Berita Terkini


BUPATI MIRNA HADIRI PENGAJIAN HAUL PARA AULIYA DI MASJID AGUNG KENDAL

Rabu, 12 Juni 2019 08:21:48

Kendal- Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., didampingi Wakil Bupati Kendal, Drs. H. Masrur Masykur beserta dengan OPD dan Forkopimda mengahdiri acara Haul Wali Joko, Wali Hadi, dan Wali Syudjak, Rabu (12/6/2019) bertempat di Masjid Agung Kendal, Jawa Tengah.

Bupati Mirna beserta rombongan berangkat dari rumah dinas menuju ke Masjid Agung dengan berjalan kaki. Dan saat sampai di lokasi ia langsung menghampiri masyarakat untuk bersalaman. Selain dihadiri oleh Bupati Kendal, hadir juga Ketua Baznas Kendal, KH. Ubaidillah, Takmir Masjid Agung Kendal, KH. Makmun Amin dan KH. Adib Zamroni dari Kabupaten Demak sebagai pembicara, serta ribuan masyarakat Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannya ketua panitia kegiatan, sekaligus Takmir Masjid Agung Kendal, KH. Makmun Amin menyampaikan bahwa kegiatan Haul Wali Joko, Wali Hadi dan Wali Abu Syudjak ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun sekali di bulan Syawal pada hari ke 7 usai Hari Raya Idul Fitri. 

KH. Makmun Aminjuga mengatakan, haul dibulan Syawal ini berbeda cara untuk memperingatinya, yang mana kebanyakan di daerah lain acara peringatinya dengan menggelar kirab atau arak-arakan, namun haul di Kendal ini memperingatinya dengan pengajian umu. "Haul ini memang berbeda dengan daerah lain yang biasanya dengan diperingati dengan arak-arakan, namun haul pada tahun ini kami  memperingatinya dengan pengajian umum dan acara Halal Bihalal," ujarnya.

Bupati Mirna dalam kesempatan tersebut mengucapkan permohonan maaf lahir dan batin kepada seluruh masyarakat yang hadir. “Saya ucapkan mohon maaf lahir dan batin, karena baru saja kita merayakan hari kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah/tahun 2019, semoga puasa kita diterima oleh Allah SWT sehingga kita akan mendapatkan ridhonya dan keberkahan dalam menjalani hidup,Amin ya Rabbal Alamin,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, H. Masrur Masykur mengatakan bahwa acara sangat baik sekali, karena sebagai wujud mengenang jasa perjuangan para wali yang sudah menyebarkan agama Islam di Indonesia. ”Haul atau peringatan wafatnya para wali ini adalah hal yang sangat baik sekali, sebagai salah satu wujud mengenang perjuangan beliu-beliau para wali yang telah menyebarkan agama islam di Indonesia  khususnya di Kabupaten Kendal, karena pada jaman dulu masuk ke tanah jawa untuk menyebarkan agama islam bukanlah hal yang mudah, mereka atau masyarakat yang tinggal di tanah jawa sudah memiliki agama dan aliran-aliran kepercayaan yang kuat dan mapan. Namun berkat para wali-wali itulah agama islam mampu berkembang pesat di tanah jawa hingga saat ini,” ujarnya.

Ia berharap atas perjuangan para wali tersebut, masyarakat Kabupaten Kendal dapat menjalankan ajaran-ajaran islam dengan baik. “Semoga kita dapat menjalankan ajaran-ajaran agama islam dengan baik, sehingga pada hakikatnya para wali yang sudah wafat juga akan mendapatkan pahala dari hasil perjuangannya menyebarkan agama islam,”  harap Wakil Bupati Kendal tersebut.

Wakil Bupati Masrur juga berpesan kepada masyarakat Kabupaten Kendal untuk tetap menjaga kerukukan, persatuan dan kesatuan karena agar tidak mudah untuk diadu domba oleh pihak manapun, karena sesuai dengan slogan Kendal Beribadat yang berati kabupaten yang religius, bersih, indah, damai dan aman.

Perlu diketahui bahwa makam-makam para wali tersebut di semayamkan di lingkungan Masjid Agung Kendal.

(Diskominfo/HR)


Indeks Berita