Berita Terkini


BINA PARA PENGURUS KOPERASI, PEMKAB GELAR SOSIALISASI PERKOPERASIAN

Senin, 15 April 2019 17:27:42

KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Perindustrian, UKM dan Koperasi, Senin (15/4/2019) di Ruang Garuda Agrowisata Tirto Arum Baru Kota Kendal, menggelar kegiatan Sosialisasi Prinsip - Prinsip Pemahaman Perkoperasian dalam rangka pembinaan dan penyegaran terhadap para pengurus koperasi di seluruh wilayah Kabupaten Kendal.

Kepala Bidang Koperasi pada Dinas Koperasi, Perindustrian dan UKM Kabupaten Kendal Drs. Ris Susantyo JP, MA., mengatakan, tujuan kegiatan tersebut sebenarnya untuk terus mendorong semangat berkoperasi dan kegiatan koperasi sesuai regulasi yang ada. Lantaran banyak koperasi di Kabupaten Kendal yang kurang bergairah dan ditengarahi banyak kegiatan koperasi yang sudah menyimpang dari ketentuan UU Perkoperasian.

"Yang kami undang untuk mengikuti kegiatan ini merupakan pengurus koperasi terutama yang masih baru dan untuk memberikan suntikan semangat untuk mengembangkan koperasi di Kabupaten Kendal," katanya.

Menyikapi peran strategis koperasi ditengah kehidupan perekonomian masyarakat, disadari bahwa banyak diantara pengurus koperasi yang kurang memahami terhadap prinsip-prinsip dasar tentang perkoperasian.

Berkenaan dengan hal tersebut dalam upaya memajukan peranan  Koperasi  di Kabupaten Kendal perlu diadakan  sosialisasi tentang prinsip dasar dan pemahaman tentang Perkoperasian melalui Kegiatan Sosialisasi Prinsip-Prinsip Pemahaman Perkoperasian, sehingga diharapkan pengurus koperasi yang ada di Kabupaten Kendal  mampu memahami dan mengerti terhadap apa yang dimaksud dengan Koperasi dan bagaimana jalannya kegiatan perkoperasian yang benar dan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Penyelenggaraan Kegiatan Sosialisasi Prinsip-prinsip Pemahaman Perkoperasian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengurus koperasi lebih memahami tentang perkoperasian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menurut Susantyo, koperasi yang didirikan idealnya memiliki berbagai jenis usaha yang dikelola sehingga anggota maupun pengurus memperoleh banyak manfaat dan ketrampilan serta penongkatan perekonomian. "Dengan koperasi bertipe aneka usaha maka dana yang dikelola bisa memberikan keuntungan lebih," jelasnya.

Sementara, Sosialisasi yang berlangsung selama 2 hari tersebut menghadirkan nara sumber Giyarso, SE yang menyajikan topik "Koperasi Sebagai Badan Hukum" dan tim LDP Cendekia dengan materi "Mekanisme Penyusunan Peraturan Khusus ( SOM - SOP ) Koperasi. ( Diskominfo / heDJ )

 


Indeks Berita