Berita Terkini


WABUP : TANGGULANGI KEMISKINAN, CARI DAN ATASI PENYEBAB BUKAN MEMBERI

Rabu, 06 Desember 2017 15:33:51

KENDAL - Kemiskinan bisa diatasi dengan mencari penyebab dan mengatasi penyebab itu dan bukan dengan memberi bantuan tanpa melihat penyebabnya. hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kendal Drs. Masrur Masykur saat membuka Rakor TKPKD Kabupaten Kendal "Sinergitas Program kegiatan dan Prioritas Sasaran Lokasi Penanggulangan Kemiskinan Di Kabupaten Kendal", Rabu (6/12) di Pendopo Pemkab Kendal.

"Penanggulangan kemiskinan selama ini kebanyakan keluar dari frame. Tidak berangkat dari kondisi riil mata pencaharian dan potensi daerah. Misalkan, diajari wirausaha yang tidak ada hubungannya dengan pertanian atau diberi bantuan langsung tunai dan sejenisnya," terang Wabup.

Petani, peternak dan nelayan dengan pola tradisonal, dikatakan Wabup, bisa diberi pelatihan agar berpola industri dan strategis. Kabupaten Kendal harus segera melakukan hal tersebut mengingat pada 2019 seluruh Kabupaten Kendal ditarget bebas kemiskinan.

Rakor TKPKD kali ini, menurut Kepala Baperlitbang, Winarno, SH, MM, mendasari pentingnya usaha untuk melakukan akselerasi / percepatan penanggulangan kemiskinan untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Kendal. percepatan penanggulangan kemiskinan tersebut membutuhkan peran koordinasi aktif yang dijalankan oleh TKPKD serta intervensi program / kegiatan OPD dan stake holder lainnya yang fokus dan tepat sasaran yang diarahkan pada wilayah prioritas penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kendal.

Rakor diharapkan bakal meningkatkan komitmen serta motivasi segenap pemangku kepentingan untuk memberikan kontribusi nyata terhadap upaya mengatasi kemiskinan sehingga upaya mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kendal segera terwujud.

Selain itu diharapkan data prioritas sasaran lokasi penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kendal bisa dijadikan pedoman oleh semua OPD dan stakeholder terkait penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kendal.

Rakor TKPKD menghadirkan narasumber Arif Budianto, M.Si, Kasubid Pemberdayaan Masyarakat Desa Bappeda Provinsi Jawa Tengah dan KH. Moch. Ubaidi, S.PdI dari Baznas Kabupaten Kendal. ( heDJ / Kominfo )

 

 

 


Indeks Berita