Berita Terkini


DISKOMINFO KOTA PEKALONGAN STUDI TIRU UNIT PELAYANAN DAN PENGADUAN KENDAL

Rabu, 06 Juni 2018 13:23:29

KENDAL - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekalongan dipimpin Kepala Dinas Dr. Sri Budi Santosa, Rabu (6/6/2018) mengunjungi Kantor Unit Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Dinas Kominfo Kabupaten Kendal dan diterima Wakil Bupati Kendal Drs. Masrur Masykur didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal Drs. Muryono, SH, Mpd.

Wabup Masrur dalam sambutannya, mengatakan, merupakan suatu kehormatan bahwa Kota Pekalongan yang lebih maju belajar atau studi tiru soal pengeloaan pengaduan dan pelayanan Publik di Kabupaten Kendal.

"Kita sebagai birokrat yang melayani masyarakat akan terus berbenturan dengan berbagai persoalan, keluhan dan usulan masyarakat yang semakin banyak, sehingga memunculkan keinginan untuk segera membentuk UP4 (Unit Pengeloalaan Pengaduan Pelayanan Publik ) pada 28 JUli 2017 untuk menampung berbagai masukan dan aduan masyarakat untuk kami pecahkan bersama. Dan secara sistem sudah terbentuk baik sehingga banyak mendapat apresiasi dan secara kuantitas sudah baik dan secara kualitas terus kami perbaiiki," ungkap Wabup.

Masrur juga mengajak semua pihak khususnya Diskominfo Kabupaten Kendal dan Kota Pekalongan untuk belajar bersama memecahkan permasalahan di masyarakat dan memberi solusi yang baik.

"Kita bangun bersama, kaji bersama, saling isi mengisi saling gethok tular pemecahan masalah yang umum pada masyarakat Pantai Utara Jawa seperti Kendal dan Kota Pekalongan," ajak Wabup Kendal.

Sementara Dr. Sri Budi Santosa mengaku, kedatangannya beserta rombongan, hendak belajar pengelolaan pengaduan pelayanan kepada masyarakat pada Pemkab Kendal lantaran di Jawa Tengah UP4 Kabupaten Kendal termasuk best practices.

"Kami sengaja datang ke UP4 Kendal untuk belajar mencari format yang tepat untuk unit pengaduan di Kota Pekalongan karena sebelumnya dikelola bagian organisasi di Setda Kota Pekalongan," akunya.

Menurutnya, kalau soal pengembangan smart city yang mendasarkan pada IT, Kota Pekalongan sudah mengawali agak lama dan sudah memiliki PPID yang diakui kinerjanya. Namun soal pengelolaan aduan dan layanan masyarakat yang tersistem dan berbasis IT, pihaknya sama sekali belum memiliki.

Terkait dengan UP4, Drs Muryono menjelaskan, keberadaan UP4 yang sudah hampir 1 tahun memang menjadi kanal utama dalam menjaring berbagai aduan dan masukan dari masyarakat yang dikelola dengan menejemen APIK ( antusias, profresional integritas dan kerja tim ).

"UP4 yang belum genap 1 tahun ini, 28 Juli 2017 dilaunching Ibu Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, MSi bertepatan dengan HUT Kabupaten Kendal yang ke - 412," katanya. ( heDJ / Kominfo )

 

 

 


Indeks Berita