Berita Terkini


WAKIL BUPATI KENDAL BUKA KEGIATAN TMMD SENGKUYUNG TAP II TAHUN 2019

Kamis, 11 Juli 2019 14:57:10

Kendal- Wakil Bupati Kendal, H. Masrur Masykur membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II tahun 2019 di Desa Damarjati, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (11/7/2019) yang dilaksanakan di lapangan desa setempat. Hadir dalam acara tersebut Dandim Kendal Letkol Inf Ginda Mohammad Ginanjar beserta jajaran, Wakapolres Kendal, para kepala OPD terkait, Camat Sukorejo dan beberapa camat lainnya, Forkopimcam Sukorejo, para Kepala Desa se-Kecamatan Sukorejo dan melibatkan Kementerian Desa serta sejumlah Ormas di Kabupaten Kendal.

Kegiatan  itu diawali dengan upacara pembukaan, bertindak sebagi inspektur upacara adalah Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur. Dalam laporannya Kapten Inf.  Sudar sebagai Perwira pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama 30 hari mulai dari tanggal 11 Juli sampai dengan 9 Agustus 2019 yang mencakup pembangunan betonisasi jalan dengan volume 750 x 3m x 12 cm sebagai sasaran fisik. Dan sebagai sasaran non fisik yaitu penyuluhan terpadu seperti penyuluhan PPBN, Hukum dan Kamtibmas, Bahaya Narkoba, Pertanian, perlindungan anak, penyuluhan pernikahan dan pasar murah

Kapten Inf.  Sudar menerangkan terkait sumber dana kegiatan tersebut, bahwa Sumber dana berasal dari APBD TK I, ABPD TK II dan swadaya masyarakat dengan total anggaran sebesar 300 juta. Sedangkan pengerahan tenaga kerja berasal dari Kodim 0715 Kendal sejumlah 40 orang, Polri 2 orang, kesehatan 2 orang, Limnas 2 orang dan masyarakat 20 orang dengan total 66 orang. “Adapun manfaatya adalah  untuk memperlancar arus perekonomian masyarakat pedesaan, memperlancar arus lalu lintas dan mobilitas masyarakat, membuka jalur komunikasi antar pedesaan, meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bergotong-royong dan bekerjasama dalam membangun desa dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” terangnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur saat membacakan amanat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan, “TMMD adalah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah. dengan harapan kesejahteraan masyarakat di daerah juga akan meningkat. Selain sasaran pokoknya, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah, TMMD juga bertujuan sebagai upaya memeprerat kemanunggalan TNl-Rakyat,” ujarnya.

Lanjut Wakil Bupati Masrur, dengan mengangkat tema, “Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”, program TMMD ini harus kita sukseskan bersama. Program TMMD dapat terlaksana dengan baik apabila adanya gotong-royong dan kerjasama yang saling mendukung dari semua unsur yang terlibat baik TNI, Polri, Pemerinta daaerah  maupun masyarakat. Keharmonisan dan kebersamaan ataupun kemanunggalan TNI dengan rakyat telah menjadi salah satu pilar untuk tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRl) dan merupakan suatu kekuatan yang sangat dahsyat untuk mengatasi berbagai PR bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, pembangunan SDM, dan Iain-Iain.

“Pemprov Jateng punya 1 program OPD 1 desa dampingan, harapannya dengan program ini mampu mengakselerasi upaya memajukan desa. Ke depan, saya minta Pemkab kiranya dapat mempublikasi program ini,” tutur Wakil Bupati Kendal tersebut.

Menurutnya titik berat program TMMD adalah desa miskin terisolir, dan terpencil, serta daerah kumuh perkotaan. TMMD sangat dibutuhkan dalam mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Indonesia, khususnya Jateng. Ada Pembangunan fusik, seperti pembangunana jembatan,membuat jalan,  irigasi, juga ada pembangunan non fisik yang meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum, bantuan administrasi kependudukan, bela negara, penyuluhan pertanian, penyuluhan KB-KES, penyuluhan perbankan, pemutaran film perjuangan, penyuluhan narkoba serta kegiatan-kegiatan lainnya.

“Melalui TMMD ini mari kita optimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral Uhtuk Jateng yang semakin baik dan sejahtera. Kita ingin desa-desa di Jateng makin maju, mandiri dan masyarakatnya pun semakin makmur sejahtera. lnilah cita-cita yang harus kita wujudkan bersama,” tutup Wakil Bupati Kendal mengakhiri sambutan Gubernur Jateng.

Kemudia acara dilanjut dengan penandatangan berita acara penyerahan program TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2019 oleh Wakil Bupati Kendal dan Komandan Kodim 0715 Kendal. Dan dilanjutkan peresmian TMMD yang ditandai dengan pemukulan  kentongan.

(Diskominfo/HR)

 


Indeks Berita