Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Kamis, 05 Oktober 2017 12:56:14

LARUNG SESAJI DAN PESTA RAKYAT WARGA KOROWELANG KULON


Bupati Kendal dr. Mirna Annisa M.Si, Kamis (5/10) melepas larung sesaji sedekah laut nelayan, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanggul Malang desa Korowelang Kulon Kecamatan Cepiring, yang dilakukan di TPI setempat. Sesaji yang berupa kepala kambing dan kelengkapannya ini,  usai dilepas Bupati, kemudian diangkut dengan menggunakan perahu nelayan, dibawa ke tengah laut untuk di larung.

Sebelumnya, sesaji yang ditempatkan pada perahu mini tersebut, terlebih dahulu disemayamkan di balai desa Korowelang Kulon.Selanjutnya, sesaji diarak oleh masyarakat bersama  Bupati Mirna Annisa dan rombongan dengan berjalan kaki, menuju ke TPI Tanggulmalang, yang menempuh perjalanan sepanjang 1,5 kilo meter. Panitia sebenarnya sudah menyiapkan becak hias yang khusus di persiapkan untuk bupati, dalam perjalanannya menuju TPI. Akan tetapi karena Mirna Annisa berkeinginan berjalan kaki bersama-sama masyarakat, maka becak hias tersebut akhirnya cukup mengikuti bersama-sama dengan rombongan arak-arakan lainnya. 

Di tengah perjalanan, Bupati Mirna Annisa didaulat untuk melaunching kampung KB Dusun Tambaksari Desa Korowelang Kulon, yang ditandai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon udara. Antusias masyarakat yang menyambut Bupati dengan mengajak swafoto/selfie sempat memperlambat perjalanan Mirna Annisa menuju lokasi pelepasan sesaji.  

Mirna Annisa menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat desa Korowelang Kulon dan sekitarnya yang telah secara turun temurun memelihara budaya nyadran. Bagi Mirna budaya sadranan oleh masyarakat ini, tidak hanya sekedar perhelatan budaya, akan tetapi juga merupakan bagian dari do’a masyarakat agar diberi kelebihan rejeki, keselamatan dan kesehatan oleh Allah SWT.  Dan karena pelaksanaannya, bertepatan dengan  peringatan hari TNI ke 72, bupati juga menyampaikan ucapan selamat kepada jajaran TNI,  yang disambut dengan aplaus meriah oleh  masyarakat.

Triyono Kades Korowelang Kulon mengatakan, kehadiran Bupati dan rombongan dianggap sebagai bentuk perhatian dan penghargaan bupati kepada masyarakat. Menurut Triyono, budaya nyadaran yang telah berlangsung sejak tahun 1955 ini akan terus dipelihara oleh masyarakat nelayan, sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Allah SWT dan sebagai bagian dari bentuk permohonan kepada Allah SWT agar masyarakat diberi kelimpahan rejeki, sehat dan selalu mendapatkan perlindungan dari-Nya.

Larung sesaji, kini sudah merupakan bagian dari perhelatan pesta rakyat. Masyarakat menyambut pesta rakyat ini dengan gegap gempita. Pergelaran musik dangdut, wayang golek, wayang kulit ruwatan, dan wayang kulit dengan mengundang dalang kondang dari luar kota merupakan bagian lain yang tak bisa dipisahkan dari tradisi nyadran.  “ Tahun ini kita menghadirkan dalang dari Kartosuro yaitu ki dalang Bayu Aji Anom Suroto”, ungkap Triyono.  (bk/kominfo)

 

BERITA LAINNYA

 
Rabu, 18 Oktober 2017 17:43:21
DESA SUROKONTO WETAN PANEN RAYA PADI VARIETAS INPAGO UNSOED 1

Panen Raya Padi Varietas Inpago Unsoed 1 di Desa Surokonto Wetan Kecamatan Pageruyung pagi tadi (Rabu 18 Oktober 2017) dimulai oleh Bupati Kendal dr Mirna Annisa MSi didampingi Komandan Kodim 0715 Kendal Letkol Czi Hendro Edi...

Selengkapnya
 
Rabu, 18 Oktober 2017 15:25:56
MOH TOHA DILANTIK MENJADI SEKDA MENGGANTIKAN BAMBANG DWIYONO

Bupati Kendal dr. Mirna Annisa M.Si, siang ini Rabu (18/10) mengambil sumpah jabatan dan melantik pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilangsungkan di...

Selengkapnya
 
Selasa, 17 Oktober 2017 18:30:59
DANA SOSIAL UPK MANFAAT KECAMATAN PATEAN DISALURKAN

Dana sosial Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Manfaat Kecamatan Patean sekitar Rp 90 juta disalurkan kepada 180 Rumah Tangga Miskin (RTM) penerimaan manfaat di 14 desa. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Camat Patean Yanuar...

Selengkapnya
 
Sabtu, 14 Oktober 2017 12:07:43
PANWAS HARUS INDEPENDEN, TAK DISKRIMINATIF, JUJUR, DAN ADIL

Sebanyak 60 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) diambil sumpah dan dilantik Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) Kabupaten Kendal Ubaidillah S Ag MH di Hotel Sae inn Kendal Sabtu 14 Oktober 2017. Tampak hadir...

Selengkapnya
INDEKS BERITA