Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Kamis, 18 Mei 2017 15:14:06

GURU PAUD HARUS MAMPU MUNCULKAN KECERDASAN SISWA PAUD


KENDAL - Guru atau pendidik tingkat Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) wajib mengetahui potensi dan kecerdasan anak sehingga dapat mengarahkan anak untuk bisa mengembangkan potensinya sejak dini. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Agus Rifai saat membuka Seminar Fisik Motorik Dan Yoga For Kids, Rabu (17/5) di Pendopo Agung Pemkab Kendal.

Agus mengharapkan para guru PAUD bisa mempraktikan apa yang diajarkan dalam seminar pada anak didik mereka dengan harapan semua anak sejak dini bisa dilihat bakat dan arah kecerdasan anak sejak awal. Sehingga pada pada saat sudah dewasa bakat atau talenta anak menjadi landasan jurusan ataupun ilmu yang hendak dipelajari.

“Latihan fisik motorik harus diberikan sejak dini, karena di usia emas, yakni antara 1 hingga 5 tahun adalah masa terbaik dalam pemberian fondasi karakter,” ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari tersebut diharapkan mampu memberikan pembelajaran optimal tentang pola tata asuh dan pola didik anak usia dini, untuk memberikan materi pola didik yang tepat untuk anak usia dini berdasarkan pada Kurikulum 2013 yang menitikberatkan kegiatan fisik motorik, nilai agama dan moral, kemampuan kognitif, sosial – emosional dan seni dalam pengajarannya.

Sementara pengajaran yoga untuk anak bertujuan untuk membantu anak-anak dalam proses belajar. Dengan meningkatnya stress pada anak-anak usia sekolah, tentunya berpengaruh pada proses belajar anak. Seperti lingkaran, edukasi anak melibatkan 3 hal utama, orang tua, guru dan sekolah. dijelaskan bagaimana latihan pernafasan dan gerakan yoga bisa membantu anak untuk meningkatkan 3 hal yang penting untuk proses belajar, yaitu : Self-Regulation, Self-Awareness dan Fokus.

Seminar yang berlangsung di Pendopo Pemkab kendal tersebut diikuti ratusan guru PAUD se - Kabupaten Kendal dengan mengusungtema " Melejitkan Kecerdasan Anak Usia Dini Dengan Bermain Yoga For Kids Kita Sambut Hari pendidikan Nasional ". ( heDJ / Diskominfo )

 

BERITA LAINNYA

 
Rabu, 18 Oktober 2017 17:43:21
DESA SUROKONTO WETAN PANEN RAYA PADI VARIETAS INPAGO UNSOED 1

Panen Raya Padi Varietas Inpago Unsoed 1 di Desa Surokonto Wetan Kecamatan Pageruyung pagi tadi (Rabu 18 Oktober 2017) dimulai oleh Bupati Kendal dr Mirna Annisa MSi didampingi Komandan Kodim 0715 Kendal Letkol Czi Hendro Edi...

Selengkapnya
 
Rabu, 18 Oktober 2017 15:25:56
MOH TOHA DILANTIK MENJADI SEKDA MENGGANTIKAN BAMBANG DWIYONO

Bupati Kendal dr. Mirna Annisa M.Si, siang ini Rabu (18/10) mengambil sumpah jabatan dan melantik pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilangsungkan di...

Selengkapnya
 
Selasa, 17 Oktober 2017 18:30:59
DANA SOSIAL UPK MANFAAT KECAMATAN PATEAN DISALURKAN

Dana sosial Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Manfaat Kecamatan Patean sekitar Rp 90 juta disalurkan kepada 180 Rumah Tangga Miskin (RTM) penerimaan manfaat di 14 desa. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Camat Patean Yanuar...

Selengkapnya
 
Sabtu, 14 Oktober 2017 12:07:43
PANWAS HARUS INDEPENDEN, TAK DISKRIMINATIF, JUJUR, DAN ADIL

Sebanyak 60 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) diambil sumpah dan dilantik Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) Kabupaten Kendal Ubaidillah S Ag MH di Hotel Sae inn Kendal Sabtu 14 Oktober 2017. Tampak hadir...

Selengkapnya
INDEKS BERITA