Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Kamis, 07 Desember 2017 13:46:05

BUPATI KENDAL LAUNCHING PROGRAM ONE STUDENT ONE POLYBAG


KENDAL - Program inovative terkait ketahanan pangan diluncurkan Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si, Kamis (7/12) di SMP Negeri 1 Kendal. Bupati menamainya One Student One Polybag ( satu siswa menanam 3 benih padi dalam satu polybag ), yakni program menanam padi di wadah polybag bagi setiap siswa SD dan SMP mulai 7 Desember 2017.

"Program ini menjadi contoh supaya siswa - siswa kembali ke kultur yang seharusnya mereka pahami yakni mengenal asal usul apa yang mereka gunakan atau konsumsi. Kegiatan menanam padi merupakan mata pelajaran yang termasuk muatan lokal jadi tidak mengganggu siswa dalam belajar, namun justru bisa menambah ketrampilan siswa," jelas Mirna.

Menurut Bupati, bibit padi yang ditanam siswa di setiap SD dan SMP jumlahnya bervariasi sesuai dengan jumlah siswa tiap sekolah. Nantinya apabila sudah dipanen hasilnya akan dibeli Pemkab Kendal dan dimanfaatkan untuk membantu siswa yang kekurangan dan memberikan efek positif atau suppport bagi siswa berprestasi namun dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Usai me-launching program tanam padi di sekolah, Bupati Kendal melakukan panen bersama secara simbolis padi yang ditanam dalam kaleng - kaleng cat bekas. Padi yang ditanam tersebut merupakan hasil penanaman usai Hari Raya Idul Fitri tahun 2017.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kendal Ir. Dyah Aning Budiarti mengatakan, program tanam padi di SD dan SMP di Kabupaten Kendal bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan dengan penanaman padi tidak hanya di sawah namun juga di pekarangan sekolah. Selain itu juga untuk mengenalkan siswa pada dunia pertanian dan menumbuhkan Sumber Daya Manusia dalam bidang pertanian lantaran generasi muda masa kini tidak banyak yang tertarik pada dunia pertanian.

Program tanam padi di polybag menggunakan bibit padi varietas Situ Bagendhit dan IR 32. Petugas PPL dari Dinas Pertanian nantinya akan memberikan bimbingan pada para siswa. ( heDJ / Kominfo 2017 )

 

BERITA LAINNYA

 
Selasa, 18 September 2018 14:15:37
WABUP MASRUR : KEMAUAN, KOMITMEN DAN KERJA NYATA UNTUK KURANGI KEMISKINAN

KENDAL - Kemiskinan merupakan masalah yang harus ditanggulangi dan menjadi masalah yang sumpang siur terkait data yang belum tersinkron dengan baik. Data dan pemetaan kemiskinan mesti dioptimalkan dengan baik. Oleh karena itu...

Selengkapnya
 
Senin, 17 September 2018 15:47:52
Pemukulan Gong dan Penyalaan Kembang Api Menandai Pembukaan Kendal Expo

Pemukulan Gong sebanyak 3 kali sebagai tanda dimulainya Kendal Expo 2018. Langit di atas Stadion Utama Kebondalem Kendal, Sabtu malam itu, (15/9), sesaat kemudian, menyala penuh dengan aneka warna cahaya yang terburai. Sesi...

Selengkapnya
 
Senin, 17 September 2018 06:41:12
PG.Tjepiring Mulai Produksi Gula, Tradisi Wiwitan Dihidupkan Kembali

Kendal ~ Setelah berhenti produksi beberapa tahun, kini PG. Tjepiring sekarang PT. IGN Cepiring Kendal menghidupkan kembali tradisi Wiwitan untuk mengawali proses produksi giling tebu.

Selengkapnya
 
Minggu, 16 September 2018 21:57:32
Bupati Mirna Annisa Berharap Tiap DEsa Ada Tempat Layanan Simpanan Bank

Kendal ~ Bupati Kendal dr Mirna Annisa berharap agar di setiap desa ada tempat pelayanan jasa simpanan dari Bank BRI. Hal itu akan lebih memudahkan masyarakat karena lebih dekat dengan domisili atau tempat tinggalnya.

Selengkapnya
INDEKS BERITA