Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Kamis, 05 Oktober 2017 12:56:14

LARUNG SESAJI DAN PESTA RAKYAT WARGA KOROWELANG KULON


Bupati Kendal dr. Mirna Annisa M.Si, Kamis (5/10) melepas larung sesaji sedekah laut nelayan, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanggul Malang desa Korowelang Kulon Kecamatan Cepiring, yang dilakukan di TPI setempat. Sesaji yang berupa kepala kambing dan kelengkapannya ini,  usai dilepas Bupati, kemudian diangkut dengan menggunakan perahu nelayan, dibawa ke tengah laut untuk di larung.

Sebelumnya, sesaji yang ditempatkan pada perahu mini tersebut, terlebih dahulu disemayamkan di balai desa Korowelang Kulon.Selanjutnya, sesaji diarak oleh masyarakat bersama  Bupati Mirna Annisa dan rombongan dengan berjalan kaki, menuju ke TPI Tanggulmalang, yang menempuh perjalanan sepanjang 1,5 kilo meter. Panitia sebenarnya sudah menyiapkan becak hias yang khusus di persiapkan untuk bupati, dalam perjalanannya menuju TPI. Akan tetapi karena Mirna Annisa berkeinginan berjalan kaki bersama-sama masyarakat, maka becak hias tersebut akhirnya cukup mengikuti bersama-sama dengan rombongan arak-arakan lainnya. 

Di tengah perjalanan, Bupati Mirna Annisa didaulat untuk melaunching kampung KB Dusun Tambaksari Desa Korowelang Kulon, yang ditandai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon udara. Antusias masyarakat yang menyambut Bupati dengan mengajak swafoto/selfie sempat memperlambat perjalanan Mirna Annisa menuju lokasi pelepasan sesaji.  

Mirna Annisa menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat desa Korowelang Kulon dan sekitarnya yang telah secara turun temurun memelihara budaya nyadran. Bagi Mirna budaya sadranan oleh masyarakat ini, tidak hanya sekedar perhelatan budaya, akan tetapi juga merupakan bagian dari do’a masyarakat agar diberi kelebihan rejeki, keselamatan dan kesehatan oleh Allah SWT.  Dan karena pelaksanaannya, bertepatan dengan  peringatan hari TNI ke 72, bupati juga menyampaikan ucapan selamat kepada jajaran TNI,  yang disambut dengan aplaus meriah oleh  masyarakat.

Triyono Kades Korowelang Kulon mengatakan, kehadiran Bupati dan rombongan dianggap sebagai bentuk perhatian dan penghargaan bupati kepada masyarakat. Menurut Triyono, budaya nyadaran yang telah berlangsung sejak tahun 1955 ini akan terus dipelihara oleh masyarakat nelayan, sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Allah SWT dan sebagai bagian dari bentuk permohonan kepada Allah SWT agar masyarakat diberi kelimpahan rejeki, sehat dan selalu mendapatkan perlindungan dari-Nya.

Larung sesaji, kini sudah merupakan bagian dari perhelatan pesta rakyat. Masyarakat menyambut pesta rakyat ini dengan gegap gempita. Pergelaran musik dangdut, wayang golek, wayang kulit ruwatan, dan wayang kulit dengan mengundang dalang kondang dari luar kota merupakan bagian lain yang tak bisa dipisahkan dari tradisi nyadran.  “ Tahun ini kita menghadirkan dalang dari Kartosuro yaitu ki dalang Bayu Aji Anom Suroto”, ungkap Triyono.  (bk/kominfo)

 

BERITA LAINNYA

 
Kamis, 14 Desember 2017 11:49:22
SELANGKAH LAGI PERSIK DI LIGA 2 INDONESIA

KENDAL - Laga Liga 3 Indonesia kembali digelar di Stadion Utama Kendal, Rabu (13/12) siang. Yakni mempertandingkan Persik Kendal berhadapan dengan Persitangsel Tangeran. Pada laga tersebut, Persik Kendal mampu membantai...

Selengkapnya
 
Kamis, 14 Desember 2017 11:22:34
MEMBANGUN AKHIRAT DENGAN ZAKAT

Kendal %u2013 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kendal menggelar Sosialisasi dan Edukasi Zakat bagi ASN ( Aparatur Sipil Negara) Kabupaten Kendal mengangkat tema Peran dan Tanggung Jawab Pemerintah Dalam...

Selengkapnya
 
Selasa, 12 Desember 2017 16:51:11
ADUAN MASYARAKAT KENDAL BERGESER DARI INFRASTRUKTUR KE PELAYANAN PUBLIK

KENDAL - Kanal aduan masyarakat di Pemkab Kendal yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika yang awalnya didominasi soal infrastruktur, kini beralih ke soal pelayanan publik sebagai pemuncak aduan masyarakat.

Selengkapnya
 
Jumat, 08 Desember 2017 11:35:48
PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA, KPA KABUPATEN KENDAL GELAR SENAM BERSAMA

KENDAL - Hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Selengkapnya
INDEKS BERITA