Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Kamis, 07 Desember 2017 16:23:41

KENDAL GELAR SEMINAR KAJIAN AKADEMIK LOGO DAERAH


KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal, Kamis (7/12) di Pendopo Pemkab, menggelar Seminar Kajian Akademik Logo Daerah terkait dinamika masyarakat yang mempertanyakan logo saat ini.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh. Toha, ST, MT, Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si mengatakan, kegiatan seminar tersebut merupakan tindak lanjut jajak pendapat masyarakat Kabupaten Kendal soal logo daerah, agar mendapatkan kajian akademik secara ilmiah, independen dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Semoga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai bahan rekomendasi terhadap Logo Daerah yang memang benar-benar memiliki roh (jiwa), yang dapat dijadikan sebagai ikon dan dorongan semangat warga masyarakat dalam membangun dan memajukan Kabupaten Kendal," kata Sekda.

Diuraikannya, logo daerah memiliki makna filosofi yang sangat mendalam bagi perjalanan daerah baik pada saat dahulu, saat ini maupun pada masa-masa mendatang. Logo daerah merupakan indentitas wilayah / daerah yang mengandung nilai-nilai sejarah, potensi wilayah, tentang masa depan dan semboyan yang disimbolkan dalam bentuk gambar yang bermakna filosofis, sehingga terbentuklah logo dengan ciri-ciri spesifik.

Kabupaten Kendal telah memiliki lambang atau logo. Lambang tersebut didasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Kendal tanggal 15 Juni 1967 dan disahkan secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri tertanggal 29 Nopember 1969. Diundangkan tanggal 23 Mei 1970. Selanjutnya, dilakukan perubahan Logo Daerah yang didasarkan pada Perda Kabupaten Kendal Nomor 21 Tahun 2011 tentang Logo Daerah.

Selanjutnya, harus disadari bahwa lambang / logo daerah merupakan representasi kebudayaan masyarakatnya. Oleh karena itu, masyarakat mengalami perubahan dalam sistem sosial dan nilai budayanya, maka lambang atau logo suatu daerah seperti yang dimiliki oleh Kabupaten Kendal dapat dilakukan perubahan-perubahan disesuaikan dengan keinginan masyarakatnya. Perubahan itu didasarkan banyak petimbangan, misalnya pertimbangan tafsir baru dalam memahami sejarah dan kebudayaan masyarakatnya.

Untuk diketahui, bahwa Logo Daerah Kabupaten Kendaltersebut untuk dipergunakan simbol kebesaran dan kehormatan daerah serta memiliki nilai kesakralan di Kabupaten Kendal serta dipergunakan untuk kegiatan administrasi pemerintah sehari-hari.

Oleh karena dalam perjalanannya Logo Daerah Kabupaten Kendal harus sesuai dengan perubahan dan perkembangan jaman serta sistem ketatapemerintahan dan ketatanegaraan, maka kita pandang perlu juga untuk melakukan langkah-langkah kajian atau peninjauan kembali keberadaan logo daerah.  

"Pada kesempatan ini, saya berharap kepada Bapak-Ibu semua agar melakukan penyelidikan atau penilitian yang lebih mendalam tentang apa, mengapa, bagaimana logo daerah kita buat. Dan apa, mengapa, bagaimana pula logo daerah ini perlu ditinjau kembali," ucap Sekda.

Pendapat, masukan, telaahan dari Bapak, Ibu, Saudara-saudara semua terhadap logo daerah menjadi sangat penting, sebagai bentuk kontribusi pada daerah dan sebagai bentuk kepedulian serta merupakan bagian dari rasa ikut memiliki daerah yang kita cintai bersama. Muaranya tidak lain adalah untuk kepentingan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Kendal. 

Sementara, narasumber yang hadir antara lain Muh. Yulianto, pakar politik dari Undip dari Tim Pengkaji Fisipol Undip dan Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin, Ketua Program S2 magister Ilmu Politik Undip. Seminar diikuti berbagai kalangan diantaranya tokoh masyarakat, tokoh agama, budayawan dan eemen masyarakat lainnya. ( heDJ / Kominfo )

 

BERITA LAINNYA

 
Senin, 19 Februari 2018 17:23:33
PERBUB KENDAL NO 51 TAHUN 2017 SOAL SOAL PERANGKAT DESA DIBEDAH

KENDAL - Persoalan pengangkatan perangkat desa di Kabupaten Kendal kembali dibahas kali ini dengan menghadirkan Drs. Ahmad Muqowam, Ketua Komite 1 Dewan Perwakilan Daerah sebagai narasumber. Kegiatan "Bedah Perbup No 51 Tahun...

Selengkapnya
 
Senin, 19 Februari 2018 16:40:42
PERUSAHAAN DAERAH YANG MAMPU BERTAHAN, MENOPANG EKONOMI DAERAH

KENDAL - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dituntut tidak hanya mengedepankan keuntungan saja, namun mampu menunjukan kepada dunia menjadi perusahaan yang sustainable. Wakil Bupati Kendal Drs. Maskur Masykur mengatakan hal...

Selengkapnya
 
Senin, 19 Februari 2018 15:45:40
BUPATI KENDAL TETAPKAN SEKDA TOHA JADI KETUA DEWAN PENGAWAS PDAM KENDAL

KENDAL - Kinerja Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD ) perlu diarahkan dan diawasi supaya terus berkembang dan mengahsilkan keuntungan yang signifikan terutama untuk mendongkrak PAD. Oleh karena itu, Bupati Kendal dr. Mirna...

Selengkapnya
 
Minggu, 18 Februari 2018 12:01:43
SEKDA CEKING LOKASI RUMAH ROBOH MAGELUNG DAN PROTOMULYO

KENDAL - Sabtu pagi (17/02) Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh Toha ST MSi selaku ex ofisio Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal melakukan ceking lokasi ke beberapa rumah roboh karena bencana...

Selengkapnya
INDEKS BERITA