Berita Terkini


BUPATI KENDAL RESMI MEMBUKA WISATA KULINER MAHONI MULYO

Minggu, 14 April 2019 18:19:26

Kendal- Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., membuka secara resmi Wisata Kuliner Mahoni Mulyo di Desa Penyangkringan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Minggu pagi (14/3/2019).

Hadir juga dalam acara itu, Suami Bupati Kendal, Ferry Sandi Sitepu yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Pekalongan, Kapolres Kendal, AKPB. Hamka Mappaita, Kepala Disporapar, Agung, Kepala Disdikbud Kendal, Agus Rifai dan Camat Weleri, Dwi Cahyono Suryo, serta ribuan masyarakat Desa Penyangkringan dan sekitarnya.

Acara tersebut diawali dengan doa pembuka, dan pemukulan beduk oleh Bupati Mirna yang didampingi oleh sang suami dan OPD terkait sebagai tanda bahwa telah dibukanya Wisata Kuliner Mahoni Mulyo.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., mengatakan bahwa persemian pasar seperti ini merupakan peresmian yang kesekian kalinya diresmikan di Kabupaten Kendal, namun uniknya pasar hutan mahoni ini berada ditengah tengah kota. "Uniknya pasar ini ada di tengah kota, dan kedepannya memang harus di konsep dengan bagus jangan disia-siakan dan harus dimaksimalkan, karena akan menambah khas kuliner yang ada di Kabupaten Kendal," ujarnya.

"Nanti Mudah-mudahan ada konsep yang baik, jadi bisa terukur bahkan bisa mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan tempat wisata kuliner yang lain, karena di sini juga ada yang dari kementerian, kemudian lokasinya sangat memungkinkan untuk dijadikan lebih indah. Harapanya nanti bisa dibuat kelompok untuk belajar mengelola Wisata Kuliner Mahoni ini, dan PKK kita beri pelatihan untuk meningkatkan kualitas UMKMnya," tambah Bupati Mirna.

Selain itu, Bupati Kendal tersebut juga menitip pesan kepada masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan. "Kita adalah keluarga besar jadi sinergitas yang sudah terbangun baik ini jangan di sia-siakan, kalau memang ada perselisihan bisa dikoordinasikan dengan baik, berusaha belajar berbicara dengan baik untuk menyelesaikan semua masalah," tuturnya.

"Semoga warga Penyangkringan agendanya sukses, kegiatan wisata kuliner ini bisa berjalan dengan lancar, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan menuntaskan pengangguran yang ada di Kabupaten Kendal," harap Bupati Mirna.

Dijelaskan oleh Kasmani selaku ketua panitia kegiatan, bahwa pedagang yang ikut berjualan pada pembukaan Wisata Kuliner Mahoni Mulyo ini ada 100 orang lebih yang mayoritas berasal dari Desa Penyangkringan. "Ada seratus orang lebih pedangang yang ikut menjajakan dagangannya pada pembukaan ini, dan hampir 80 orang lebih asli dari Desa Penyangkringan. Dan jenis makan yang dijual adalah makanan-makanan tradisional," ujarnya.

Kasmani juga mengatakan, nantinya kegiatan tersebut akan rutin dilaksanakan pada setiap satu minggu sekali. "Ke depan wisata kuliner ini akan dibuka mulai malam Minggu hingga Minggu pagi, ini sesuai dengan permintaan warga setempat dan sekitarnya," terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Penyangkringan, Bambang Supriyatmo mengatakan, desa itu dituntut bagaimana untuk memajukan desa menjadikan desa yang mandiri melalui inovasi ekonomi kreatif. "Dalam rangka mewujudkan desa yang mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Desa Penyangkringan telah membuka Wisata Kuliner Mahuni Mulyo, yang diharapkan akan lebih meningkatkan ekonomi masyarakat desa Penyangkringan," harapnya.

(Diskominfo/HR)


Indeks Berita