Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Kamis, 18 Mei 2017 15:14:06

GURU PAUD HARUS MAMPU MUNCULKAN KECERDASAN SISWA PAUD


KENDAL - Guru atau pendidik tingkat Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) wajib mengetahui potensi dan kecerdasan anak sehingga dapat mengarahkan anak untuk bisa mengembangkan potensinya sejak dini. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Agus Rifai saat membuka Seminar Fisik Motorik Dan Yoga For Kids, Rabu (17/5) di Pendopo Agung Pemkab Kendal.

Agus mengharapkan para guru PAUD bisa mempraktikan apa yang diajarkan dalam seminar pada anak didik mereka dengan harapan semua anak sejak dini bisa dilihat bakat dan arah kecerdasan anak sejak awal. Sehingga pada pada saat sudah dewasa bakat atau talenta anak menjadi landasan jurusan ataupun ilmu yang hendak dipelajari.

“Latihan fisik motorik harus diberikan sejak dini, karena di usia emas, yakni antara 1 hingga 5 tahun adalah masa terbaik dalam pemberian fondasi karakter,” ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari tersebut diharapkan mampu memberikan pembelajaran optimal tentang pola tata asuh dan pola didik anak usia dini, untuk memberikan materi pola didik yang tepat untuk anak usia dini berdasarkan pada Kurikulum 2013 yang menitikberatkan kegiatan fisik motorik, nilai agama dan moral, kemampuan kognitif, sosial – emosional dan seni dalam pengajarannya.

Sementara pengajaran yoga untuk anak bertujuan untuk membantu anak-anak dalam proses belajar. Dengan meningkatnya stress pada anak-anak usia sekolah, tentunya berpengaruh pada proses belajar anak. Seperti lingkaran, edukasi anak melibatkan 3 hal utama, orang tua, guru dan sekolah. dijelaskan bagaimana latihan pernafasan dan gerakan yoga bisa membantu anak untuk meningkatkan 3 hal yang penting untuk proses belajar, yaitu : Self-Regulation, Self-Awareness dan Fokus.

Seminar yang berlangsung di Pendopo Pemkab kendal tersebut diikuti ratusan guru PAUD se - Kabupaten Kendal dengan mengusungtema " Melejitkan Kecerdasan Anak Usia Dini Dengan Bermain Yoga For Kids Kita Sambut Hari pendidikan Nasional ". ( heDJ / Diskominfo )

 

BERITA LAINNYA

 
Rabu, 24 Mei 2017 09:40:33
ENAM RAPERDA DISOSIALISASIKAN

KENDAL - Enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Selasa (23/5) bertempat di Operation Room Setda Kendal di sosialisasikan, dan sekaligus dilakukan pembahasan, sebelum keenam raperda tersebut disampaikan ke DPRD untuk...

Selengkapnya
 
Selasa, 23 Mei 2017 15:27:30
SEKDA: WUJUDKAN LAYANAN KESEHATAN MURAH DAN TERJANGKAU

KENDAL - Sekda Kendal, Ir. Bambang Dwiyono MT, Selasa (23/5) membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kabupaten Kendal Tahun 2017, di Gedung Wanita kompleks kantor bupati. Raker bertema "Dengan Pendekatan Keluarga...

Selengkapnya
 
Selasa, 23 Mei 2017 14:47:26
MASYARAKAT TIDAK BUTA INFORMASI MELALUI KIM

KENDAL - Duapuluh lima perwakilan dari kelompok informasi masyarakat (KIM) yang berasal dari 8 kecamatan, Selasa (23/5) mengikuti kegiatan sosialisasi pemberdayaan KIM di sebuah resto di Patebon. Kegiatan yang dikemas dalam...

Selengkapnya
 
Senin, 22 Mei 2017 13:37:00
PAJAK DAERAH BPHTB UNTUK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAN FASILITAS UMUM

KENDAL - Pembayaran pajak merupakan perwujudan dan pengabdian dari kewajiban masyarakat, secara langsung dan bersama-sama ikut serta dalam pembiayaan Negara dan daerah dalam pembangunan. Bupati Kendal dr. Mirna Annisa...

Selengkapnya
INDEKS BERITA