Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Selasa, 15 Mei 2018 11:53:22

BUPATI SERIUS TANGANI PROGRAM SMART CITY KABUPATEN KENDAL


KENDAL - 8 Mei 2018 lalu, Pemerintah Kabupaten Kendal bersama dengan 49 kabupaten dan kota lain di Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman ( MoU ) dengan Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementrian Kominfo RI soal Program Gerakan Menuju 100 Smart City. Kendal terpilih menjadi salah satu role model ( teladan ) dalam implementasi Smart City di Indonesia.

Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, MSi didampingi Wakil Bupati Kendal Drs. Masrur Masykur serta Sekretaris Daerah Moh. Toha, ST, MT menyampaikan keseriusannya dan kesiapannya menindaklanjuti MoU tersebut dengan tindakan nyata selanjutnya, Selasa (15/5/2018) pada kegiatan Jumpa Pers "Kabupaten Kendal Menuju Smart City" di Operation Room Kompleks Kantor Bupati Kendal.

"Terkait smart city, Kendal sudah mulai sejak 2016 melakukan aplikasi terkait pelaporan masyarakat ( e - goverment ) dan pada 2018 sudah mulai ditangani serius di Dinas Kominfo. Saya sangat apresiasi dengan antusiasme seluruh jajaran OPD dan masyarakat dalam memanfaatkan program yang ada dengan baik berkenaan dengan smart city tersebut," ujar Bupati Mirna.

Menurut Bupati banyak sekali nantinya yang diaplikasikan di wilayah Kabupaten Kendal dengan adanya smart city. Bupati berharap banyak pihak termasuk masyarakat dan media mendukung apa yang diimpikan, Kabupaten Kendal mendunia.

Sedangkan Wakil Bupati Masrur Masykur menandaskan smart city tidak melulu hanya teknologi namun upaya untuk meningkatkan kesejahterkan masyarakat dan teknologi ( IT ) sebagai alat untuk mempermudah mencapai tujuannnya.

Sementara Kepala Baperlitbang Kendal Winarno, SH, MM mengatakan, latar belakang program smart city dilatarbelakangi adanya tuntutan untuk mewujudkan kota dengan lingkngan tempat tinggal yang layak, adanya kemiskinan, pengangguran termasuk kesenjangan sosial sumberdaya manusia.

"Dalam rangka untuk mewujudkan smart city ini, Pemkab Kendal memiliki strategi makro yakni efisiensi birokrasi dengan teknologi informasi komunikasi; membangun infrastruktur sebagai sarana dan faktor pendukung dan melibatkan masyarakat. Tujuan smart city adalah menciptakan integrasi, sinkronisasi dan sinergitas antar perncanaan, pengembangan smar city dan pemangku kepentingan; menyediakan landasan materi dan implementasi rencana pembangunan yang didasari konsep smart city; menjamin terakomodasinya sasaran pembangunan di RPJMD dan memebentuk pengembangan smart city yang efektif dan efisien," bebernya.

Dijelaskan Winarno, ketika nanti akan melaksanakan smar city, tidak terlepas dari RPJMD Kabupaten Kendal sesuai dengan visi misi Bupati yang telah ada. Pada 2018, Pemkab Kendal bakal membuat masterplan smat city yang diawali dengan diskusi - diskusi untuk menyamakan persepsi. Rancangan smar city meliputi berbagai indikator yakni smart government, smart people, smart economy, smart living, smart mobility dan smart evironment.

"Hal tersebut merupakan landasan awal pembangunan smart city sesuai RPJMD Kabupaten Kendal. Dari enam indikator tersebut ada beberapa yang menjadi prioritas. Tahun 2019 arah kebijakan pembangunan " Kendal Mandiri " dengan fokus ekonomi kerakyatan, penurunan kemiskinan dan penurunan penganguran sekaligus peningkatan partisipasi pemuda," jelasnya.

Menurutnya, dimensi - dimensi tersebut akan yang diprioritaskan adalah smart economy sebagai salah satu komponen utama master plan. Indikator Sumber Daya Manusia, keterpaduan sosial, ekonomi, menejemen, tata kelola pemerintahan, lingkungan hidup, transportasi, perencanaan kota dan hubungan internasional sebagai faktor pendukung.

Dalam kegiatan jumpa pers tersebut, para wartawan menyampaikan beberapa masukan dan pertanyaan yang berkisar ke soal kesiapan desa on line, teknologi smar city, tata kota, parkir, smart PJU dan penanganan sungai. ( heDJ )

 

 

 

 

BERITA LAINNYA

 
Selasa, 22 Mei 2018 13:00:39
BUKA PUASA DAN TARAWIH KELILING PUTARAN PERTAMA DI MASJID AL-AQSHA

Kendal ~ Mengawali putaran pertama kegiatan Buka Puasa Bersama dan Tarawih Keliling di wilayah Kabupaten Kendal, (21/5), Bupati Kendal Mirna Annisa dan jajaran forkopimda menjalankan sholat maghrib berjamaah di masjid Al...

Selengkapnya
 
Senin, 21 Mei 2018 14:37:52
BIMTEK KOMINFO TINGKATKAN PELAYANAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI PUBLIK

Yogyakarta ~ Badan publik wajib menyampaikan informasi agar masyarakat mengetahui kebijakan pemerintah dan DPRD mulai dari perencanaan, proses pengambilan keputusan dan latar belakang kebijakan. Dengan demikian masyarakat...

Selengkapnya
 
Minggu, 20 Mei 2018 15:08:11
IKA SAMNIK '90 BANTU 400 PAKET SEMBAKO

Rowosari - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah. Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim dan banyak yang menyebutnya sebagai bulan seribu bulan. Di bulan...

Selengkapnya
 
Kamis, 17 Mei 2018 15:34:12
PAWAI KARNAVAL KABUPATEN KENDAL BAKAL DIPUSATKAN DI BOJA

Kendal ~ Salah satu event menarik yang ditunggu-tunggu masyarakat pada moment HUT Proklamasi Kemerdekaan RI dan Peringatan Hari Jadi di Kabupaten Kendal adalah kegiatan Pawai Karnaval. Menurut Ketua Panitia yang juga Asisten...

Selengkapnya
INDEKS BERITA