Berita Terkini


MENTERI PENDIDIKAN SINGAPURA KUNJUNGI POLITEKNIK FURNITUR DAN KIK

Kamis, 10 Januari 2019 13:29:04

KENDAL - Menteri Pendidikan Singapura Ong Ye Kung beserta Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didampingi sejumlah dirjen dari Kemenperin RI, Kamis (10/1/2019) mengunjungi Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal milik Kementrian Perindustrian RI, Kawasan Industri Kendal Kecamatan Kaliwungu.

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kedua Mendikbud Singapura tersebut. Kunjungan resminya kali ini selain ikut menyaksikan peresminan Politeknik Furniture Kendal juga menguatkan kerjasama pendidikan Politeknik antara Indonesia dan Singapura khususnya dengan politeknik di Kawasan Industri Kendal tersebut.

Dalam peresmian tersebut, kedua menteri dari kedua negara berdekatan tersebut didampingi Duta Besar Singapura Anil Kumar, Bupati Kendal dr. Mirna Anisaa, M.Si dan Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono. Selain menandatangani prasasti, kedua menteri juga menandatangani nota kesepahaman pengembangan Sumber Daya manusia disaksikan kedua belah pihak. 

Dikatakan, Airlangga dalam sambutannya, sinergi Indonesia - Singapura merupakan kerjasama yang saling menguntungkan khususnya dalam pengembangan industri dan SDM nya. 

Menperin menambahkan, kedua negara sepakat memperkuat kerja sama di bidang pendidikan kejuruan terutama untuk mengisi kebutuhan di sektor industri. "Guru dan dosen dari Indonesia telah dikirim untuk mengikuti program pelatihan vokasi di Singapura, seperti di bidang permesinan, pembangkit listrik, dan teknik otomasi industri," terangnya.

Terkait dengan pendirian politerknik furnitur tersebut memang ubntuk memenuhi tenaga kerja di bidan industri mebel atau furnitur. "Mengapa furnitur, karena di Jawa Tengah furnitur menjadi salah satu industri andalan dengan nilai ekspor sampai Oktober tahun lalu senilai 1,4 milyar. Dan pemerintah akan selalu mendorong perkembangan industri furnitur agar semakin berkembang dan menguasai pangsa pasar internasional.

Sementara Minister of Education Singapore, Ong Ye Kung dalam sambutannya mengatakan, kerjasama antara kedua negara dalam bidang perindustrian semakin meningkat khususnya dalam pembangunan kawasan industri dan pelatihan SDM siap pakai dalam industri manufaktur.

Usai peresmian, kedua menteri didampingi Bupati Kendal, kaploda Jateng dan Duta Besar Singapura meninjau kegiatan belajar mengajar di politeknik tersebut termasuk di ruang praktek pembuatan furnitur. Kegiatan selanjutnya diakhiri dengan peninjauan ke industri furnitur di Kawasan Industri Kendal. ( Kominfo / heDJ )

 


Indeks Berita