Berita Terkini


PERENCANAAN MATANG, PEMBANGUNAN TERTATA DENGAN BAIK

Senin, 11 Februari 2019 16:51:38

KENDAL ( Kangkung ) - Musrenbang atau Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang kelurahan atau desa serta menyepakati rencana kegiatan lintas kelurahan di kecamatan yang bersangkutan.

Kecamatan Kangkung sebagai salah satu kecamatan di Kabupaten Kendal, Senin (11/2/2019) menggelar Musrenbangcam tingkat kecamatan yang dihadiri Forum Komunikasi Tingkat Kecamatan dan dihadiri seluruh Kepala Desa serta perwakilan istansi terkait dengan menghadirkan narasumber anggota DPRD Kendal Rubiyanto, ST,MM dan Kabid Perncanaan Ekonomi, Pemerintahan dan Sosial Budaya Baperlitbang Kabupaten Kendal Adjie Hendra S.,S.IP.

Menurut Camat Kangkung Sugeng Riyadi, SH, selama ini apa yang diirencanakan secara matang dan diusulkan ke tingkat Kabupaten Kendal banyak yang menuai hasil positif sehingga apabila musbang kali ini dilakukan dengan perencanaan matang terhadap usulan -usulan maka pembangunan pun bisa tertata dengan baik. "Tiap tahun kita mengusulkan rencana pembangunan baik fisik dan non fisik dan banyak yang berhasil karena adanya perncanaan yang matang dan terus dikawal," sebutnya. 

Diterangkan lebih lanjut, infrastruktur di daerah Kecamatan Kangkung yang dulunya masih banyak jalan berlubang, kini sudah 90 % teratasi. "Diusulkan jalan dari Desa Kaliyoso hingga Pucangrejo digarap pada 2019 ini. Selain itu peningkatan SDM berupa pembangunan non fisik untuk mengakomodasi pendidikan, kesehatan dan dorongan industri kuliner tradisional khas desa bisa terwujud," tutur Camat Sugeng.

Sementara, Adjie dari baperlitbang mewakili kepala Baperlitbang mengatakan, Musrenbangcam bertujuan mengklarifikasikan usulan kecamatan yang telah disinkronkran dengan desa diharapkan dapat selaras dengan program pembangunan kabupaten Kendal 2019 dengan tagline "Kendal Mandiri".

"Sehingga apabila sudah sinkron nantinya semua dapat bersinergi dan lanjut pembangunan Kabupaten Kendal 2020," ucapnya.

Dijelaskannya usulan yang disampaikan  dibatasi hingga 25 usulan berupa pembangunan fisik 10 usulan dan non fisik 15. Usulan diinput melalui aplikasi e-planning di sippeda,kendalkab.go.id mulai 4 hingga 14 Pebruari 2019. ( Diskominfo / heDJ )


Indeks Berita