Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Kamis, 18 Mei 2017 18:06:15

PERAWAT HONORER, UJUNG TOMBAK PELAYANAN KESEHATAN


KENDAL - Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si memberikan apresiasi atas dedikasi dan pengabdian para perawat honorer, yang telah membantu pemerintah daerah dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya dibidang kesehatan. Hal tersebut disampaikan Bupati dalam sambut terluisnya yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan dr. Sri Mulyani, S.PA mewakili Bupati kendal dalam kegiatan Seminar Keperawatan yang diselenggarakan Forum Komunikasi Perawat Honorer Indonesia, Kamis (18/5) di Pendopo Pemkab Kendal.

Menurut Bupati Mirna, sebagai wujud perhatian dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Kendal, pada setiap tahun pemerintah daerah telah memberikan bantuan kesejahteraan kepada para perawat honorer. "Semoga bantuan ini terus berkesinambungan, dalam meningkatkan kesejahteraan dan menjadi penyemangat untuk menjalankan tugas pengabdian Saudara kepada masyarakat, guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Kendal," kata Bupati Mirna.

Orang nomor satu di Kabupaten Kendal tersebut mengharapkan supaya seminar yang digelar dapat memberikan pengetahuan dan menambah wawasan bagi para perawat yang ada Kabupaten Kendal, agar dapat memahami tugas pokok dan fungsi keperawatan dalam bekerja dan melayani masyarakat / pasien dengan baik.

Disampaikan Bupati Mirna, kesehatan merupakan hak asazi manusia, yang merupakan tanggung jawab kita bersama antara pemerintah, masyarakat dan semua pihak. Keberhasilan pembangunan kesehatan tidak semata-mata ditentukan oleh hasil kerja keras sektor kesehatan saja, melainkan juga dipengaruhi oleh hasil kerja keras serta kontribusi positif berbagai pihak termasuk peran serta masyarakat.

Dalam pembangunan di bidang kesehatan, Pemerintah Kabupaten Kendal telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau, dengan membangun sarana prasarana kesehatan dasar di puskesmas dan pelayanan kesehatan rujukan di rumah sakit daerah, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang profesional terdiri dari : dokter, bidan, perawat dan para medis lainnya.

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan sekarang ini, ternyata juga diikuti oleh berkembangnya jenis penyakit baru. Keberadaan tenaga kesehatan, agar dapat berperan aktif dalam pengembangan perawat yang lebih profesional dan berkualitas, dengan kinerja yang baik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Kita masih menghadapi berbagai masalah kesehatan yang harus segera diselesaikan di Kabupaten Kendal, diantaranya, masih tingginya angka kematian ibu dan bayi, serta kasus kurang gizi yang masih dijumpai. Dan masih tingginya prevalensi penyakit menular seperti : DBD, kusta, TB paru-paru, HIV/AIDS dan penyakit tidak menular seperti : diabetes melitus, stroke serta casdiovaskular dan penyakit-penyakit lainnya," papar Bupati Mirna.

Sebagai ujung tombak pelayanan dan pembangunan kesehatan dasar. Puskesmas perlu mendapatkan perhatian khusus terutama berkaitan dengan mutu pelayanan kesehatan. Untuk itu, kepada tenaga kesehatan agar dapat memberikan pelayanan yang baik, ramah, cepat, tepat, dan memuaskan bagi masyarakat, dengan didukung ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Mirna berharap kepada para perawat khususnya yang tergabung dalam PPNI dan FKPHIK, untuk dapat berperan lebih besar dalam meningkatkan upaya-upaya promotif dan preventif dalam rangka memberdayakan masyarakat menuju masyarakat yang sehat dan mandiri. Jika kita hanya mengandalkan upaya kuratif dan penanganan penyakit saja, maka angka kesakitan pada masyarakat akan semakin tinggi. Tanamkanlah paradigma sehat pada setiap orang bahwa penyakit bisa dicegah dan dihindari. Terapkanlah pola hidup sehat bagi masyarakat sekitar.

