Berita Terkini


BUPATI KENDAL LAUNCHING PROGRAM ONE STUDENT ONE POLYBAG

Kamis, 07 Desember 2017 13:46:05

KENDAL - Program inovative terkait ketahanan pangan diluncurkan Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si, Kamis (7/12) di SMP Negeri 1 Kendal. Bupati menamainya One Student One Polybag ( satu siswa menanam 3 benih padi dalam satu polybag ), yakni program menanam padi di wadah polybag bagi setiap siswa SD dan SMP mulai 7 Desember 2017.

"Program ini menjadi contoh supaya siswa - siswa kembali ke kultur yang seharusnya mereka pahami yakni mengenal asal usul apa yang mereka gunakan atau konsumsi. Kegiatan menanam padi merupakan mata pelajaran yang termasuk muatan lokal jadi tidak mengganggu siswa dalam belajar, namun justru bisa menambah ketrampilan siswa," jelas Mirna.

Menurut Bupati, bibit padi yang ditanam siswa di setiap SD dan SMP jumlahnya bervariasi sesuai dengan jumlah siswa tiap sekolah. Nantinya apabila sudah dipanen hasilnya akan dibeli Pemkab Kendal dan dimanfaatkan untuk membantu siswa yang kekurangan dan memberikan efek positif atau suppport bagi siswa berprestasi namun dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Usai me-launching program tanam padi di sekolah, Bupati Kendal melakukan panen bersama secara simbolis padi yang ditanam dalam kaleng - kaleng cat bekas. Padi yang ditanam tersebut merupakan hasil penanaman usai Hari Raya Idul Fitri tahun 2017.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kendal Ir. Dyah Aning Budiarti mengatakan, program tanam padi di SD dan SMP di Kabupaten Kendal bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan dengan penanaman padi tidak hanya di sawah namun juga di pekarangan sekolah. Selain itu juga untuk mengenalkan siswa pada dunia pertanian dan menumbuhkan Sumber Daya Manusia dalam bidang pertanian lantaran generasi muda masa kini tidak banyak yang tertarik pada dunia pertanian.

Program tanam padi di polybag menggunakan bibit padi varietas Situ Bagendhit dan IR 32. Petugas PPL dari Dinas Pertanian nantinya akan memberikan bimbingan pada para siswa. ( heDJ / Kominfo 2017 )

 


Indeks Berita