Berita Terkini


FORUM DIALOG MASYARAKAT PERKUAT IKATAN PIMPINAN DAERAH DAN RAKYAT

Rabu, 13 Maret 2019 20:44:39

KENDAL - Di sela pengarahan dan penjelasan atau klarifikasi Bupati Kendal dr. Mirna Anisaa, M.Si tenadap pertanyaan dari warga masyarakat Desa Sudipayung Kecamatan Ngampel dalam kegiatan Sholat Berjamaah Magrib dan Isya Bersama Bupati dan Masyarakat, Rabu sore (13/3/2019) di Masjid Baitussalam, Bupati Mirna mengharapkan forum dialog dengan masyarakat menjadikan ikatan pimponan daeran dan masyarakat semakin erat.

"Saya menyampiakan terima kasih atas penerimaan yang begitu hangat dari panjenengan semua dan berharap pertemuan silaturahmi ini bisa semakin mempererat ikatan antara umaro, ulama dan masyarakat di Kabupaten Kendal khususnya masyarakat di Kecamatan Ngampel dan lebih khusus lagi Desa Sudipayung," ungkap Bupati Mirna.

Selain itu Beliau juga memohon maaf lantaran subuh keliling diganti dengan sholat berjamaah pada waktu magrib lantaran untuk menyediakan waktu yang lebih banyak bagi masyarakat di kabupaten kendal untuk berdialog.

Dalam dialog tersebut Bupati Mirna menjawab 3 penanya yakni dari Muh. Toha dari Forum Anak ( soal dukungan Pemkab Kendal pada forum anak dan permohonan bantuan pembuatan perpustakaan anak ), Siti Muslikhah dari perwakilan ibu - ibu ( soal , bagaimana penanganan korban KDRT, permohonan bantuan penerangan jalan desa dan cermin cembung di persimpangan jalan ) serta Rukamin, mewakili forum RT Desa Sudipayung yang menanyakan soal kesejahteraan RT, guru TPQ dan irigasi pertanian.

Bupati Mirna menjawab semua pertanyaan tersebut dengan jelas dan segera meminta jajaran OPD terkait permasalahan yang ada untuk bergerak cepat menanganinya.

Sejak 2016 forum anak sudah terbentuk, selanjutnya pada 2017 banyak mengakomodir anak - anak di Kabupaten Kendal yang berprestasi untuk berlomba di tingkat provinsi dan nsional, sehingga Kab. Kendal mendapat predikat Kabupaten Layak Anak.

"Untuk permohonan perpustakaan akan dibantu, silahkan ajak anak - anak ke Kampung Literasi di Kecamatan Patean yg dibuat atas inisiatif masyarakat sendiri," kata Bupati.

"Terkait KDRT, silahkan masing2 instrospeksi diri, karena keluarga menjadi tanggungjawab bersama, bila sdh mengkhawatirkan, bisa dilaporkan ke aparat. Untuk cermin dipersimpangan jalan akan diteruskan ke diahub, dan penerangan jalan akan dilaksanakan," lanjutnya.

Sementara untuk lampu penerngan jalan, pemkab Kendal akan segera memberikan bantuannya. Dan terkait dengan bantuan untuk rumah tidak layak huni, Kecamatan Ngampel akan menerima bantuan rehab 40 rumah.

Kesejahteraan RT sudah sejak 2017 termasuk dalam DD/ADD, karena Pemkab Kendal telah mengalokasikan 10% APBD untuk desa. Terkait kesejahteraan RT, Bupati Mirna mempersilahkan masyarakat berkomunikasi dengan pemerintah desa.

Sedangkan untuk guru TPQ di Kabupaten Kendal ada  1.800 guru madin yg terdaftar di kementerian agama. Dan para guru Madin dan TPQ yang belum terdaftar diingatkan Bupati untuk mendaftar di Kementerian Agama, dimana tahun 2019 anggaran yg dikeluarkan untuk guru Madin/TPQ sekitar 15 M.

Jalur irigasi Sudipayung mengambil air dari sungai Kali Blorong dengan menggunakan pompa, sedang yg sebelah barat mengambil dari Kali Kendal. Adapun untuk pengelolaan pompa diatur P3A. Dan dalam waktu 2 minggu jajaran OPD terkait akan segra mencarikan  ada solusinya.

Usai dialog, Baznas Kabupaten Kendal pimpinan KH Ubaidillah memberikan bantuan zakat dari para muzaki PNS Pemkab Kendal berupa bantuan untuk Masjid baitussalam sebanyak Rp. 5 juta, kursi roda 2 buah dan alat bantu jalan 2 buah. Bantuan diserahkan Bupati Kendal dan Sekda Kendal.

Sementara itu, kegiatan Sholat Berjamaah Magrib dan Isya tersebut dihadiri pula Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita dan Komandan Kodim 0715 Letkol Inf. Ginda Mohamad Ginanjar serta Sekretaris Daerah Moh. Toha, ST, M.Si. ( Diskominfo / heDJ )

 


Indeks Berita