Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Selasa, 08 Mei 2018 21:34:42

KENDAL TANDATANGANI MOU 100 SMART CITY


JAKARTA - Kabupaten Kendal yang termasuk dalam 100 kabupaten / kota di Indonesia yang siap mengikuti rangkaian kegiatan yang bertujuan mendorong pemanfaatan teknologi dalam menjawab permasalahan sekaligus mendorong potensi di masing-masing daerah.

Bersama dengan 49 daerah kabupaten / kota, Kabupaten Kendal, Selasa (8/5/2018)  menandatangani nota kesepahaman mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua, di Hotel Red Top Jakarta.

Hasil dari Gerakan Menuju 100 Smart City ini adalah terbentuknya master plan yang memuat rencana pembangunan smart city masing-masing kota/kabupaten dalam lima hingga 10 tahun kedepan.

"Smart city bukan semata-mata belanja teknologi, tapi kita harus definisikan dulu manfaat apa yang akan diberikan pada masyarakat, baru kemudian mencari teknologi yang relevan," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dalam sambutannya dalam perhelatan tersebut di Hotel Redtop Jakarta Pusat.

Menurutnya dengan mendefiniskan apa yang akan diberikan membuat setiap inisiatif terkait smart city bisa langsung dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Gerakan Menuju Smart City ini sudah digulirkan sejak tahun 2017 lalu yang diikuti 25 kota/kabupaten, dengan 50 kota/kabupaten yang bergabung pada hari ini membuat total peserta berjumlah 75 kota/kabupaten.

Untuk tahun depan rencananya akan melibatkan 25 kota/kabupaten lain, yang mengartikan ajan ada 100 kota/kabupaten di Indonesia yang akan memiliki master plan pembangunan smart city.

Gerakan Menuju 100 Smart City ini didorong dari data Bappenas yang memperkirakan pada tahun 2045 jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 318 juta jiwa dan dari jumlah tersebut 67,1% akan hidup di area perkotaan.

Program ini diinisiasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika yang didukung kementrian terkait seperti Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Keuangan, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan.

Sementara itu, Kabupaten Kendal telah mulai merintis program smart city antara lain dengan smart PJU ( Penerangan Jalan Umum ) dan pembinaan Bakohumas, Desa On LIne, Unit Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (UP4), Ijin Usaha On LIne dan Hot Spot internet di berbagai titik.

Upaya nyata yang telah dilaksanakan Pemkab Kendal menuju Smart City antara lain pengelolaan desa online yg memiliki website desa dengan penerapan aplikasi SIDeka yang akan dilanjutkan dengan pendaftaran domain desa.id ke Kementerian Kominfo. Hal ini penting karena untuk membangun Indonesia dari pinggiran memerlukan data yang akurat dari desa. Jadi desa adalah sumber data.

Unit Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (UP4) yang dilaunching pada Hari Jadi Kendal 28 Juli lalu kini telah menjadi kanal aduan masyarakat yang langsung terintegrasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi serta Staf Kepresidenan dan Ombusman di lapor.go.id. Hasilnya pada tahun 2017 ini Kabupaten Kendal menjadi salah satu nominator yang akan menmdapat penghargaan pada tahun 2018 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi.

Hampir semua OPD kini memiliki website. Dinas Perhubungan sudah menggunakan smart LED. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sudah menggunakan ijin usaha online.

Setelah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pada tahun 2018 akan dilakukan interoperabilitas data kependudukan dengan data lain, untuk mewujudkan Single Data Sistem dan Open Data. Sehingga dapat diintegrasikan e-Planing, e-bugetting, dan e-Billing. Begitu pula Badan Keuangan Daerah akan menerapkan pembayaran non tunai. ( heDJ )






BERITA LAINNYA

 
Sabtu, 18 Agustus 2018 09:18:55
BUPATI MIRNA ANNISA TERIMA PENGHARGAAN LEMBAGA PRESTASI INDONESIA DUNIA

Kendal ~ Tanggal 17 Agustus, benar-benar menjadi hari yang bersejarah tidak hanya bagi negara kita NKRI. Tetapi juga bersejarah bagi Pemerintah Kabupaten Kendal khususnya bagi Bupati Kendal. Pasalnya, Hari itu Jumat malam,...

Selengkapnya
 
Jumat, 17 Agustus 2018 09:07:42
HUT RI KE 73 GUGAH SEMANGAT UNTUK CINTAI DAN BANGUN TANAH AIR DAN BANGSA

KENDAL - Seluruh jajaran elemen pemerintahan, elemen masyarakat dan berbagai kalangan, Jumat (17/8/2018) melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dan Detik - Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 73 di...

Selengkapnya
 
Jumat, 17 Agustus 2018 08:14:17
SETDA KENDAL GELAR UPACARA HUT RI KE 73

KENDAL - Sekretariat Daerah Kabupaten Kendal, Jumat (17/8/2018) menggelar upacara bendera dalam rangka HUT RI Ke 73 untuk lingkungan Setda Kendal. Upacara diikuti segenap Aparatur Sipil Negara di lingkungan Setda dan Kantor...

Selengkapnya
 
Kamis, 16 Agustus 2018 19:43:37
PUJI MUCHLISIN, JUARA I LOMBA PARAMEDIS VETERINER SE JATENG 2018

KENDAL - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, Bidang Peternakan sukses menyabet juara pertama lomba Paramedis Veteriner tingkat Provinsi Jawa Tengah. Lomba yang diwakili oleh Puji Muchlisin, S.P. merupakan agenda rutin...

Selengkapnya
INDEKS BERITA