Berita Terkini


USAI DIKLAT PRAJAB, BIDAN DITUNTUT JADI PNS PROFESIONAL BERJIWA MELAYANI

Kamis, 22 Februari 2018 16:33:25

KENDAL - Sejumlah 30 bidan dari Puskesmas di Kabupaten Kendal telah mengikuti kegiatan Diklat Prajabatan CPNS Bidan Golongan II Angkatan XLII Pola Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kendal dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 dari tanggal 13 hingga 22 Pebruari selama 78 jam pelajaran.

Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Kepala BKPP Agus Dwi Lestari, SIp, M.Si mengatakan, hari yang ditunggu-tunggu oleh peserta diklat prajabatan CPNS Bidan Golongan II telah tiba, yaitu hari penutupan. Tentu saja momentum ini menjadi membahagiakan, bukan saja karena seluruh rangkaian diklat sudah dapat dilaksanakan, melainkan juga karena setelah prajabatan ini, maka seluruh peserta akan segera mendapatkan pengakuan sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ucapan "Selamat" Disampaikan Bupati Mirna pada para peserta diklat prajabat Bidan golongan II yang telah menempuh Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Tahun 2018.

Begitu juga kepada para tenaga pengajar (widyasiswara), pembimbing dan pengasuh/binsuh serta semua pihak, Bupati Mirna menyampaikan atas pengajaran dan pendidikan yang  diajarkan selama pelaksanaan Diklat Prajabatan ini, sehingga di masa yang akan datang hubungan kemitraan ini akan tetap terjaga dan terpelihara.

Menurut Bupati yang akrab disapa mbak Mirna tersebut mengatakan, pelaksanaan Diklat ini sebagai langkah awal dalam mengarungi tugas sebagai Aparatur Sipil Negara yang jujur, disiplin, profesional, amanah dan bermental pelayanan, serta dapat mengutamakan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi. 

Dalam sambutannya, Bupati Kendal menyampaikan pesan dan harapan supaya alumni diklat diharapkan dapat menerapkan hasil-hasil yang diperoleh selama mengikuti Diklat Prajabatan, dalam pelaksanaan pekerjaan baik yang bersifat Administrasi Pemerintahan, Pembangunan fisik maupun pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam melayani bidang kesehatan. Karena penyelenggaraan Diklat Prajabatan akan berakhir sia-sia apabila semua teori dan penanaman nilai-nilai sebagai seorang Aparatur Pemerintah ternyata tidak diimplementasikan dalam dunia pekerjaan secara nyata sehari-hari.

Selain itu juga harus memiliki mental yang tangguh dan tidak mudah menyerah ataupun putus asa dalam menghadapi setiap tentangan yang ada, sehingga setiap pekerjaan yang dihadapi mempu diselesaikan secara akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan dengan baik secara administrasi maupun secara moral.

Kemudian, menjadi Pegawai Negeri Sipil yang memiliki etika dan budi pekerti yang baik, peduli terhadap permasalahan yang terjadi, selalu mengambil sikap “jemput bola” terhadap hal-hal yang diperlukan serta memiliki kejujuran dan kedisiplinan yang tinggi, baik disiplin dalam hal waktu bekerja maupun disiplin terhadap pelaksanaan tugas-tugas kedinasan, tanpa ada keluhan dari masyarakat.

Selanjutnya Bidan yang telah menjalani diklat prajab harus mampu menjalin kebersamaan dan kerjasama dengan melakukan koordinasi integrasi, singkronisasi dan harmonisasi antar unit kerja, sehingga agar tetap sinergis di Puskesmas masing - masing.

Harapan lainnya, para bidan Puskesmas tersebut harus bersikap arif dan bijaksana serta profesional dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

Kemudian sebagai  panutan di masyarakat, bidan mesti mampu memberikan contoh dan teladan bagi masyarakat dan Pegawai Negeri Sipil yang lain, termasuk mampu menjadi perekat dan pemersatu di lingkungan kerja maupun kehidupan masyarakat. ( Kominfo / heDJ )

 


Indeks Berita