Berita Terkini


KENDAL MULAI SAJIKAN HASIL NILAI TUKAR PETANI ( NTP )

Kamis, 06 Desember 2018 13:59:08

KENDAL - Bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik ( BPS ) Kabupaten Kendal, Pemkab Kendal lewat Dinas Pertanian dan Pangan menggelar Sajian data - data Nilai Tukar Petani ( NTP ), Kamis (6/11/2018) di Ruang Merak Tirtoarum Baru Kendal.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh. Toha, ST, M.Si saat membuka kegiatan, mengatakan Nilai Tukar Petani merupakan indikator untuk melihat daya beli atau daya tukar ( terms of trade ) produk pertanian terhadap barang atau jasa yang dikonsumsi untuk biaya proses produksi oleh petani. NTP yang semakin meningkat menandakan kesejahteraan petani juga meningkat.

"Harapan saya data - data yang disajikan dijadikan landasan menyusun kebijakan di bidang pertanian terkait pembangunan bidang pertanian dan luasan lahan pertanian yang semakin sempit di Kabupaten Kendal," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir. Dyah Aning Budiarti menjelaskan, pertumbuhan ekonomi sektor pertanian dan kesejahteraan petani merupakan kunci pembangunan utama karena berbagai potensi sumberdaya alam Kabupaten Kendal dapat dimanfaatkan sebagai penunjang maupun dasar peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani.

"Untuk melihat keberhasilan pembangunan ekonomi sektor pertanian dikenalkan indikator pertumbuhan ekonomi sektor pertanian dan Nilai Tukar Petani ( NTP ). Jadi ada dua indikator kesejahteraan petani untuk NPT adalah angka perbandingan indeks harga yang diterima petani dengan indeks harga yang dibayar oleh petani yang dinyatakan dalam persentase," jelasnya. 

Pertumbuhan ekonomi sektor pertanian merupakan salah satu indikator relatif untuk mengukur pembangunan sektor pertanian. Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi sektor pertanian, diharapkan semakin sejahtera pula tingkat kehidupan petani. 

"Tujuan dari Penyusunan NTP adalah untuk mengetahui cpaian hasil pertumbuhan ekonomi sektor pertanian melaluii perhitungan indikator Nilai Tukar Petani ( NTP )," terangnya.

Data angka NTP dari petani Kendal sampai Oktober 2018 menurut BPS Kabupaten Kendal menunjukkan angka 103.97 sehingga bisa dikatakan surplus produksi pertaniannya. ( angka NTP diatas 100 dikatakan surplus ). Angka NTP tersebut lebih tinggi dari NTP Jateng yakni 103.19.

Peserta kegiatan Sajian NPT berjumlah 50 orang terdiri dari OPD terkait, BPS, Koordinator Statistik Tingkat Kecamatan, perencanaan, evaluasi, petugas data ststistik pertanian, perkebunan maupun peternakan dan lainnya. ( Kominfo/heDJ )

 

 


Indeks Berita