Berita Terkini


KECAMATAN PAGERUYUNG GELAR MUSRENBANGCAM TAHUN 2019

Senin, 11 Februari 2019 17:14:50

Kendal- Pemerintah Kecamatan Pageruyung menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) tahun 2019, Senin (11/2/2019) bertempat di Gedung Pertemuan Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., yang diwakili oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kendal, Agus Sumaryono, Camat Pageruyung, Nur Kholis, Sekretaris Komisi C DPRD Kabupaten Kendal, H. Mabrur dan Forkopimcam Kecamatan Pageruyung, dan diikuti oleh seluruh kepala desa, Ketua DPD, LPMD, KPMD se- Kecamatan Pageruyung.

Dalam sanbutannya Kepala Baperlitbang, Agus Sumaryono menyampaikan terima kasih kepada seluruh kepala desa se-Kecamatan Paguruyung yang sudah melaksanakan Musyawarah Pembangunan Desa (Musrenbangdes) sehingga pada hari ini dapat mengikuti Musrenbangcam. “Setelah para kepala desa melaksanakan Musrenbangdes dan mengahsilkan beberapa usulan kemudian diteruskan di tingkat kecamatan dan akan diputuskan musyawarah di tingkat kabupaten,” ujarnya.

Agus Surmaryono mengatakan, dari banyak usulan yang yang dihasilkan oleh masing-masing desa hanya ada 5 usulan yang dibawa untuk Musrenbangcam, dan dalam Musrenbangcam nantinya hanya boleh mengusulkan sebanyak 25 usulan dalam musyawarah tingkat kabupaten. “Dengan demikan  kita harus memprioritaskan pembangunan yang sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten untuk tahun 2020 yaitu Kendal berdaya saing,” tuturnya.

“Musrenbangcam ini harus sesuai dengan arah kebijakan pemerintah Kabupaten Kendal pada tahun 2020, dan harus bisa mengambil keputusan yang bisa mewadahi kepentingan seluruh masyarakat Kecamatan Pageruyung,” harap Kepala Baperlitbang Kendal tersebut.

sementara itu, Camat Pageruyung, Nur Kholis mengatakan bahwa Musrenbangcam ini memprioritaskan  pembangunan jalan jembatan dan pertanian di wilayah Pageruyung, karena pada tahun 2018 Kecamatan Pageruyung mendapatkan 4 titik pembangunan jalan, yaitu Pageruyung-Besokor, Gondoarum - Pucakwangi, Gondoarum dan Surokonto Wetan, sehingga tahun 2019 hanya menruskan tahun sebelumnya.

“Sedangkan untuk pertanian, masing-masing desa mempunyai inovasi, dan ada 7 desa yang sudah mengembangkan pertaniannya, salah satunya adalah Desa Getas Blawong  dengan budidaya manggot/entong/belatung yang sudah menghasilkan puluhan juta rupiah perbulan dengan sistem penjualan online,” terang Nur Kholis.

Ia juga berharap melalui Musrenbangcam ini seluruh desa di Kecamatan Pageruyung  dapat berinovasi untuk kemajuan desanya masing-masing. ”Semoga pada tahun 2020 Kecamatan Pageruyung  akan menjadi kecamatan yang maju dengan berbagai inovasi yang dimiliki oleh masing-masing desa, sehingga hal itu sesuai dengan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Kendal di tahun 2020, yaitu Kendal berdaya saing,” harap Camat Pageruyung tersebut.

 

(Diskominfo/Hr)


Indeks Berita