Berita Terkini


INTEGRASI DATA SIMPOK, SIMDA DAN SIRUP MUDAHKAN PERENCANAAN PELAYANAN

Senin, 14 Januari 2019 10:39:44

KENDAL - Pengintegrasian data di aplikasi Simpok dan Simda di Kabupaten Kendal sejak tahun 2018 untuk mewujudkan pelaporan yang minim kesalahan dalam pengendalian pembangunan. Sementara pada 2019 keduanya dintegrasikan dengan aplikasi Sirup dengan basis data yang diadopsi dari e - budgeting dengan tujuan meringankan beban dari petugas pembuat komitmen.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh. Toha, ST, MT, Senin (14/1/2019) di Ruang Mahogany Hotel Sae Inn, mengatakan hal tersebut saat memberikan sambutannya pada kegiatan Pelatihan Input Data Simpok 2019. 

"Integrasi ketiganya sangat diapresiasi untuk mempercepat dan mensinkronkan antara perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah. Disamping itu juga untuk mengurangi kesalahan dalam rangka mendukung good government dan Kabupaten Kendal sebagai smart city," terang Sekda. 

Dalam arahannya, Toha mengatakan bahwa pencapaian tujuan organisasi pada pemerintah daerah dilalui melalui beberapa tahap; perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengendalian. Permasalahan yang mengemuka adalah sering adanya ketidaksinkronan antara perencanaan yang sudah dibuat dan disepakati dengan penganggarannya.

Toha menambahkan, “Berkaca pada praktik yang ada di beberapa pemerintah daerah, proses perencanaan yang diimplementasikan masih terpisah dengan penganggarannya. Untuk itu, perlu dibangun sistem informasi komunikasi yang mampu mengintegrasikan antara sistem perencanaan dan sistem penganggarannya,”paparnya. 

Kali ini ( 2019 ) ditambahkan dengan aplikasi SiRUP yakni aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan berbasis Web (Web based) yang fungsinya sebagai sarana atau alat untuk mengumumkan RUP ( identifikasi kebutuhan, penyusunan dan penetapan rencana penganggaran ).

Sekda Toha pada 60 petugas Simpok dari berbagai OPD mengikuti pelatihan secara serius sehingga bisa sepenuhnya mengerti penginputan data lewat aplikasi terinintegrasi tersebut.

Kegiatan tersebut dihadiri para Asisten Bupati Kendal dan  Kabag Administrasi pembangunan Ir Sugeng Suprayitno. ( Kominfo / heDJ )


Indeks Berita