Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

BERITA TERBARU

Selasa, 10 Juli 2018 07:17:49

GERAKAN MENUJU SMART CITY, PEMKAB. KENDAL GELAR BIMTEK TAHAP 1


KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal dalam rangka menyongsong dan mempersiapkan menjadi salah satu dari 100 Smart City di Indonesia, Senin (9/7/2018) di Pendopo Pemkab Kendal, menggelar Bimbingan Teknis Tahap I yang diikuti seluruh seluruh kepala OPD Pemkab Kendal dan 20 Kades/Kakel perwakilan masing-masing Kecamatan. Dengan menghadirkan narasumber Khairina, S.Kom dari Direktorat Kemenkominfo dan Rini Rachmawati dari UGM.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh. Toha, ST, MT mewakili Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si mengatakan, dengan terpilihnya Kabupaten Kendal sebagai role model Smart City di tingkat nasional, merupakan modal awal sebagai motivasi untuk meningkatkan kerja keras semua elemen di Kabupaten Kendal dalam mewujudkan visi dan misi RPJMD melalui perencanaan dan pelaksanaan program untuk kebahagiaan masyarakat melalui inovasi dan praktek cerdas pelayanan publik.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kendal, kami menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Pusat yang telah mempercayakan Kabupaten tercinta ini sebagai salah satu daerah yang terpilih dalam program Gerakan Menuju 100 Smart City," kata Sekda.

Sementara menurut Kepala Baperlibang Winarno, SH, MM, sebagaimana RPJMD Kabupaten Kendal Tahun 2016-2021 untuk menjadikan Kabupaten Kendal menjadi Permata Pantura, cita-cita tersebut tentunya bukanlah slogan dan impian semata, kalau seluruh program yang sudah direncanakan dapat direalisasikan secara optimal. Investasi sebagai salah satu misi dan program unggulan pembangunan daerah.

Pembangunan berbasis Smart City saat ini menjadi sebuah pilihan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang menghendaki pelayanan yang mudah dan cepat. Termasuk di Kabupaten Kendal, yang secara geografis terbagi dalam wilayah heterogen mencakup pegunungan, dataran, dan pesisir. Kondisi topografi tersebut tentunya menjadi sebuah tantangan untuk mengedepankan efisiensi birokrasi dan pemanfaatan teknologi informasi sebagai faktor pendukung.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Drs. Muryono, SH, M.Pd menjelaskan, untuk mendorong percepatan pembangunan Smart City sebagaimana Nota Kesepahaman (MoU) antara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dengan Pemerintah Kabupaten Kendal kemarin, telah dibentuk Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Gerakan Kabupaten Kendal Menuju Smart City.

"Pembangunan akan berjalan dan mencapai hasil maksimal kalau diawali dengan perencanaan yang matang. Begitu pula dengan Smart City akan dapat dilaksanakan kalau sudah tersusun perencanaan atau masterplan sesuai dengan arah kebijakan yang ditetapkan dalam RPJMD," terangnya.

Khairina, S.Kom dalam pengarahannya, menerangkan, kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan kesamaan persepsi, membuka wawasan, pemikiran dan konsep bagi semua yang terlibat. Karena selama ini pemahaman Smart City di berbagai daerah hanya berkutat pada digitalisasi dan berlomba-lomba membangun aplikasi yang terkadang tidak seirama dengan arah kebijakan pembangunan yang telah ditetapkan.

"Kalau kita pahami lebih jauh, konsep Smart City yang akan dilaksanakan merupakan pembangunan untuk menuju menjadi smart yang diukur dari aspek dan dimensi governance, economy, branding, society, living dan environment," tuturnya.

Sementara Ketua DPRD Kendal Prapto Utono, S.Sos mengatakan, pihaknya dan jajaran wakil rakyat di Kabupaten Kendal mendukung penuh pembangunan smart city untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan mendukung majunya investasi di di Kabupaten Kendal 2020 mendatang. ( heDJ / Kominfo )

 

 

BERITA LAINNYA

 
Selasa, 18 September 2018 14:15:37
WABUP MASRUR : KEMAUAN, KOMITMEN DAN KERJA NYATA UNTUK KURANGI KEMISKINAN

KENDAL - Kemiskinan merupakan masalah yang harus ditanggulangi dan menjadi masalah yang sumpang siur terkait data yang belum tersinkron dengan baik. Data dan pemetaan kemiskinan mesti dioptimalkan dengan baik. Oleh karena itu...

Selengkapnya
 
Senin, 17 September 2018 15:47:52
Pemukulan Gong dan Penyalaan Kembang Api Menandai Pembukaan Kendal Expo

Pemukulan Gong sebanyak 3 kali sebagai tanda dimulainya Kendal Expo 2018. Langit di atas Stadion Utama Kebondalem Kendal, Sabtu malam itu, (15/9), sesaat kemudian, menyala penuh dengan aneka warna cahaya yang terburai. Sesi...

Selengkapnya
 
Senin, 17 September 2018 06:41:12
PG.Tjepiring Mulai Produksi Gula, Tradisi Wiwitan Dihidupkan Kembali

Kendal ~ Setelah berhenti produksi beberapa tahun, kini PG. Tjepiring sekarang PT. IGN Cepiring Kendal menghidupkan kembali tradisi Wiwitan untuk mengawali proses produksi giling tebu.

Selengkapnya
 
Minggu, 16 September 2018 21:57:32
Bupati Mirna Annisa Berharap Tiap DEsa Ada Tempat Layanan Simpanan Bank

Kendal ~ Bupati Kendal dr Mirna Annisa berharap agar di setiap desa ada tempat pelayanan jasa simpanan dari Bank BRI. Hal itu akan lebih memudahkan masyarakat karena lebih dekat dengan domisili atau tempat tinggalnya.

Selengkapnya
INDEKS BERITA