Berita Terkini


PERINGATI KARTINI, KENDAL GELAR LOMBA CIPTA MENU MAKANAN

Kamis, 20 April 2017 17:06:21

KENDAL - Peringatan Hari Kartini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya Pemkab Kendal menggelar Lomba Cipta Menu dari berbagai olahan baik tradisional. Dua kategori dilombakan dalam kegiatan tersebut yakni Lomba Menu B2SA ( Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman ) dan Jajanan Khas Daerah, Kamis (20/4), di Pendopo Pemkab Kendal.

Kreasi makanan dari tim Penggerak PKK Kecamatan Kaliwungu menjadi juara I dalam Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Sementara Boja dan Kaliwungu Selatan menempati peringkat II dan III. Sementara itu Kecamatan Patebon menjadi juara Lomba Pangan Olahan Berbasis Sumber Daya Lokal (Jajanan Khas Daerah). Disusul Patebon dan Singorojo meraih posisi dua dan tiga.

Lomba ini dilaksanakan sebagai  upaya mengangkat kembali makanan khas Kendal yang sudah mulai kalah pamor dengan makanan modern. Melalui  Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal tiap tiap kecamatan menyajikan menu khas daerah dengan bahan lokal.

“Kegiatan ini guna mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat, khususnya ibu rumah tangga di dalam memilih, menentukan, menyusun, dan menciptakan menu makanan yang berbasis sumber daya lokal. Menggunakan pangan sumber karbohidrat selain beras dan terigu, dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Kepala DPP Kendal , Ir. Dyah Aning Budiarti saat membuka acara tersebut.

Dikatakan, kegiatan ini juga sekaligus sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat luas terutama bagi anggota keluarga, untuk penentu dalam pemilihan menu dan konsumsi makanan sehari yang berbasis kearifan lokal. Dimana menu-menu yang diciptakan dengan modifikasi atau menggunakan resep khas daerah.

“Saat ini, pola konsumsi masyarakat masih menunjukkan kurang beragamnya jenis pangan dan keseimbangan gizinya. Sehingga perlu merubah pola pikir masyarakat ke arah pola konsumsi pangan B2SA,” paparnya.

Lomba ini diikuti oleh masing-masing Kecamatan di Kendal, yang diminta mengirimkan dua peserta bagi lomba B2SA dan Jajanan Khas Daerah. ( heDJ / Diskominfo )

 


Indeks Berita