Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Selasa, 08 Mei 2018 21:34:42

KENDAL TANDATANGANI MOU 100 SMART CITY


JAKARTA - Kabupaten Kendal yang termasuk dalam 100 kabupaten / kota di Indonesia yang siap mengikuti rangkaian kegiatan yang bertujuan mendorong pemanfaatan teknologi dalam menjawab permasalahan sekaligus mendorong potensi di masing-masing daerah.

Bersama dengan 49 daerah kabupaten / kota, Kabupaten Kendal, Selasa (8/5/2018)  menandatangani nota kesepahaman mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua, di Hotel Red Top Jakarta.

Hasil dari Gerakan Menuju 100 Smart City ini adalah terbentuknya master plan yang memuat rencana pembangunan smart city masing-masing kota/kabupaten dalam lima hingga 10 tahun kedepan.

"Smart city bukan semata-mata belanja teknologi, tapi kita harus definisikan dulu manfaat apa yang akan diberikan pada masyarakat, baru kemudian mencari teknologi yang relevan," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dalam sambutannya dalam perhelatan tersebut di Hotel Redtop Jakarta Pusat.

Menurutnya dengan mendefiniskan apa yang akan diberikan membuat setiap inisiatif terkait smart city bisa langsung dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Gerakan Menuju Smart City ini sudah digulirkan sejak tahun 2017 lalu yang diikuti 25 kota/kabupaten, dengan 50 kota/kabupaten yang bergabung pada hari ini membuat total peserta berjumlah 75 kota/kabupaten.

Untuk tahun depan rencananya akan melibatkan 25 kota/kabupaten lain, yang mengartikan ajan ada 100 kota/kabupaten di Indonesia yang akan memiliki master plan pembangunan smart city.

Gerakan Menuju 100 Smart City ini didorong dari data Bappenas yang memperkirakan pada tahun 2045 jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 318 juta jiwa dan dari jumlah tersebut 67,1% akan hidup di area perkotaan.

Program ini diinisiasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika yang didukung kementrian terkait seperti Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Keuangan, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan.

Sementara itu, Kabupaten Kendal telah mulai merintis program smart city antara lain dengan smart PJU ( Penerangan Jalan Umum ) dan pembinaan Bakohumas, Desa On LIne, Unit Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (UP4), Ijin Usaha On LIne dan Hot Spot internet di berbagai titik.

Upaya nyata yang telah dilaksanakan Pemkab Kendal menuju Smart City antara lain pengelolaan desa online yg memiliki website desa dengan penerapan aplikasi SIDeka yang akan dilanjutkan dengan pendaftaran domain desa.id ke Kementerian Kominfo. Hal ini penting karena untuk membangun Indonesia dari pinggiran memerlukan data yang akurat dari desa. Jadi desa adalah sumber data.

Unit Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (UP4) yang dilaunching pada Hari Jadi Kendal 28 Juli lalu kini telah menjadi kanal aduan masyarakat yang langsung terintegrasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi serta Staf Kepresidenan dan Ombusman di lapor.go.id. Hasilnya pada tahun 2017 ini Kabupaten Kendal menjadi salah satu nominator yang akan menmdapat penghargaan pada tahun 2018 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi.

Hampir semua OPD kini memiliki website. Dinas Perhubungan sudah menggunakan smart LED. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sudah menggunakan ijin usaha online.

Setelah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pada tahun 2018 akan dilakukan interoperabilitas data kependudukan dengan data lain, untuk mewujudkan Single Data Sistem dan Open Data. Sehingga dapat diintegrasikan e-Planing, e-bugetting, dan e-Billing. Begitu pula Badan Keuangan Daerah akan menerapkan pembayaran non tunai. ( heDJ )






BERITA LAINNYA

 
Selasa, 22 Mei 2018 13:00:39
BUKA PUASA DAN TARAWIH KELILING PUTARAN PERTAMA DI MASJID AL-AQSHA

Kendal ~ Mengawali putaran pertama kegiatan Buka Puasa Bersama dan Tarawih Keliling di wilayah Kabupaten Kendal, (21/5), Bupati Kendal Mirna Annisa dan jajaran forkopimda menjalankan sholat maghrib berjamaah di masjid Al...

Selengkapnya
 
Senin, 21 Mei 2018 14:37:52
BIMTEK KOMINFO TINGKATKAN PELAYANAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI PUBLIK

Yogyakarta ~ Badan publik wajib menyampaikan informasi agar masyarakat mengetahui kebijakan pemerintah dan DPRD mulai dari perencanaan, proses pengambilan keputusan dan latar belakang kebijakan. Dengan demikian masyarakat...

Selengkapnya
 
Minggu, 20 Mei 2018 15:08:11
IKA SAMNIK '90 BANTU 400 PAKET SEMBAKO

Rowosari - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah. Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim dan banyak yang menyebutnya sebagai bulan seribu bulan. Di bulan...

Selengkapnya
 
Kamis, 17 Mei 2018 15:34:12
PAWAI KARNAVAL KABUPATEN KENDAL BAKAL DIPUSATKAN DI BOJA

Kendal ~ Salah satu event menarik yang ditunggu-tunggu masyarakat pada moment HUT Proklamasi Kemerdekaan RI dan Peringatan Hari Jadi di Kabupaten Kendal adalah kegiatan Pawai Karnaval. Menurut Ketua Panitia yang juga Asisten...

Selengkapnya
INDEKS BERITA