Berita Terkini


BUPATI MIRNA HADIRI RAKERDA PKK KENDAL TAHUN 2019

Kamis, 21 Maret 2019 14:30:46

Kendal- Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kendal melaksanakaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2019 yang bertema "Peran Tim Penggerak PKK Dalam Pencegahan Stunting Melalui 10 Program Pokok PKK”, Kamis (21/3/2019) bertempat di Pendopo Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., selaku pembina TP PKK Kendal beserta OPD terkait, para camat se-Kabupaten Kendal selaku penasehat, Ketua TP PKK Kendal, WR Anjani Moh Toha. Dan hadir sebagai narasumber, yaitu Titik Wahyu dari Pokja 1 PKK Kendal, Sri Wuryatari Winarno dari Pokja 2, Heppy Heridi Sukamto dari Pokja 3 dan Puruhita Sari Apidiani dari Pokja 4.

Acara tersebut diikuti 178 orang peserta yang terdiri dari TP PKK Kabupaten sebanyak 38 orang dan tim penggerak PKK Kecamatan sebanyak 140 orang (Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Ketua Pokja).

Ketua panitia kegiatan, Sutanti dalam laporannya menyampaikan, maksud diadakannya Rakerda PKK Kabupaten Kendal Tahun 2019 adalah untuk memantapkan program kerja TP PKK Kabupaten Kendal yang bertujan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja TP PKK Kabupaten Kendal Tahun 2019. "Rakerda ini untuk evaluasi dan mengkoordinasikan rencana program kerja TP PKK Kabupaten Kendal tahun 2019, serta meningkatkan kinerja TP PKK Kabupaten Kendal dalam mengelola gerakan PKK," ujarnya.

Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Kendal, Ibu WR Anjani Moh. Toha dalam sambutannya mengatakan, dilaksanakannya Rakerda PKK tahun 2019 ini, agar materi dapat disepakati bersama dan dimantapkan menjadi pedoman bagi pelaksanaan kegiatan TP PKK Kabupaten maupun TP PKK Kecamatan.

"Rakerda tahun 2019 ini untuk memantapkan program kerja TP PKK kabupaten maupun tingkat kecamatan supaya pelaksanaan kegiatan tahun 2019 lebih terarah, terpadu dan sinergi sesuai situasi dan kondisi, karena upaya-upaya PKK mengarah pada pembangunan masyarakat dengan pendekatan keswadayaan," jelas WR Anjani.

Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Kendal tersebut juga mengungkapkan terkait materi-materi yang disampaikan dalam Rakerda, diantaranya yaitu peran tim penggerak PKK dalam pencegahan stunting melalui 10 program pokok PKK dan penyampaian program Kerja tim penggerak PKK tahun 2019 bidang Sekretaris, Pokja I, II, III dan IV administrasi keuangan.

Sementara itu Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Keluarga Besar TP PKK, mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Desa/Kelurahan, yang sudah bekerja keras membantu pemerintah daerah dalam program pembangunan di segala bidang, khususnya peningkatan kualitas kehidupan keluarga.

Lanjut Bupati Mirna, berbagai program dan kegiatan TP PKK selama ini, telah berjalan dengan baik dan lancar, serta bersinergi mendukung program pemerintah daerah. Namun demikian, perlu dievaluasi secara menyeluruh terhadap program kerja yang telah berjalan, sehingga kedepan program yang disusun dapat lebih efektif, tepat arah dan tepat sasaran.

Menurut Bupati Mirna, kegiatan Rakerda ini sangat penting dan strategis untuk mengevaluasi dan menyusun rencana program-kegiatan yang akan dilaksanakan pada masa yang akan datang. "Kegiatan ini sangat penting sebagai bahan evaluasi dalam menyusun program-program kerja kedepannya, sehingga harapan saya, pada kegiatan ini bisa bermunculan ide-ide yang kreatifSaya inovasi dalam membangun dan bermanfaat bagi memajukan organisasi. Dan kedepan TP PKK menjadi organisasi yang tangguh serta dapat membantu pemerintah daerah dalam upaya mengatasi berbagai masalah ditengah-tengah masyarakat," tuturnya.

PKK sebagai wadah yang mampu menjembatani antara kepentingan keluarga dan pemerintah, serta berperan aktif sebagai subjek pembangunan sebagaimana 10 program PKK, dengan sasaran untuk meningkatkan kesejahteraan bagi pribadi dan keluarga, maupun untuk kepentingan pengabdian kepada Bangsa dan Negara. Demikian pula, program pembinaan dan pendampingan oleh TP PKK Kabupaten, harus terus dimantapkan, sehingga akan terwujud ritme program dan kegiatan organisasi yang terkoordinasi dan sinergis pada semua jenjang organisasi. Tantangan pembangunan daerah ke depan, akan semakin berat. Untuk itu, Bupati Mirna meminta kepada semua pihak, mulai dari pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat khususnya keluarga, agar memberikan perhatian serius pada potensi ancaman penurunan kualitas kehidupan masyarakat.

"Saya berharap kepada keluarga besar TP PKK agar mampu merumuskan program strategis dan inovatif untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. Saya memberikan perhatian besar, dalam memfasilitasi dan mendorong gerakan PKK agar terus tumbuh dan berkembang, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat, dan mensukseskan pembangunan daerah, untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat Kendal yang maju, mandiri dan sejahtera," harap Bupati Mirna.

(Diskominfo/HR)


Indeks Berita