan manusia.

Sementara, para pengusaha diajak Bupati Mirna untuk terus mengembangkan investasinya di wilayah Kabupaten Kendal sehingga tercipta lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat Kendal.

Kegiatan Porseni Tripartit diikuti oleh 266 oarang yang terdiri dari 22 serikat pekerja, APINDO dan Dinas Tenaga Kerja yang mengikuti 3 jenis lomba yakni bola volley putra ( 9 tim ), bulu tangkis ( 19 tim ) dan tenis meja ( 20 tim ) serta lomba menyanyi karaoke putra dan putri sebanyak 52 peserta dari 20 perusahaan. Pelaksanaan lomba olah raga, volley putra di GOR Bahurekso, bulu tangkis ganda putra di GOR Subur Purin, tenis meja ganda putra di Aula Disnaker Kendal dan karaoke di Agro Wisata Tirto Arum Baru. ( heDJ / Kominfo )

 

 

 

 

 


Indeks Berita