Berita Terkini


AKTIFKAN POSKAMLING UNTUK CIPTAKAN KENDAL AMAN DAMAI TERKENDALI

Sabtu, 09 Februari 2019 08:41:37

Kendal - Pemerintah Kabupaten Kendal melakukan pemantauan siskamling bekerjasama dengan Polres Kendal dan Kodim 0715 Kendal. Kegiatan ini untuk memberikan semangat masyarakat dalam menjaga lingkungan dan menciptakan keamanan bagi masyarakat. Giat yang digelar sabtu (9/2) dini hari itu diprakarsai Bupati Kendal bersama Kapolres Kendal dan Komandan Kodim Kendal disertai Kepala Dinas Kominfo Ferrynando Rad Bonay, Kepala Kesbangpol Marwoto, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kendal Wiwit Andariyono, Kasat POLPP Damkar Tony Ariwibowo.

Pemantauan Siskamling dimulai dari Polres Kendal, Perumahan Brangsong di Kecamatan Brangsong, Poskamling Kutoharjo Kecamatan kaliwungu, Poskamling Sabetan Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu. Kapolres Kendal mengapresiasi masyarakat kiprah warga yang telah menghidupkan kembali ronda. Beliau berpesan agar masyarakat lebih waspada dan selalu melakukan pemantauan sekeliling. Malam itu Kapolres bersama Dandim dan OPD Kendal mengecek kesiapan pelaksanaan pam swakarsa masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas pada dini hari. Kegiatan di Pos siskamling tersebut dihjarapkan menjadi tembok terdepan dalam mencegah ancaman ancaman yang belakang ini sering muncul di masyarakat, ujar Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres berpesan pada seluruh masyarakat, jangan berada di poskmaling saja, hanya duduk-duduk tetapi tetaplah berpatroli. "Kelilingi seluruh lingkungan tempat tinggal masyarakat. Sinergritas kinerja bersama antara Polres dengan TNI, Pemerintah daerah dan masyarakat itu nomor satu.  "Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan pemerintah. Ini adalah kerja sama yang baik. Kita harus menjaga situasi di wilayah hukum kita tetap aman.”pungkasnya.

Sementara Dandim 0715 Kendal, sebagaimana arahan Pangdam, fihaknya telah  memerintahkan Babinsa untuk menggugah kesadaran masyarakat bersama sama dengan Babinkamtibmas, kepala desa dan lurah. Menggiatkan dan menumbuhkan kembali kesadaran bersama sama dalam menjaga keamanan lingkungan.  "Kegiatan positif ini hendaknya dijalankan seterusnya". Ujar Komandan Kodim Kendal bersemangat.  "Peristiwa kebersamaan ini menjadi momentum yang bagus untuk sama sama membangun kesadaran dan menjaga keamanan lingkungan.”paparnya.

Semenatra itu melalui Kasat POL PP Damkar Ariwibowo, Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si atas nama Pemerinatah Kabupaten Kendal, berharap agar kerja sama yang telah terjalin baik tetap dipertahankan dan ditingkatkan dalam rangka melaksanakan tugas bersama menjaga kondusifitas Kabupaten Kendal.  “Mari kita jaga kondusifitas Kabupaten Kendal, agar aman dan damai serta terkendali. Kepada seluruh jajaran petugas bupati minta tetap sigap. Kepada masyarakat hendaknya menghindari tindakan tidak terpuji.  Jika ada permasalahan hendaknya dikomunikasikan. Pemda siap memfasilitasi setiap permasalahan di masyarakat“ tukasnya.

Masyarakat menyambut gembira upaya dihidupkanya kembali pamswakarsa atau posklamling oleh jajaran Forkompida Kabupaten Kendal. Dari kunjungan dan pantauan nampak kegembiraan warga masyarakat. Mereka menyambut antusias upaya menghidupkan kembali budaya poskamling. Tugiman (50), salah seorang warga desa Kuthoharjo Kaliwungu mengaku senang kegiatan jaga lingkungan di pos siskamling dihidupkan kembali.  "Kami selalu bergantian berjaga dengan warga yang lain dan selalu kompak", katanya saat berbincang dengan jajaran Pimpinan Forkopinda. Apalagi dengan adanya peristiwa akhir-akhir ini, warga selalu menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Bahkan sekarang lebih ditingkat lagi,”terang Sugiman mengakhiri bincang-bincang. (w/edit-disKominfo )


Indeks Berita