Berita Terkini


BINA RT RW, BUPATI MIRNA MINTA MASUKAN YANG MEMBANGUN UNTUK KENDAL

Rabu, 09 Oktober 2019 15:25:28

KENDAL - Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si didampingi Wakil Bupati Drs. Masrur Masykur, dalam arahannya pada kegiatan Pembinaan Karakter Kebangsaan bertemakan "Meningkatkan Kecintaan Masyarakat Pada NKRI Melalui Pembentukan Agen - Agen Kebangsaan, Rabu (9/10/2019) di GOR Moro Tresno Kecamatan Boja, menekankan pentingnya peran aktif Ketua RT dan RW dalam dalam mendukung visi dan misi pembangunan Pemerintah Kabupaten Kendal.

"Panjenengan semua para Ketua RT dan Ketua RW sebagai agen kebangsaan bisa memberikan usulan berdasarkan data untuk disampaikan pada saya sampai awal Nopember demi pembangunan Kabupaten Kendal yang berkelanjutan," kata Bupati Mirna.

Lebih lanjut diuraikan Bupati Kendal, Peran serta RT dan RW dalam pembangunan desa amatlah vital, RT dan RW adalah lembaga kemasyarakatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat desa, mereka adalah mulut dan telinga pemerintah yang memiliki fungsi sebagai penyampai kebijakan - kebijakan pemerintah desa, daerah maupun nasional dan sebagai penerima aspirasi pertama masyarakat, berada di tengah konflik masyarakat sehingga merekalah yang memiliki pemahaman lebih terhadap sekala permasalahan dan konflik yang terjadi dimasyarakat. 

Oleh karenanya, Beliau menandaskan betapa pentingnya Para Ketua RW dan RT beserta para pengurusnya lantaran RT dan RW merupakan lembaga yang dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Desa atau Lurah. 

Pengurus RT/RW berperan aktif dalam mendukung visi dan misi pembangunan pemerintah daerah, RT/RW mampu menjadi dinamisator peningkatan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pelayanan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat, berperan dalam penataan lingkungan hidup, menjadi fasilitator yang dapat menjaga komunikasi dan harmonisasi program-program dari pemerintahan kepada masyarakat ataupun sebaliknya memberikan masukan kepada pemerintah secara objektif, optimal dan berkesinambungan sesuai mekanisme yang berlaku, dan RT/RW berperan penting dalam pengumpulan dana masyarakat baik pajak maupun non pajak.

Pada kesempatan dialog yang dibuka Bupati Mirna, beberapa perwakilan Ketua RT dan RW menyampaikan pendapat dan usul yang rata - rata berkisar soal pemberian insentif berupa dana dalam menjalakan tugas  RT dan RW. Bupati Kendal menampung semua usulan tersebut yang nantinya bakal digodog dengan OPD terkait. 

Selain Bupati Mirna, Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita serta Komandan Kodim 0715 kendal Letkol Inf. Ginda Mohamad Ginanjar juga memberikan pembinaan. 

Seluruh Ketua RW dan RT se kecamatan Boja hadir dalam kegiatan yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik tersebut. ( Kominfo heDJ )

 


Indeks Berita