Lakukanlah kerjasama dengan semua stakeholders yang ada, agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Jangan sampai masyarakat dikecewakan karena pelayanan yang kurang baik. Mari kita bersama-sama terus berupaya memacu peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang lebih baik, profesional, ramah, cepat, tepat dan memuaskan bagi masyarakat. Sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan dapat ditangani semuanya dengan baik.

Sementara, Ketua DPRD Kendal, H. Prapto Utono, S.Sos mengatakan peran dan sumbangsih para perawat honorer sangat besar dalam pelayanan kesehatan di Kabupaten Kendal, namun perlu ditingkatkan kesejahteraannya lagi dengan memberikan gaji yang lebih layak. Prapto mendukung langkah Pemkab Kendal dalm meningkatkan kesejahteraan bagi para perawat honorer.

Baik eksekutif dan legeslatif di Kabupaten Kendal menurut Prapto, bakal memperjuangkan tingkat kesejahteraan perawat honorer dengan regulasi yang akan digodog bersama sehingga pelayanan kesehatan akan meningkat di Kabupaten Kendal.

Dalam kegiatan seminar keperawatan tersebut, dihadirkan sejumlah narasumber yakni Edy Wuryanto, S.Kep, M.Kep ( Ketua PPNI Provinsi Jateng ) yang diwakili Supriyadi, S.Kep, M.Kep ( Kepala Divisi Kesejahteraan PPNI Provinsi Jateng ) dengan materi " Peran Organisasi Terhadap Kesejahteraan Perawat ), Arwani KM, Hans, MN ( Ketua Majelis Kode Etik Perawat - PPNI Provinsi Jateng dengan materi Implementasi Etika Legal Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan ) dan H.Prapto Utono, S.Sos ( Ketua DPRD Kendal ) dengan materi RPJMD.

Sementara, seminar sehari tersebut dihadiri para kepala Puskesmas se kabupaten Kendal, para perawat honorer Puskesmas, klinik, RSUD / RS se Kabupaten Kendal dan perwakilan perawat honorer Puskesmas, RS serta klinik Kabupaten Batang, Pemalang, Boyolali dan Kudus. ( heDJ / Diskominfo )

 

 

BERITA LAINNYA

 
Rabu, 24 Mei 2017 09:40:33
ENAM RAPERDA DISOSIALISASIKAN

KENDAL - Enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Selasa (23/5) bertempat di Operation Room Setda Kendal di sosialisasikan, dan sekaligus dilakukan pembahasan, sebelum keenam raperda tersebut disampaikan ke DPRD untuk...

Selengkapnya
 
Selasa, 23 Mei 2017 15:27:30
SEKDA: WUJUDKAN LAYANAN KESEHATAN MURAH DAN TERJANGKAU

KENDAL - Sekda Kendal, Ir. Bambang Dwiyono MT, Selasa (23/5) membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kabupaten Kendal Tahun 2017, di Gedung Wanita kompleks kantor bupati. Raker bertema "Dengan Pendekatan Keluarga...

Selengkapnya
 
Selasa, 23 Mei 2017 14:47:26
MASYARAKAT TIDAK BUTA INFORMASI MELALUI KIM

KENDAL - Duapuluh lima perwakilan dari kelompok informasi masyarakat (KIM) yang berasal dari 8 kecamatan, Selasa (23/5) mengikuti kegiatan sosialisasi pemberdayaan KIM di sebuah resto di Patebon. Kegiatan yang dikemas dalam...

Selengkapnya
 
Senin, 22 Mei 2017 13:37:00
PAJAK DAERAH BPHTB UNTUK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAN FASILITAS UMUM

KENDAL - Pembayaran pajak merupakan perwujudan dan pengabdian dari kewajiban masyarakat, secara langsung dan bersama-sama ikut serta dalam pembiayaan Negara dan daerah dalam pembangunan. Bupati Kendal dr. Mirna Annisa...

Selengkapnya
INDEKS BERITA