Berita Terkini


PERINGATI HARI KESATUAN GERAK PKK KE 47, PKK AKAN MENINGKATKAN KINERJA

Rabu, 10 Juli 2019 14:45:11

Kendal- Tim Pengerak PKK Kabupaten Kendal peringati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 47 tahun 2019 dengan tema “Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras Dengan Program Pemerintah”, Rabu (10/7/2019) bertempat di Pendopo Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Hadir dalam acara tersebut Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si., diwakili Sekda Kendal, Moh Toha, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, WR Anjani Moh Toha beserta para anggota dan para camat se-Kabupaten Kendal.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, WR Anjani Moh Toha saat membacakan amanat dari Ketua Umum Penggerak PKK, dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan, para anggota agarmemperhatikan posisi dan peran strategis Gerakan PKK, ternyata Pemerintah tidak tinggal diam, sebagai bentuk pengakuan dan Penghormatan Pemerintah atas kiprah dan Kridanya Gerakan PKK, maka Bapak Presiden telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK.

Lanjut WR Anjani, “dengan kepercayaan yang begitu besar dari Pemerintah terhadap Gerakan PKK maka kita menetapkan Tema Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke – 47 Tahun 2019 dengan tema Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras Dengan Program Pemerintah yang mengandung makna bahwa Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi dan mendukung garis kebijakan Program Pemerintah”.

“Oleh karena itu pula, melalui tema HKG – PKK Tahun 2019 ini, saya mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk memberika bimbingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk Dasawisma, karena pada merekalah sesungguhnyaterletak fungsi kinerja dan program-program PKK, agar tetap selaras dengan program Pemerintah,” tuturnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh segenap jajaran Tim Penggerak PKK, para kader PKK dan kader Dasawisma uuntuk terus meningkatkan fungsi-fungsi dan kinerja gerakan PKK. “Tingkatkan terus fungsi kinerja Gerakan PKK dengan bakti dan karya nyata, serta bekerja tanpa pamrih. Dan tingkatkan daya kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan program – program PKK, agar selaras dengan garis kebijakan Program Pemerintah, yang semua itu harus dicapai melalui karsa, inisiatif dan ketekunan,” tutur dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam isi sambutan yang disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal tersebut.

Sementara itu, Bupati Kendal yang diwakili oleh Sekda Kendal, Moh Toha dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal maupun pribadi, saya mengucapkan terima kasih yang sebesarbesarnya kepada kaum perempuan, penggiat perempuan dan keluarga besar PKK yang telah bekerja keras tanpa lelah dengan penuh semangat dalam proses pembangunan di daerah Kabupaten Kendal ini, khususnya peningkatan kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Dengan peringatan ini, lanjut Sekda Moh Toha, diharapkan jangan hanya sebagai formalitas ceremonial saja atau kemeriahan sesaat, tetapi lebih mengentalkan komitmen kaum perempuan untuk kemajuan Kabupaten Kendal dalam pelaksanaan program-program pemerintah daerah di segala bidang, seperti bidang kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan rakyat, agar dapat Iebih tepat sasaran dan terarah.

Menurut Sekda Moh Toha, pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 47 ini tujuannya adalah untuk mengingatkan kita semua mengenai peran keluarga, lebih khusus peran ibu-ibu, peran perempuan, dalam membangun keluarga, yang sehat serta masyarakat dan bangsa yang maju dan sejahtera.

“Semoga momentum peringatan HKG PKK tahun ini, agar dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan perencanaan Iangkah, untuk penyempurnaan dan perbaikan. Melalui evaluasi dapat semakin aktif berperan, membantu pembangunan kesejahteraan masyarakat, sebagai pilar utama pembangunan ketahanan masyarakat. Jangan sampai para anggota PKK terbelenggu pada rutinitas, sehingga tidak pernah beranjak progresnya. Mari kita melakukan inovasi program, sesuai dengan potensi dan kebutuhan daerah,” harap Sekda Kendal tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Kendal juga mengajak kepada seluruh jajaran aparatur pemerintah, para lbu-lbu semua dan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memantapkan komitmen agar benar-benar serius dalam membenahi, memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kepada ketua dan segenap pengurus Tim Penggerak PKK dan kader-kader PKK di Kecamatan dan Desa/Kelurahan, agar dapat mengetahui apa yang menjadi program-program pemerintah daerah serta dapat melanjutkan visi-misi Gerakan PKK dan melaksanakan 1O (sepuluh) Program Pokok PKK. Yang lebih penting apa yang dilakukan PKK dapat memberi dampak yang positif bagi perkembangan dan kemajuan pembangunan di daerah Kabupaten Kendal yang kita cintai ini,” tutup Sekda Moh Toha sekaligus menutup sambutan Bupati Kendal.

Acara diakhiri dengan penyerahan piala lomba dalam rangka Hari Gerak PKK dan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat tidak mampu, serta pemotongan tumpeng oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kendal yang diberikan kepada Sekda Kendal.

(Diskominfo/HR)


Indeks Berita