Berita Terkini


GURU PAUD HARUS MAMPU MUNCULKAN KECERDASAN SISWA PAUD

Kamis, 18 Mei 2017 15:14:06

KENDAL - Guru atau pendidik tingkat Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) wajib mengetahui potensi dan kecerdasan anak sehingga dapat mengarahkan anak untuk bisa mengembangkan potensinya sejak dini. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Agus Rifai saat membuka Seminar Fisik Motorik Dan Yoga For Kids, Rabu (17/5) di Pendopo Agung Pemkab Kendal.

Agus mengharapkan para guru PAUD bisa mempraktikan apa yang diajarkan dalam seminar pada anak didik mereka dengan harapan semua anak sejak dini bisa dilihat bakat dan arah kecerdasan anak sejak awal. Sehingga pada pada saat sudah dewasa bakat atau talenta anak menjadi landasan jurusan ataupun ilmu yang hendak dipelajari.

“Latihan fisik motorik harus diberikan sejak dini, karena di usia emas, yakni antara 1 hingga 5 tahun adalah masa terbaik dalam pemberian fondasi karakter,” ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari tersebut diharapkan mampu memberikan pembelajaran optimal tentang pola tata asuh dan pola didik anak usia dini, untuk memberikan materi pola didik yang tepat untuk anak usia dini berdasarkan pada Kurikulum 2013 yang menitikberatkan kegiatan fisik motorik, nilai agama dan moral, kemampuan kognitif, sosial – emosional dan seni dalam pengajarannya.

Sementara pengajaran yoga untuk anak bertujuan untuk membantu anak-anak dalam proses belajar. Dengan meningkatnya stress pada anak-anak usia sekolah, tentunya berpengaruh pada proses belajar anak. Seperti lingkaran, edukasi anak melibatkan 3 hal utama, orang tua, guru dan sekolah. dijelaskan bagaimana latihan pernafasan dan gerakan yoga bisa membantu anak untuk meningkatkan 3 hal yang penting untuk proses belajar, yaitu : Self-Regulation, Self-Awareness dan Fokus.

Seminar yang berlangsung di Pendopo Pemkab kendal tersebut diikuti ratusan guru PAUD se - Kabupaten Kendal dengan mengusungtema " Melejitkan Kecerdasan Anak Usia Dini Dengan Bermain Yoga For Kids Kita Sambut Hari pendidikan Nasional ". ( heDJ / Diskominfo )

 


Indeks Berita