Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Rabu, 09 Mei 2018 13:27:04

PERTAMA DI INDONESIA, KAMPUNG WARNA KALIWUNGU BERPADU WISATA RELIGI


KENDAL - Kalau di banyak tempat berdiri kampung warna, namun yang satu ini benar - benar berbeda lantaran dipadu dengan wisata religi Kaliwungu Kendal, ziarah para wali penyebar agama Islam pada era Kerajaan Mataram Islam.

Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, MSi yang meresmikan kampung ragam warna tersebut di Kampung Mranggen Desa Kuthoharjo Kecamatan Kaliwungu, Rabu (9/5/2018), mengatakan, keberadaan kampung warna - warni di Kaliwungu merupakan satu - satunya di indonesia yang bersanding dengan wisata religi.

"Kalau yang lain sekedar kampung warna tanpa komibinasi dengan objek wisata lain. Kita harus bangga dengan peningkatan ekonomi kreatif dengan kampung warna ini yang bisa menumbuhkan sentra - sentra ekonomi baru," kata Bupati Mirna.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal maupun pribadi, Bupati Mirna menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Desa dan seluruh warga masyarakat Kutoharjo yang mengerahkan ide dan tenaganya untuk memoles kampung ini menjadi Kampung Ragam Warna Mranggen yang indah dan berwarna-warni. 

Bupati Kendal juga menyampaikan apresiasinya pada PT Pasific Paint yang mendonasikan produk catnya untuk mengecat kampung tersebut dan khususnya pada para blogger yang mempromosikan Kampung Warna Warni Mranggen Kaliwungu di laman internet danjejaring sosial.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Ini menunjukkan tingkat kepedulian bersama yang sangat besar sekali. Melihat keindahan yang dulunya kampung ini biasa-biasa saja, sekarang sungguh indah sekali, warna-warni rumah-rumah dan jalan dicat. Keberadaan kampung ini diharapkan dapat menjadi kawasan wisata baru di Kendal. Warna-warni ini diharapkan dapat menarik dan mengundang ketertarikan banyak orang untuk melihat dan menikmatinya (membuat siapa pun ingin selfie bila berada di kampung ini), serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Dijelaskannya, Pemerintah Kabupaten Kendal sangat mendukung kreativitas yang ditunjukkan oleh warga Kampung Ragam Warna Mranggen menjadi kampung wisata. Selain kampung menjadi indah, juga seluruh warga semakin kreatif, misalnya para pemuda dapat melalukan kegiatan-kegiatan yang positif, juga para Ibu-Ibu yang sudah punya usaha tentunya semakin semangat untuk dikembangkan. Karena ini ide baik, maka saya dukung dan kepada para warga juga mendukungnya, serta yang lebih penting lagi kampung ini agar selalu dirawat dengan baik, kebersihan dan keindahannya.

Sementara, Suryanto Cokro Santosa dari Pacific paint mengatakan, terobosan dan solusi dari implementasi kreativitas seperti di Kampung Ragam Warna Mranggen ini, dapat memberikan dampak positif. Tidak saja bagi pertumbuhan perekonomian, tetapi juga membawa tren positif bagi manajemen pengelolaan Desa Kreatif sehingga dapat mengakselerasi pencapaian pembangunan berkelanjutan.

Kampung Warna Warni di desa yang letaknya merupakan jalur menuju wisata religi Kuntul Mlayang ini merupakan buah pikiran dari Wiwik Wijayanti dan Bambang Suprayogi warga setempat yeng berinisitif supaya kampounngya menjadi tertata rapi dan menarik sehingga menjadi pedukung obyek wisata religi yang telah ada. ( heDJ )

 

 

 

BERITA LAINNYA

 
Selasa, 22 Mei 2018 13:00:39
BUKA PUASA DAN TARAWIH KELILING PUTARAN PERTAMA DI MASJID AL-AQSHA

Kendal ~ Mengawali putaran pertama kegiatan Buka Puasa Bersama dan Tarawih Keliling di wilayah Kabupaten Kendal, (21/5), Bupati Kendal Mirna Annisa dan jajaran forkopimda menjalankan sholat maghrib berjamaah di masjid Al...

Selengkapnya
 
Senin, 21 Mei 2018 14:37:52
BIMTEK KOMINFO TINGKATKAN PELAYANAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI PUBLIK

Yogyakarta ~ Badan publik wajib menyampaikan informasi agar masyarakat mengetahui kebijakan pemerintah dan DPRD mulai dari perencanaan, proses pengambilan keputusan dan latar belakang kebijakan. Dengan demikian masyarakat...

Selengkapnya
 
Minggu, 20 Mei 2018 15:08:11
IKA SAMNIK '90 BANTU 400 PAKET SEMBAKO

Rowosari - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah. Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim dan banyak yang menyebutnya sebagai bulan seribu bulan. Di bulan...

Selengkapnya
 
Kamis, 17 Mei 2018 15:34:12
PAWAI KARNAVAL KABUPATEN KENDAL BAKAL DIPUSATKAN DI BOJA

Kendal ~ Salah satu event menarik yang ditunggu-tunggu masyarakat pada moment HUT Proklamasi Kemerdekaan RI dan Peringatan Hari Jadi di Kabupaten Kendal adalah kegiatan Pawai Karnaval. Menurut Ketua Panitia yang juga Asisten...

Selengkapnya
INDEKS BERITA