Berita Terkini


DISKOMINFO ADAKAN SOSIALISASI PENYEDIAAN INFRASTRUKTUR TIK DI SINGOROJO

Rabu, 11 September 2019 12:14:55

Kendal - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kendal mengadakan sosialisasi tentang penyediaan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Perdesaan di Kecamatan Singorojo, Selasa (10/9/2019) bertempat di Aula Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. 

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Singorojo, Sucipto, S.STP., Sekretaris Diskominfo Kendal, Heri Wasito, Baperlitbang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan diikuti oleh Kepala Desa, PKK, Ketua BPD, Karang Taruna serta tokoh masyarakat di Kecamatan Singorojo. Dan hadir sebagai narasumber yaitu Dewan Riset Daerah (DRD) Komite bidang TIK Kabupaten Kendal Bapak Ganapati, dan dari PT. Telkom bersama anak perusahaannya yaitu PT. Mitratel. 

Dalam sambutannya Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Kendal, Danu Wicaksono S.STP., M.Si., menyampaikan bahwa tujuan diadakan sosialisasi tersebut adalah untuk menyongsong revolusi industri 4.0 dengan peningkatan jangkauan layanan publik serta membuka akses informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. 

Danu Wicaksono menambahkan, “kami mengusulkan penyediaan infrastruktur TIK perdesaan dengan Kecamatan Singorojo sebagai pilot project dalam rangka menyongsong Kabupaten Kendal menghadapi Industri 4.0”. Ada 4 desa yang akan kami pasang jaringan, yaitu Desa Cacaban, Trayu, Kalirejo, dan Kertosari. Apabila nantinya sudah terpasang di 4 (empat) desa di Kecamatan Singorojo maka desa siap memanfaatkan dengan menggunakan

Pengiriman data kependudukan melalui Online, bisa membuat toko online, dan siap menggunakan DOKAR (Desa Online Kabupaten Terintegrasi) untuk Updating datanya”. 

Semetara itu Camat Singorojo, Sucipto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih Diskominfo Kendal yang sudah melakukan sosialiasi terkait TIK. ”Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal yang dalam hal ini adalah Diskominfo Kendal yang sudah mengadakan sosialisisi tentang TIK, karena saya yakin sosialisasi ini akan sangat bermanfaat bagi para warga desa di Kecamatan Singorojo,” ujarnya. 

Usai sambutan acara dilanjut dengan penyampaian materi dari para narasumber yang memaparkan tentang penjelasan pemanfaatan dari hasil Pilot Project yang dilakukan di 4 (empat) desa misalnya untuk Promosi potensi desa seperti Pariwisata, penghasil makanan ataupun yang lainnya.

 (HR/kominfo)


Indeks Berita