Berita Terkini


BAZAR KOPI KENDAL DIGELAR DI LOKASI OBYEK WISATA CURUG SEWU

Selasa, 11 Juni 2019 16:13:57

Kendal- Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal menggelar Bazar Kopi Gunung  di lokasi obyek wisata Curug Sewu Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Minggu (9/6/2019). Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Disporapar Kendal, Ir Agung Setyawan, Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Kendal, Ratna Mustikaningsih, SE., MM., beserta jajaran, dan diikuti oleh para pengusaha kopi lokal setempat.

Disampaikan oleh Kepala Disporapar Kendal, Agung Setyawan, Curug Sewu merupakan destinasi wisata yang sudah lama ada di Kabupaten Kendal, tepatnya dibuka pada 26 Juni 2002 yang lalu. Sampai saat ini Wisata alam  ini menjadi salah satu wisata andalan di Kendal. “Curug Sewu salah satu wisata andalan bagi Kabupaten Kendal karena memiliki banyak keunikan yang pastinya akan membuat para pengunjung yang datang takjub dan ingin kembali lagi kesani. Keunikan tersebut menjadikan curug ini sebagai destinasi yang wajib didatangi saat berkunjung ke Kendal,” ujarnya.

Curug Sewu merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah, yaitu kurang lebih mencapai 80 meter. Tidak hanya menarik pengunjung saja tetapi keunikannya jugalah menjadi daya pikat tersendiri. Selain itu, Curug Sewu memiliki tiga tingkatan, diantaranya tingkatan yang pertama memiliki  tinggi 45 meter, tingkatan kedua memiliki tinggi 15 meter dan tingkatan ketiga memiliki tinggi 20 meter, jadi total  tinggi pada tingkatan itu ada 70 yang mana memiliki keindahan dan pesona berbeda-beda

“Saat pertama tiba di Curug Sewu, pengunjung akan disambut oleh dua patung Baladewa yang berada dipintu masuk, dan ketika mulai memasuki area pendopo, pengunjung akan dikagetkan dengan keberadaan Vespa Raksasa yang berdiri kokoh didepan pendopo, yang mana disampingnya terdapat beberapa gazebo yang dibangun diatas rumput hijau dan taman-tanaman yang indah, sehingga para pengujung dapat menikmati pemandangan yang sangat indah,” ungkap Agung.

Kepala Disporapar Kendal tersebut menyampaikan bahwa disekitar kawasan Curug Sewu sendiri merupakan kawasan hutan wisata yang dikelola langsung oleh kesatuan pemangku hutan Perhutani Kendal. Dan biasanya akan padat pengunjung saat libur Hari Raya dan saat liburan tiba. Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Kendal dan sekitarnya uuntuk berkunjung melihat keindahan Curug Sewu di dalamnnya. “Datanglah bersama keluarga karena pastinya kebersamaan yang ada akan lebih terasa. Sebagai referensi, pengunjung bisa membuka pecarian diinternet untuk gambar Curug Sewu Kendal,  agar percaya akan keindahan dan menikmati sejumlah fasilitas yang ada, karena dari tahun ke tahun fasilitas yang diberikan semakin bertambah dan dijaga kebersihan. Hal itu dilakukan demi untuk memperindah tampilan Curug Sewu,” tuturnya.

Terkait bazar kopi, Agung mengatakan bahwa acara itu sebagai bentuk dukungan Disporapar kepada para pegiat kopi di Kabupaten Kendal untuk terus mendorong kemajuan kopi asal kendal. “Harapanya dengan adanya acara semacam ini dapat menjadi ajang promosi berbagai jenis kopi asal kendal, agar dapat di kenal oleh masyarakat luas,” harapnya.

Selain itu,  Kabid Pariwisata Disporapar Kendal, Ratna Mustikaningsih menyampaikan, secara umum tempat wisata Curug Sewu terebut memiliki tempat ibadah (mushola) yang disertai perlengkapan ibadah, area parkir yang luas, kamar mandi, taman bermain anak, kereta mini, kolam renang, kebun binatang mini, lapangan tenis, gedung pertemuan, penginapan, panggung hiburan, adanya gardu pandang dan tentunya banyak warung makan. Di sini banyak menyediakan makanan dengan berbagai menu, mulai dari opor ayam, nasi goring babat pete, sate sapi, tongseng kambing, sate ayam kampong, ayam goring dengan sambal khasnya, jagung bakar dan masih banyak lagi lainnya. Apabila musim durian tiba, akan banyak durian lezat di sini dengan harga yang lebih murah.

“Curug Sewu terletak disebelah Selatan Kota Kendal dengan jarak tempuh kurang lebih 40 km, untuk menuju Curug Sewu sangat mudah, jalannya yang beraspal mulus menjadikan pengunjung mudah mencapainya. Banyak jalur yang bisa dilewati, Dari arah Kendal sendiri memiliki 2 jalur utama yang semuanya bisa sampai di lokasi. Bagi yang dari arah barat bisa menuju Weleri yang kemudian dilanjutkan menuju Sukorejo, nanti akan menemukan petunjuk arah menuju lokasi. Atau bagi yang dari arah Timur bisa melewati jalan Boja-Patean,  nanti akan langsung ke lokasi dengan petunjuk arah yang ada,” terang Ratna.

Ratna juga mengatakan, digelarnya bazar Kopi Gunung lokal Kendal ini sebagai acara mempromosikan berbagai macam kopi yang ada di Kabupaten Kendal, seperti kopi arabika, robusta dan excelsa. Menurutnya, banyak peminat kopi asli kendal, baik berasal dari kendal, semarang bahkan sudah sampai jakarta, karena kopi Kendal aroma dan rasa yang nikmat.

“Mampir Kendal rugi kalau tidak ke Curug Sewu, bersih, indah dan sangat mempesona,” ucap Kabid Pariwisata Disporapar Kendal tersebut.

(Diskominfo/HR)


Indeks Berita